Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa SMP

The Effect of Hybrid Learning Using Baamboozle Media on Learning Outcomes and Learning Interests of Junior High School Students

  • Sartika Dewi Mariani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Baamboozle media, learning outcomes, interest in learning.

Abstract

Pembelajaran hybrid learning yang diterapkan pada sistem pembelajara masa pandemi Covid-19 menjadikan minat belajar siswa menurun. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Perlunya penggunaan media dengan menggunakan metode games agar menumbuhkan minat belajar siswa kembali. Sehingga hasil belajar kembali optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran hybrid learning menggunakan Baamboozle terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa SMP Negeri 25 Surabaya pada materi IPS masa penjajahan Belanda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest-Design. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 25 Surabaya. Siswa kelas VIII merupakan populasi penelitian dan sampel penelitian yang diambil adalah kelas VIII-H yang sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pretest-posttest, angket minat belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji homegenitas, uji hipotesis, skor angket minat belajar, hasil lembar observasi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan telah diuji validitas oleh para ahli dan uji validitas soal. Hasil penelitian yaitu (1) Hasil nilai pretest memperoleh nilai rata-ratanya sebesar 66,32. Sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 85,15; (2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample Test menghasilkan nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05, yang menunjukkan ditolaknya H0 dan diterimanya H1; (3) Nilai N-Gain meperoleh nilai rata-rata sebesar 0.56 yang termasuk dalam kategori "Sedang"; (4) Hasil angket minat belajar mengasilkan nilai persentase sebesar 62% dengan kategori "Sangat Tinggi" yang sejumlah 21 siswa dan sebesar 38%  dengan kategori "Tinggi" yang sejumlah 13 siswa.

References

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial , 60-68.
Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD , 117-127.
Feriady, M., Harnanik, & Sunarto, S. (2012). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar IPS Kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal , 1-7.
Muhajarah, K., & Rachmawati, F. (2019). Game Edukasi berbasis Android: Urgensi Penggunaan, Pengembangan dan Penguji Kelayakan. JUSTEK: Jurnal Sains dan Teknologi , 29-36.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika , 128-136.
Purba, L. S., Afridika, S., & Junita, Y. (2021). Innovation in Using the Quizizz-Assisted Zoom Application in Chemistry Learning during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Phenomenon , 117-126.
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. MUDIR: Jurnal Manajemen Pendidikan , 42-57.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelengaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Syaharuddin, & Mutiani. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS , 97-103.
Uti, H. Y., Munir, & Said, S. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring dan Luring di MTs N 1 Gorontalo. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran , 10-17.
Widoretno, S., Setyawan, D., & Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak. Pro-Tapenas , 287-295.
Published
2022-08-02
How to Cite
Mariani, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 206 - 216. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48607
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 708
PDF Downloads: 1058