Budaya Lokal Dan Pembelajaran IPS: Studi Tentang Kontribusi Kebudayaan Lokal Sindir Tuban Sebagai Sumber Pembelajaran IPS

  • Bicky Juniar Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kebudayaan lokal Sindir (tayub), nilai-nilai kebudayaan lokal, pembelajaran IPS

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kebudayaan lokal Sindir (tayub) Kabupaten Tuban, serta untuk mengetahui relevasi nilai-nilai kearifan lokal tersebut bila dijadikan sebagai sumber pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara yang mendalam dengan informan. Teknik analisis data yang diterapkan dalam riset ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, menurut Miles dan Huberman proses analisis diawali dari pengumpulan data, mendeskripsikan informasi secara selektif, dan ada tahap-tahap yang harus dilalui oleh peneliti antara lain reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dalam penelitian ini peneliti menemukan adanya tiga nilai kearifan lokal dalam kebudayaan Sindir yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS serta juga dapat menambah pengetahuan peserta didik terhadap pendidikan karakter. Adapun nilai kearifan lokal tersebut antara lain: nilai gotong royong dan toleransi, nilai ketuhanan (rasa syukur) dan nilai moral. Untuk itu dari adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pembelajaran IPS serta dapat diterapkan sesuai dengan KI dan KD IPS terutama berkaitan dengan materi pembelajaran kelas VIII yaitu tentang pluralitas masyarakat Indonesia.

References

Achsani, Ferdian. 2019. “Menyelisik Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu Pepeling Karya Ki Anom Suroto: Kajian Intertekstual (Explore Missionary Messages in Pepeling Song Lyrics by Ki Anom Suroto: Intertextual Study).” Sirok Bastra 7(1): 21–32.
Affandi, Muchammad Lukman. 2015. “Perancangan Griya Seni Dan Budaya Terakota Di Trawas Mojokerto: Tema Re-Inventing Tradition.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
As’ad, M. 2014. “Nilai Moral Dalam Tradisi Tayub Di Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.” Universitas Negeri Yogyakarta. http://digilib.uinsby.ac.id/1582/7/Bab 4.pdf.
Infantrini, Ilham Rani. 2017. “Analisis Penerapan Program Green School Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Di SDN Purwantoro 4 Malang.” Universitas Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/35619/1/jiptummpp-gdl-ilhamranii-49359-1-pendahul-n.pdf.
Irawan, Fuad Bayu. 2020. “Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati.” Universitas Semarang. http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-15-File-Komplit-20200323090502.pdf.
Irianto, Agus Maladi. 2017. “Kesenian Tradisional Sebagai Sarana Strategi Kebudayaan Di Tengah Determinasi Teknologi Komunikasi.” Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 12(1): 90.
Isminingsih, Dwi Yuli. 2015. “Makna Simbolik Prosesi Ritual Tari Tayub Pada Hari Jadi Kota Tuban.” Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/19400/1/SKRIPSI-Dwi Yuli Isminingsih-11209241014.pdf.
Iwana, Nungky, and Muhammad Hanif. 2021. “Kesenian Teledek Dalam Upacara Minta Hujan Di Lembeyan Magetan (Kajian Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah).” Gulawentah:Jurnal Studi Sosial 4(1): 46.
Kemdikbud. 2018. Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.pdf.
Megantarafm, Tuban. 2014. “Mengenal Dekat Tayub Tuban.” Kompasiana. https://www.kompasiana.com/megantarafmtuban/54f79231a33311ed6e8b4721/mengenal-dekat-tayub-tuban.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
———. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prakosa, Rohmat Djoko, and Hotman Siahaan. 2020. “Konsep Estetika Sindhír Dalam Tradisi Tayub Tuban.” Panggung 30(4): 571–87. %0A.
Prasetyo, Panji. 2012. “Seni Gamelan Jawa Sebagai Representasi Dari Tradisi Kehidupan Manusia Jawa: Suatu Telaah Dari Pemikiran Collingwood.” Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia: 1–139. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20291476-S1336-Panji Prasetyo.pdf.
Rahmad. 2016. “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah VOL. 2, NO: 67–68. https://media.neliti.com/media/publications/222455-kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pa.pdf.
Shidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. ed. Anwar Mujahidin. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.
Sudarsih. 2011a. “Seni Tayub Dalam Kehidupan Masyarakat (Fungsi Ritual, Sosial Dan Politik Seni Tayub Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk).” Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
———. 2011b. “Seni Tayub Dalam Kehidupan Masyarakat (Fungsi Ritual, Sosial Dan Politik Seni Tayub Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk).” Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/21842/1/Sudarsih_B05207027.pdf.
Sugiyono, Prof. Dr. 2015. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Erry Yulia, Parji, and Muhammad Hanif. 2021. “Tradisi Gumbregan Maheso (Studi Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Untuk SMP / MTs).” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) 2(7): 1177–85.
Syaputra, Een, and Desy Eka Citra dewi. 2020. “Tradisi Lisan Sebagai Bahan Pengembangan Materi AjarPendidikan IPS Di SMP: Sebuah Telaah Literatur.” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 5(1): 51–62.
Syumaisi, Nabilah, Denden Setiaji, and Arni Apriani. 2021. “Analisis Struktur Musik Dan Makna Lirik Lagu Tombo Ati – Opick.” Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni 4(1): 60–74. file:///C:/Users/Asus/Downloads/admin,+1105-Article+Text-5087-1-4-20210205.pdf.
Utomo, Indra Wahyu. 2016. “Pendidikan Waranggana Di Dusun Ngrajek Desa Sambirejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun 1987 – 2013.” 4(1).
Published
2022-08-02
How to Cite
Juniar, B. (2022). Budaya Lokal Dan Pembelajaran IPS: Studi Tentang Kontribusi Kebudayaan Lokal Sindir Tuban Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 244 - 261. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48663
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 370
PDF Downloads: 545