Budaya Lokal Dan Pembelajaran IPS: Studi Tentang Kontribusi Kebudayaan Lokal Sindir Tuban Sebagai Sumber Pembelajaran IPS

Authors

  • Bicky Juniar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48663

Keywords:

kebudayaan lokal Sindir (tayub), nilai-nilai kebudayaan lokal, pembelajaran IPS

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kebudayaan lokal Sindir (tayub) Kabupaten Tuban, serta untuk mengetahui relevasi nilai-nilai kearifan lokal tersebut bila dijadikan sebagai sumber pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara yang mendalam dengan informan. Teknik analisis data yang diterapkan dalam riset ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, menurut Miles dan Huberman proses analisis diawali dari pengumpulan data, mendeskripsikan informasi secara selektif, dan ada tahap-tahap yang harus dilalui oleh peneliti antara lain reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dalam penelitian ini peneliti menemukan adanya tiga nilai kearifan lokal dalam kebudayaan Sindir yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS serta juga dapat menambah pengetahuan peserta didik terhadap pendidikan karakter. Adapun nilai kearifan lokal tersebut antara lain: nilai gotong royong dan toleransi, nilai ketuhanan (rasa syukur) dan nilai moral. Untuk itu dari adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pembelajaran IPS serta dapat diterapkan sesuai dengan KI dan KD IPS terutama berkaitan dengan materi pembelajaran kelas VIII yaitu tentang pluralitas masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Juniar, B. (2022). Budaya Lokal Dan Pembelajaran IPS: Studi Tentang Kontribusi Kebudayaan Lokal Sindir Tuban Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 244–261. https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48663

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 439 , PDF Downloads: 578