Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Beriman Bertakwa Berakhlak Mulia Dalam Pembelajaran IPS

  • Muhammad Hafifulloh Ghoni Universitas Negeri Surabaya
Keywords: profil pelajar Pancasila, LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia, pembelajaran IPS

Abstract

Abstrak

Profil pelajar pancasila telah digaungkan stakeholder melalui kemendikbud yang menjadikan pendidikan karakter sebagai pilar inti kurikulum. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya mewujudkan profil pelajar pancasila di dalam sebuah pembelajaran termasuk dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sebagai upaya mewujudkan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini memakai model 4D yang diadopsi dari Thiagarajan, dengan empat tahapan, diantaranya tahap define (pendefinisian), design (perancangan) development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS sesuai penilaian yang telah diberikan oleh ahli materi, ahli media dan guru ahli masing-masing menunjukkan persentase 83%, 85%, dan 86%. LKPD IPS berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia telah memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 91,4%. LKPD IPS berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia telah berhasil mencapai kompetensi beriman bertakwa berakhlak mulia peserta didik sebesar 80% dari total yang ikut dalam uji coba. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sangat layak digunakan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila indikator beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dalam pembelajaran IPS.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.
Alaiba, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi nilai-nilai Islam Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Universitas Islam Negeri Shultan Thaha Saifuddin.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Bina Aksara.
Balitbang. (2021). Salinan Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 028/H/Ku/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Paud, Sd, Smp, Sma, Sdlb, Smplb, dan Smalb pada Program Sekolah Penggerak.
Bukhari, M. ibn I., & Albani, M. N. al-D. (2003). Ringkasan Shahih Bukhari. Gema Insani.
Cahyana, A. (2020). Prospek akm dan survei karakter: Memperkuat basis praliterasi dan pranumerasi usia dini. Banpaudpnf Kemendikbud. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/prospek-akm-dan-survei-karakter-memperkuat-basis-praliterasi-dan-pranumerasi-usia-dini
Damanik, M. H. (2020). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Karim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Kemdikbud. (2020a). Asesmen Kompetensi Minimum - Pusat Assesment dan Pembelajaran. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail
Kemdikbud. (2020b). Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020. Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020, 1–174. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020.pdf
Kemdikbud. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak Menteri.
Makmun, M. N. Z. (2015). Pengembangan Pembelajaran Ipa (Sains) dan Ips di Mi (Berbasis Integrasi InterkoneksI). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 18–30.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78.
Segara, N. B., Sarmini, S., Imron, A., Larasati, D. A., Setyawan, G., & Marzuqi, M. I. (2021). Teacher ’ s Need Assessment : For Digital Media-Aided QR Code Worksheet Workshop to Integrated Social Studies Learning in the New Normal Era. 603(Icss), 227–231.
Suderadjat, H. (2019). Kurikulum IPS Berbasis Aqidah. www.youtube.com. https://youtu.be/DNJ45dcIG0w
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian PendidikaN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Peneitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). CV Alfabeta.
Supriatna, I., & Asmahasanah, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi dengan Nilai Agama pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Karakter Disiplin. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 162–174.
Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. In Pustaka Belajar.
Published
2022-08-02
How to Cite
Ghoni, M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Beriman Bertakwa Berakhlak Mulia Dalam Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 286 - 302. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48731
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 404
PDF Downloads: 532