Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Beriman Bertakwa Berakhlak Mulia Dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48731Keywords:
profil pelajar Pancasila, LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia, pembelajaran IPSAbstract
Abstrak
Profil pelajar pancasila telah digaungkan stakeholder melalui kemendikbud yang menjadikan pendidikan karakter sebagai pilar inti kurikulum. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya mewujudkan profil pelajar pancasila di dalam sebuah pembelajaran termasuk dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sebagai upaya mewujudkan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini memakai model 4D yang diadopsi dari Thiagarajan, dengan empat tahapan, diantaranya tahap define (pendefinisian), design (perancangan) development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS sesuai penilaian yang telah diberikan oleh ahli materi, ahli media dan guru ahli masing-masing menunjukkan persentase 83%, 85%, dan 86%. LKPD IPS berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia telah memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 91,4%. LKPD IPS berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia telah berhasil mencapai kompetensi beriman bertakwa berakhlak mulia peserta didik sebesar 80% dari total yang ikut dalam uji coba. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis nilai beriman bertakwa berakhlak mulia sangat layak digunakan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila indikator beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dalam pembelajaran IPS.