Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Materi Penjajahan Indonesia

Authors

  • Li'anatus Sukma Wardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48880

Keywords:

STAD, Literasi Visual, Kemampuan Berpikir Analisis

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan guna mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran STAD berbasis literasi visual pada kemampuan berpikir analisis siswa SMP pada pelajaran IPS materi penjajahan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental  atau eksperimen semu. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, peneliti mengambil dua rombongan belajar sebagai sampel dengan rincian VIII B menjadi kelas eksperimen dan VIII C menjadi kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberi perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis literasi visual, semestara itu pada kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif (diskusi kelompok). Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas (Kolmogorov Smirnov) dan uji homogenitas (Levene Statistic). Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji N-gain serta uji T-test (sampel bebas dan berpasangan). Temuan dan hasil penelitian mengindikasikan kelas eksperimen memperoleh peningkatan kemampuan berpikir analisis lebih besar berdasarkan skor N-gain = 0,50 yang menempati kategori sedang, berbanding terbalik dengan kelas kontrol yang memperoleh skor N-gain = 0,01 dengan kategori rendah. Hasil uji t sampel bebas atau Independent Sample t Test memperlihatkan nilai sig = 0,000, sehingga bisa diasumsikan terdapat selisih signifikan pada skor hasil post-test di antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji t sampel berpasangan atau Paired Sample t Test memperlihatkan nilai sig = 0,000, sehingga bisa diasumsikan terdapat pengaruh antara model pembelajaran STAD berbasis literasi visual dengan kemampuan berpikir analisis siswa SMP pada mata pelajaran IPS materi penjajahan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Wardani, L. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Materi Penjajahan Indonesia. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 335–347. https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48880

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 134 , PDF Downloads: 95