Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Materi Penjajahan Indonesia

  • Li'anatus Sukma Wardani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: STAD, Literasi Visual, Kemampuan Berpikir Analisis

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan guna mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran STAD berbasis literasi visual pada kemampuan berpikir analisis siswa SMP pada pelajaran IPS materi penjajahan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental  atau eksperimen semu. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, peneliti mengambil dua rombongan belajar sebagai sampel dengan rincian VIII B menjadi kelas eksperimen dan VIII C menjadi kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberi perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis literasi visual, semestara itu pada kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif (diskusi kelompok). Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas (Kolmogorov Smirnov) dan uji homogenitas (Levene Statistic). Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji N-gain serta uji T-test (sampel bebas dan berpasangan). Temuan dan hasil penelitian mengindikasikan kelas eksperimen memperoleh peningkatan kemampuan berpikir analisis lebih besar berdasarkan skor N-gain = 0,50 yang menempati kategori sedang, berbanding terbalik dengan kelas kontrol yang memperoleh skor N-gain = 0,01 dengan kategori rendah. Hasil uji t sampel bebas atau Independent Sample t Test memperlihatkan nilai sig = 0,000, sehingga bisa diasumsikan terdapat selisih signifikan pada skor hasil post-test di antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji t sampel berpasangan atau Paired Sample t Test memperlihatkan nilai sig = 0,000, sehingga bisa diasumsikan terdapat pengaruh antara model pembelajaran STAD berbasis literasi visual dengan kemampuan berpikir analisis siswa SMP pada mata pelajaran IPS materi penjajahan Indonesia.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anggraeni, Y., Nurhasanah, E., & Mubarika, M. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Vol 10 (2), Hlm 36-50.
Arnold, R. D., & Wade, J. P. (2015). A Definition of Systems Thinking: A Systems Approach. Procedia Computer Science, 44 (1), Hlm 669 - 678.
Astuti, D. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 1 (3), Hlm 213-219.
Brugar, K. A., & Roberts, K. L. (2017). Seeing Is Believing: Promoting Visual Literacy in Elementary Social Studies. Journal of Teacher Education, Vol 68(3), Hlm 262–279.
Budiharto, R. A., Amalia, L., & Fujiono. (2019). Pemanfaatan Visual Literacy melalui Gambar untuk Memotivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 4 (2), Hlm 129-136.
Çelik, G. (2013). A magical way for educatıon: visual literacy. Science & Philosophy, Vol 1 (2), Hlm 143 – 150.
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan MIxed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cruz, & Ellerbrock. (2015). Developing Visual Literacy: Historical and Manipulated Photography in the Social Studies Classroom. The Social Studies, Vol 106 (2), Hlm 274-280.
Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget Dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Vol 2 (3), hlm 191-198.
Destrinelli, K, A. R., Pratama, A., Yuliana, E., Arfiana, M., N, M. T., & Mulyani, N. (2020). Peran Literasi dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 164/I Sridadi. Jurnal Ilmiah PGMI, Vol 6 (2), Hlm 144 - 156.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., . . . Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), Hlm 325-332.
Kaya, M. (2020). The Impact of Visual Literacy Awareness Education on Verbal and Writing Skills of Middle. International Journal of Education & Literacy Studies, Vol 8(2), Hlm 71-80.
Kędra, J. (2018). What does it mean to be visually literate? Examination of visual literacy definitions in a context of higher education. Journal of Visual Literacy, Vol 37 (2), Hlm 67-84.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Nurannisaa, S. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 1 (2a), Hlm 48-59.
Pennycook, G., Fugelsang, J. A., & Koehler, D. J. (2015). Everyday Consequences of Analytic Thinking. Current Directions in Psychological Science, 24(6). Hlm 425–432.
Puspita, A., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Observasi Lapangan terhadap Kemampuan Berpikir Analitis. Jurnal Pendidikan, Vol 3 (4), Hlm 468-474.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sari, E., Sumarno, & Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 3 (2), Hlm 150-157.
Setiawan, H., Rusmiati, & Ismail, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Vol 5 (2), Hlme 16-23.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning : teori, riset dan praktik (Terjemahan : Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.
Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian Education Landscape and the 21st Century Challenges. Journal of Social Studies Education Research, Vol 11 (4), Hlm 219-234.
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, A. (2019). Cooperatif Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trisniati, S., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik, 3 (1).
Tuah, & Rahmi, S. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 (2), Hlm 23-27.
Valeriana, Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 1 (3), Hlm 87-93.
Wiedmer, T. L. (2015). Generations do differ: Best practices in leading traditionalists, boomers, and generations X, Y, and Z. Delta Kappa Gamma Bulletin, Vol 82 (1), Hlm 51-58.
Published
2022-08-02
How to Cite
Wardani, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Materi Penjajahan Indonesia. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 335 - 347. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48880
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 89