Kajian Potensi Kampung Lawas Maspati Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di Kota Surabaya

  • Tiara Nadalia Agustin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Potensi, Sumber Belajar, Kampung

Abstract

Abstrak

Kota Surabaya mempunyai salah satu kawasan bersejarah yaitu Kampung Lawas Maspati. Namun banyak generasi muda yang belum tahu,bahwa ada sejarah Surabaya dari zaman Kerajaan Mataram hingga masa pendudukan Belanda. Pada tanggal 24 Januari 2016, kampung ini diresmikan sebagai upaya pemerintah untuk melestarikan peninggalan bangunan bersejarah yang ada didalamnya. Kampung Lawas Maspati selama ini belum optimal dalam membangun pemahaman dalam ranah pendidikan.  Kampung ini memiliki potensi sejarah pola kehidupan masyarakat yang masih terjaga erat antara satu sama lain Masyarkat yang masih menjunjung tinggi budaya gotong royong dan memiliki rasa saling memiliki satu sama lain, mempunyai atraksi wisata buatan manusia yaitu music patrol, tari remo untuk penyambutan wisatawan dan area dolanan lawas, memanfaatkan lingkungan sekitar dengan membuat produk herbal yang dijadikan produk UKM serta masih memiliki beberapa budaya yang masih dilestarikan hingga sekarang yaitu muluk bareng, ngalap berkah dan upacara suroan. Banyaknya potensi yang ada di Kampung Lawas Maspati dapat menjadi pengembangan pendidikan khususnya bagi pembelajaran peserta didik di sekolah, karena potensi yang ada disana merupakan bagian dari lingkungan. Lingkungan tersebut terdiri dari lingkungan budaya, lingkungan sosial, lingkungan ekonomi, lingkungan fisik beserta keseluruhan aspek yang ada di dalamnya seperti ilmu, teknologi dan kekayaan lainnya. Dengan pengintegrasian potensi yang ada disana diharpakan bisa menjadi sumber belajar IPS lebih menarik dan jauh lebih menyenangkan, bermakna dan diminati peserta didik. Keberadaan Kampung Lawas Maspati diharapkan bisa mewakili proses pembangunan bangsa ini karena beberapa bangunan cagar budaya yang bernilai sejarah mampu menanamkan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa Indonesia secara nasional. Pola perilaku masyarakat serta kehidupan masyarakat Kampung Lawas Maspati dapat dijadikan sebagai pembelajaran IPS yang kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi dalam pengambilan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, display data ,triangulasi dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian membuktikan bahwa Kampung Lawas mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai sebagai sumber belajar IPS. Potensi tersebut seperti potensi geografi yaitu pariwisata berbasis lingkungan. Potensi sejarah yaitu memiliki atraksi wisata bangunan dengan arsitektur tua dari zaman Belanda yang hingga kini kini berdiri kokoh bisa dijumpai di sepanjang Kampung Lawas Maspati (Makam Raden Karyo Sentono dan Mbah Buyut Suruh, Rumah 1907, Rumah Raden Sumomiharjo, Sekolah Ongko Loro dan Losmen Asri). Potensi sosiologi yaitu (interaksi sosial antar masyarakat, nilai kekompakan serta menjunjung tinggi budaya gotong royong, kerja sama, guyub rukun, ramah dan toleransi antar masyarakat yang tinggi). Potensi ekonomi yaitu sebagian besar masyarakat ialah berdagang dan mempunyai usaha UKM tiap RT memiliki produk unggulan yang berbeda untuk dijual dan di promosikan ke wisatawan. Potensi Budaya masih memiliki beberapa tradisi dan kepercayaan yang hingga kini masih dilakukan antara lain tradisi muluk bareng, ngalap berkah, upacara suroan dan jamasan. Berdasarkan potensi-potensi yang ada dapat dijadikan sumber pembelajaran IPS melalui KD IPS SMP Kurikulum 2013, menayangkan gambar atau video serta melakukan kunjungan wisata langsung disana.

Kata Kunci: Potensi, Sumber Belajar, Kampung

References

A.Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
A.Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 94.
Aan Komariah, D. S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Alrianingrum, S. (2010). Cagar budaya Surabaya kota pahlawan sebagai sumber belajar (studi kasus mahasiswa pendidikan sejarah fakultas ilmu sosial di Universitas Negeri Surabaya). Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University.
Dr.H.Abdul Karim, M. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pati.
E.Sugiarto. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
J.W.Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juliani, N. (2021). Aktivitas Ekonomi dan Sosial Masyarakat Di Pelabuhan Fery Jelapat I - Kuin.
Junaidi, S. (2018). Sumber Belajar dalam membelajarkan Sosiologi. Retrieved from https://osf. io/preprints/inarxiv/93zca.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.
L.J.Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Moh.Nazir. (1998). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Mutiani, S. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.
Nahdiya, E. I. (2020). Komunikasi budaya masyarakat kampung wisata sejarah: studi di Maspati Gg. V dan VI Kelurahan Bubutan Kecamatan Bubutan Surabaya. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Pawitro, U. (2015). Preservasi-Konservasi Bangunan Bersejarah dan Pengelolaan Kawasan Kota Lama.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS "Konsep dan Pembelajaran"". Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyarti. (2019). Pendidikan IPS Sebagai Pendidikan Disiplin Ilmu Sosial.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Implementasi Pengembangannya. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29-36.
Widyanti, T. (2016). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 157. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1452
Published
2022-08-02
How to Cite
Agustin, T. (2022). Kajian Potensi Kampung Lawas Maspati Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di Kota Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 348 - 362. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48889
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 510