PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI DAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI SMP NEGERI 1 GRESIK

INDONESIAN

  • Dewa Akbar Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendidikan, Karakter, Budaya

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi kehidupan. Saat ini sedang muncul istilah pendidikn karakter yang diberlakukan hampir setiap sekolah. Setiap pendidik harus menerapkan atau memberlakukan pendidikan karakter dikelas, harus ada pengimplementasian karakter yang baik dari pendidik. Namun, belakangan ini banyak peserta didik melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan sebagai pelajar. Pendidikan karakter berbasis budaya yang di implementasikan oleh SMPN 1 Gresik diharapkan bisa digunakan atau di implementasikan di sekolah lainnya. Sehingga pesert didik memiliki karakter dan sikap toleransi erhadap sesama yang lebih kuat. Pada penelitina ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan riset bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif, dimanapenelitian kualitatif adalah penelitian yang memiliki tujuan mengumpulkan data berupa kata-kata dan gambar dilapangan dengan cara pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti memilih metode kualitatif sebab penelitian ini untuk mencari data sesuai fakta dilapangan dan analisis teori yang telah ada. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan yang didapat tersebut.Hasilnya SMPN 1 Gresik memiliki visi tujuan yang baik dengan dijunjung sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan pembelajaran. Untuk mewujudkan karakter yang baik setiap guru dijadwal setiap pagi untuk enyambut peserta didik dan di SMPN 1 Gresik juga memiliki Progam PPK yang menjunjung tinggi penguatan karakter peserta didik. kegiatan non akademik pun juga ada meliputi tari tradisional dan kegiatan keagamaan sehingga peserta didik tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya di masyarakat

References

Arfah. (2019, 02 11). Guru Honorer Korban Persekusi Siswa Dalam Kelas. Kompas.com.
Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Al-Ulun, Vol 14, No 1, 269-288.
Humas. (2017, 10 6). Perpres tentang pendidikan karakter. setkab.co.id.
Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, Vol 7, No 1, 129-154.
Jaelani, M. (2013). Pendidikan Multikultural didalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP di Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 1, No 1, 108-124.
Muchlas Samani, H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muclish, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Vol 9, No 3, 464-468.
Raharja, F. H. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultur Menggunakan Modul Sebagai Suplemen Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian Ilmu Pendidikan, Vol 1, No 1, 113-129.
Subagio. (2019, 03 29). Kekerasan Terhadap Siswi SMP. kompas.com.
Sudrajat, A. (2012). Kopetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan RND). bANDUNG: Alfabeta.
Winarno. (2018, 10 06). Pelajar Menendang Siswi karna Salah Paham. kompas.com.
Published
2022-08-02
How to Cite
Pamungkas, D. (2022). PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI DAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI SMP NEGERI 1 GRESIK. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 275 - 285. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48952
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 272