Pengaruh Pengaruh Model Blended Learning Tipe Station Rotation Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SMP Kelas VII

Authors

  • Tamara Berliana Putri Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i1.50821

Keywords:

Blended Learning, Station Rotation, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Abstract

Pada masa transisi Covid 19 pembelajaran di SMP Negeri 47 Surabaya sudah memperbolehkan kegiatan pembelajaran tatap muka seluruhnya. Pada masa transisi, guru menggunakan model pembelajaran ceramah, dimana dalam prosesnya guru hanya menerangkan dan siswa dituntun untuk menerima penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tergolong rendah. Dengan berbantuan ICT guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna salah satunya adalah model blended learning tipe station rotation. Model ini merupakan model rotasi yang dimana dalam stasiunnya minimal terdapat 1 stasiun yang melakukan pembelajaran online. Model ini dipilih siswa dapat beradaptasi terhadap pembelajaran yang sudah tatap muka seluruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model blended learning tipe station rotation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pra experiment dimana hanya membutuhkan 1 kelas eksperimen. Pada penelitian ini terdapat 33 siswa yang dipilih melalui non-probability sampling. Data dikumpulkanXmelalui tes, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji parametrik paired t-test. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi saat pembelajaran dengan model blended learning tipe station rotation diterapkan. Sedangkan, untuk melihat hasil belajar dilakukan pre test dan post test. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas 7H tergolong tinggi dan aktif sebab diterapkannya model blended learning tipe station rotation. Kemudian hasil belajar juga meningkat dengan model pembelajaran tersebut. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-16

How to Cite

Putri, T. B. (2023). Pengaruh Pengaruh Model Blended Learning Tipe Station Rotation Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SMP Kelas VII. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.26740/penips.v3i1.50821

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 287 , PDF Downloads: 207