Pengaruh Pengaruh Model Blended Learning Tipe Station Rotation Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SMP Kelas VII

  • Tamara Berliana Putri Mahasiswa
Keywords: Blended Learning, Station Rotation, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Abstract

Pada masa transisi Covid 19 pembelajaran di SMP Negeri 47 Surabaya sudah memperbolehkan kegiatan pembelajaran tatap muka seluruhnya. Pada masa transisi, guru menggunakan model pembelajaran ceramah, dimana dalam prosesnya guru hanya menerangkan dan siswa dituntun untuk menerima penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tergolong rendah. Dengan berbantuan ICT guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna salah satunya adalah model blended learning tipe station rotation. Model ini merupakan model rotasi yang dimana dalam stasiunnya minimal terdapat 1 stasiun yang melakukan pembelajaran online. Model ini dipilih siswa dapat beradaptasi terhadap pembelajaran yang sudah tatap muka seluruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model blended learning tipe station rotation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pra experiment dimana hanya membutuhkan 1 kelas eksperimen. Pada penelitian ini terdapat 33 siswa yang dipilih melalui non-probability sampling. Data dikumpulkanXmelalui tes, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji parametrik paired t-test. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi saat pembelajaran dengan model blended learning tipe station rotation diterapkan. Sedangkan, untuk melihat hasil belajar dilakukan pre test dan post test. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas 7H tergolong tinggi dan aktif sebab diterapkannya model blended learning tipe station rotation. Kemudian hasil belajar juga meningkat dengan model pembelajaran tersebut. 

 

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Edy Surahman, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1) 1-13.
Jamalia. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2) 100-105.
Malinda, Y. (2017). Pengaruh Aktivitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar. Lampung: Lampung:FKIP Universitas .
Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan Landasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Rukminingsih, D. G. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Setiawan, D. M. (2019). Evektifitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan , 6(2), 148-158.
Sisda Ferlianti, M. S. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Metode Blended Learning ’S Station Rotation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 266-272.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 30-31.
Sukaryanto. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas II SDN 116/X Lambur II. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 253-261.
Sukmara, A. E. (2022). Penerapan Model Blended Learning Tipe Station Rotation dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa Jepang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Semester 4 FKIP UHAMKA. Silampari Bisa: Jurnal Peneliian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 106-126.
Wasitohadi, V. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 6(2), 50-56.
Widiara, K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital . Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.
Published
2023-05-16
How to Cite
Putri, T. (2023). Pengaruh Pengaruh Model Blended Learning Tipe Station Rotation Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SMP Kelas VII. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 11-24. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/50821
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 106