Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Materi Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme

  • Mia Auliana Putri Ayu S1 Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Role Playing, Kesadaran Sejarah, Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap kesadaran sejarah siswa kelas VIII pada sub materi perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Menggunakan purposive sampling, peneliti mengambil kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran role playing dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran konvensional. Temuan penelitian berupa hasil observasi pada masing-masing kelas dan jawaban angket kesadaran sejarah yang dibagikan kepada siswa setelah penerapan pembelajaran. Rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 3,62 (Sangat Baik) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3,12 (Baik). Berdasarkan hasil angket, kesadaran sejarah siswa kelas eksperimen memperoleh persentase sebesar 83% (Tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78% (Tinggi). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan independent sample t-test memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, yang artinya terdapat perbedaan kesadaran sejarah yang signifikan akibat pengaruh penerapan pembelajaran role playing.

References

Cakranegara, J. J. S. (2020). Membangun Kesadaran Sejarah Kritis Dan Integratif Untuk Indonesia Maju. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 10(1), 1. https://doi.org/10.33172/jpbh.v10i1.811
Carroll, K. (2020). Exploring Historical Consciousness With Australian School Children. Historical Encounters, 7(3), 33–47.
Daliman, A. (2012). Manusia dan Sejarah. Ombak.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Widya.
Epstein, T. (2000). Adolescents’ Perspectives on Racial Diversity in U. S. History: Case Studies from an Urban Classroom. American Educational Research Journal, 37(1), 185–214.
Hamid, S. I., Dewi, D. A., Nugraha, A. R., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731–5738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1602
Harya, S., Susilawati, & Ridwan, I. R. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Pada Pembelajaran Tema 4 Pada Materi IPS. Jurnal Perseda, V(1), 16–21.
Kartika, M., & Fakhruddin, M. (2021). PGRI: Kualitas Pendidikan Indonesia Belum Membanggakan. Republika. https://www.republika.co.id/berita/qsh0lg327/pgri-kualitas-pendidikan-indonesia-belum-membanggakan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khubaib, A., Atmaja, H. T., & Sodiq, I. (2017). Kontribusi Materi Konflik dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak Bagi Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Islam Sultan Agung 2 Jepara. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 73–81.
Kilgour, P. W., Reynaud, D., Northcote, M. T., & Shields, M. (2015). Role-Playing as a Tool to Facilitate Learning, Self Reflection and Social Awareness in Teacher Education. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 2(2), 8–20. http://www.auamii.com/jiir/Vol-02/issue-04/2Kilgour.pdf
Laila, Q. N. (2015). Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 21–36.
Monahan, W. G. (2002). Acting out Nazi Germany: A Role Play Simulation for The History Classroom. Teaching History: A Journal of Methods, 27(2), 74–86.
Nabavi, R. T. (2011). Bandura’s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory. Journal of Personality and Social Psychology.
National Council for The Social Studies (NCSS). (1994). Expectations of Excellence: Curriculum Standards for Social Studies. https://www.socialstudies.org/standards/national-curriculum-standards-social-studies-executive-summary#:~:text=The aim of social studies,engaged participants in public life.
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Prosiding SEMNASFIP, 1(1), 180–186. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Ramdhani, A. M., Naim, M., & Sumardi. (2019). Developing Student ’s Historical Consciousness by Understanding The Indonesian History and The Historical Thinking. Earth and Environmental Science 243. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012150
Riski, P. (2018). Berita Hoaks, Ancaman Serius Persatuan Bangsa Memasuki Tahun Politik. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/berita-hoaks-ancaman-serius-persatuan-bangsa-memasuki-tahun-politik/4553726.html
Saidah, N. (2011). Eksplanasi Sejarah Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Model Pembelajaran SKI Untuk MI. Al-Bidayah, 3(2), 237–256. https://doi.org/10.21927/literasi.2012.3(1).43-60
Seixas, P. (2004). Historical Consciousness: Narrative Structure, Moral Function and Ontogenetic Development. In Theorizing Historical Consciousness (pp. 63–85). University of Torento Press.
Soedjatmoko. (1976). Kesadaran Sejarah dan Pembangunan. Prisma, 5(7), 12–14.
Subagyo. (2003). Membangun Kesadaran Sejarah. Widya Karya.
Suhaedah, Ruskandi, K., Mulyani, S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2020). Pengembangan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SD Tema Proklamasi Kemerdekaan Dengan Menggunakan Pendekatan Penanaman Nilai. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(1), 49–57.
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Pustaka Pelajar.
Susanti, S. W. R., Wulandari, Y., & Nahrowi, M. (2020). engembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Situs Sejarah Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. Journal of Social Studies, 1(1), 89–109.
Tarigan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Primary : Jurnal Guru Pendidikan Dasar, 5(November), 102–112. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3898
Taseman, Risalah, A., Zahro, N. F., Aisyah, A. N., & Sari, D. P. (2021). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Ips Dengan Metode Belajar Sambil Bermain Di Kelas Iv Sd Khazanah Ilmu. PEDIR: Journal Elementary Education, 1(1), 39–47.
Thorp, R. (2017). Deconstructing Karlsson, Part 1: Historical consciousness. Historical Encounters, 4(2), 1–10.
Tsergas, N., Kalouri, O. R., & Fragkos, S. (2021). Role-Playing as a Method of Teaching Social Sciences to Limit Bias and Discrimination in the School Environment. Journal of Education & Social Policy, 8(2), 91–98. https://doi.org/10.30845/jesp.v8n2p13
Winarsih, N., Harmanto, & Kasdi, A. (2019). The Influence Of Role Playing Learning Model On Sumpah Pemuda Materials On Learning Results And Character Matter Of Nationalism For Students In Senior High School. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(9), 698–706. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.09.2019.p9393
Published
2023-05-16
How to Cite
Ayu, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Materi Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/50825
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 92