Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Materi Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i1.50825Keywords:
Role Playing, Kesadaran Sejarah, Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan ImperialismeAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap kesadaran sejarah siswa kelas VIII pada sub materi perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Menggunakan purposive sampling, peneliti mengambil kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran role playing dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran konvensional. Temuan penelitian berupa hasil observasi pada masing-masing kelas dan jawaban angket kesadaran sejarah yang dibagikan kepada siswa setelah penerapan pembelajaran. Rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 3,62 (Sangat Baik) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3,12 (Baik). Berdasarkan hasil angket, kesadaran sejarah siswa kelas eksperimen memperoleh persentase sebesar 83% (Tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78% (Tinggi). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan independent sample t-test memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, yang artinya terdapat perbedaan kesadaran sejarah yang signifikan akibat pengaruh penerapan pembelajaran role playing.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

