Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tumpeng Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII

  • Achmad Rossy Al Hakim Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran Tumpeng Nasional, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ditujukan untuk menganalisis terkait penggunaan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” terhadap hasil belajar IPS peserta didik VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model kuasi eksperimen. Adapun subjek pada penelitian ini ditujukan pada 55 peserta didik kelas VIII dengan rincian 27 orang untuk kelas eksperimen dan 28 orang untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji validasi dan reliabilitas terhadap instrumen penelitian yang dalam hal ini ialah soal tes peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol yang juga menggunakan metode yang sama dalam pembelajarannya yaitu metode tanya jawab. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 3 tahapan yakni pemberian pre-test, pemberian perlakuan, dan diakhiri dengan pemberian post-test pada masing-masing kelas. Namun dalam pelaksanaannya, perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” sedangkan untuk kelas kontrol tidak. Data yang diperoleh kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya guna menentukan uji statistik yang hendak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh tidak berdistribusi normal serta bersifat homogen yang membuat data harus dihitung menggunakan uji statistik non-parametrik. Uji statistik dilakukan dengan uji Wilcoxon dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Hasil uji Wilcoxon dilakukan dengan menghitung hasil nilai post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian penelitian ini juga melakukan uji N-Gain Score dari nilai tes peserta didik dengan hasil 60,6 untuk nilai Mean kelas eksperimen, sedangkan 42,5 untuk nilai Mean kelas kontrol. Meninjau hasil penelitian yang diperoleh, penggunaan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” menunjukkan perbedaan pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, selain itu jika memperhatikan tabel kriteria efektivitas N-Gain media pembelajaran ini menjadi “cukup efektif” dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/.
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325.
Huda, M. M., Prasetyo, K., & Stiawan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Tema Awal Berdirinya Majapahit. 2(2), 156–170.
Kusni, K., Nasution, N., Suprijono, A., & Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Ebook Cergam Berbasis Kearifan Lokal Batik Tanjung Bumi Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 234–250. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9237.
Latifah, T. A. N., Eskasasnanda, I. D. P., & Kurniawan, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Maps Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Grati. Indonesian Journal of Social Science Education, 2, 145–155.
Nadziroh, C. dan W. P. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181–212.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDI DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Prasetya, S. P., & Imron, A. (2022). Respon Guru Terhadap Penggunaan Media Tiga. Sosearch: Social Science Educational Research, 2(2), 2774–2776. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/view/45718/41024.
Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060.
Rosidah, A. (2016). Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Media Pembelajaran Visual 121. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 122.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33.
Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86.
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.
Yusiana, U., & Prasetya, S. P. (2022). Pengembangan Media E-Comic Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam pembelajaran IPS. Dialetika Pendidikan IPS, 1(1), 23–33. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/index.
Published
2023-05-16
How to Cite
Al Hakim, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tumpeng Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 25-35. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/51059
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 105