Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Museum Virtual Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMPN 5 Bojonegoro

  • amiril ikma namuza Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran contextual teaching and learning, minat belajar, museum virtual.

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre-experimental dengan one-shot case study yang dilakukan hanya terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding dan hanya mengadakan tretment satu kali. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media museum virtual terhadap minat belajar IPS siswa. Adapun indikator dari model pembelajaran kontekstual berbantuan museum virtual adalah: 1) pembelajaran konstruktivisme 2) melaksanakan kegiatan inkuiri 3) questioning 4) berdiskusi 5) pemodelan 6) refleksi 7) penilaian yang objektif 8) Attitude toward museums 9) Sense of telepresence 10) Involvement 11) Interest in art 12) Interest in new technologies 13) Frequency of museums vists 14) Internet use and interaction in virtual environments. Dan indikator minat belajar yaitu 1) rasa senang 2) ketertarikam siswa dalam belajar 3) perhatian siswa dalam belajar 4) siswa terlibat dalam pembelajaran. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah populasi 320 siswa yang merupakan siswa kelas VII SMPN 5 Bojonegoro, sampel yang diambil yaitu kelas VII-E yang berjumlah 32. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana yang diperoleh persamaan regresi Y = 12,191 + 0,385. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya adanya pengaruh positif model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media museum virtual terhadap minat belajar siswa SMPN 5 Bojonegoro. Sehingga kesimpulan yang didapat adalah faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media museum virtual sebesar 58,8% dan 41,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Sesuai dengan teori cone of experience dari Edgar Dale pengalaman siswa yang didapatkan melalui pembelajaran dengan model kontekstual berbantuan museum virtual masuk dalam kategori pemahaman iconic yang mana siswa dapat memahami dan mengingat pembelajaran dengan media audiovisual yaitu museum virtual. Kata Kunci: model pembelajaran contextual teaching and learning, museum virtual, minat belajar.

References

Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. Https://Doi.Org/10.23819/Mimbar-Sd.V4i1.5227
Anafidah, A., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Dinamika Partikel Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sman 1 Ngawi. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 29. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V6i3.17834
Mardiati, M., & Rani, F. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 115. Https://Doi.Org/10.36294/Jmp.V2i2.209
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS (A. Cahyanti (Ed.)). Penerbit Samudra Biru.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Pinem, R. U. B., Riyanto, Y., & Nasution. (2018). The Effect Of Treffinger Assisted Media Images Model On Students’ Activities And Outcomes Of Fourth Grade Elementary School Students. 1.
Purnamasari, I., Munthasofi, B., & Tanuatmodjo, H. (2018). Increasing Learning Outcomes Using Contextual Teaching And Learning Model In Accounting Subject. Iceee, 330–335. Https://Doi.Org/10.5220/0006885603300335
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V2i2.8108
Riesa & Harries (2020:2). (2021). Virtual Tourism Dalam Literature Review. 01(1), 1–6.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Setyowati,. Journal Of Indonesian Tourism, Hospitality And Recreation, 4(1), 53–60.
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.
Stiawan, A. (2020). The Effect Of Inquiry Learning On Critical Thinking Ability Of Junior High School Students In Social Science Subject. The Indonesianjournal Of Social Studies, 3(1), 46–53. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpips/Index
Suhardi. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Siswa Kelas Vi.A Sdn 019 Galang Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online), 3(3), 443–453.
Tasbihah, N. L., & Suprijono, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour To Museum Terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS Di Kelas VIII SMPN 1 Gresik. Dialektika Pendidikan Ips, 1(1), 16–25.
Umafagur, F., Sentinuwo, S. R., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Informasi Daerah (Studi Kasus : Kota Manado). Jurnal Teknik Informatika, 9(1). Https://Doi.Org/10.35793/Jti.9.1.2016.13456
Published
2023-05-16
How to Cite
namuza, amiril. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Museum Virtual Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMPN 5 Bojonegoro. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 36-44. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/51167
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 39