Pengembangan Wisata Khayangan Api Sebagai Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Video Dalam Mata Pelajaran IPS SMP

  • Eudita Fitri Milenia Abrorin S1 Pendidikan IPS
Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Video.

Abstract

Abstrak

Pendekatan kontekstual dalam pendidikan merupakan aspek penting dalam memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan motivasi dan minat peserta didik. Dalam hal ini, media pembelajaran dengan mengedepankan pendekatan kontekstual penting untuk diimplementasikan. Penelitian ini disusun untuk mengetahui pencapaian dari pengembangan suatu media dengan uraian sebagai berikut: (i) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berupa video Khayangan Api pada mata pelajaran IPS materi kerajaan Hindu-Budha, (ii) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran video Khayangan Api pada mata pelajaran IPS materi kerajaan Hindu-Budha.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dokumentasi, tes, wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil analisis dari  penelitian yang dilakukan, media pembelajaran video pada materi kerajaan Hindu-Budha disimpulkan: Pengembangan media pembelajaran video mendapatkan skor penilaian kelayakan dari ahli materi dengan rata-rata 3,70 dan ahli media pembelajaran dengan rata- rata 3,50. Skor rata-rata dari kedua validator tersebut adalah 3,60. Menurut skala likert yang digunakan 3,60 masuk dalam rentang skor X ≥ 3,00 sehingga dikategorikan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil rekapitulasi respon atau tanggapan peserta didik mengenai media video mendapatkan skor rata-rata 93,13 %. Berdasarkan rata-rata yang diperoleh tersebut masuk dalam rentang nilai 80 – 100% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Video.

 

References

Ari Nuryana, A. H. (2021). Pendekatan Tradisional Dan Penerapannya Di Kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 39–49.
Aulia, S., & Fernandes, R. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar di SMK Negeri 1 Batipuh. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.7
Dicky Eko Prasetio, M. A. N. H. (2022). Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur. Sang Guru, 1(1), 30.
Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Emmy Natsir, & Jamila. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.
Fadhilah, U. (2022). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks News Items: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XII Pariwisata SMK Negeri 2 Kota Depok Tahun 2018/2019. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 38–39.
Faizah, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran. Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 155–160.
Haryati, L. F., & Nursaptini, N. (2021). Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 85–91.
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Magdalena, I., Ulfah, M., & Nikmah, S. Z. (2020). Pembelajaran antara Minat Membaca dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Karolina. As-Sabiqun, 2(2), 17–29. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i2.999
Maharani, R., Putri, A., Priyatama, A. N., & Satwika, A. (2021). Mengeksplorasi Hubungan Orientasi Pembelajaran, Persepsi Dukungan Organisasi, dan Perilaku Kerja Inovatif pada Karyawan Management Trainees Exploring the Relationship between Learning Orientation, Perceived Organizational Support, and Innovative Work Behavior on Management Trainees. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 12(1), 37–51. https://doi.org/10.26740/jptt.v12n1.p37-51
Moh. Zaiful Rosyid, Mustajab, A. R. A. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rahayu, P. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–10.
Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Siti Maemunawati, M. A. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi COVID-19. 3M Media Karya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., & Husainah, N. (2022). Instructional Development of Introduction To Statistics Based on Dick and Carey’S Model. The Social Perspective Journal, 1(2), 111–127. https://doi.org/10.53947/tspj.v1i2.75
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Wasyik, T., & Syafi’i, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Luar Kelas Era Covid-19 Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–29. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.1-29
Yehoshua Yohan Ary Anando, A. J. G. (2022). Pengaruh Antusiasme Belajar dan Media Belajar Website “Sekolah Digital SMKN 3 Salatiga” Terhadap Prestasi Belajar Simulasi Digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2), 179. https://doi.org/10.5281/zenodo.6133247
Yusuf, M. (2019). Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Jurnal Kependidikan, 8(1), 9–16. https://jurnaldidaktika.org9
Published
2023-05-16
How to Cite
Abrorin, E. F. (2023). Pengembangan Wisata Khayangan Api Sebagai Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Video Dalam Mata Pelajaran IPS SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 45-50. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/51173
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 45