Strategi Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa Di SMPN Satu Atap Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i1.52347Keywords:
strategi guru, membentuk, karakter sosialAbstract
Dalam era sekarang ini membentuk karakter sosial merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap guru disekolah salah satunya guru IPS di SMPN Satu Atap Sidoarjo. Peran guru IPS disekolah SMPN Satu Atap merupakan hal yang utama dalam membentuk karakter sosial siswa disekolah SMPN Satu Atap Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di sekolah pinggiran di SMPN Satu Atap Sidoarjo yang berlokasi didaerah sawohan. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Thomas Lickona tentang pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru IPS dalam membentuk karakter sosial di SMPN Satu Atap Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah wawacara,dokumentasi serta observasi. Dalam metode wawancara ini melakukan pertanyaan terbuka kepada guru ips di sekolah SMPN Satu Atap Sidoarjo yang bernama Bapak Sukri S.Pd. Hasil penelitian ini antara lain melalui (1) guru melakukan teguran terhadap siswa untuk membentuk karakter jujur serta kedisiplinan yang terdapat dalam RPP guru bagian kegiatan pendahuluan guru orientasi (2) guru melakukan kegiatan rutin untuk membentuk karakter tanggung jawab yang terdapat pada RPP guru kegiatan pendahuluan apersepsi yaitu guru mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan literasi. (3) guru melakukan pengondisian lingkungan agar membentuk karakter semangat belajar yang terdapat dalam RPP guru pertemuan ke dua bagian kegiatan inti pembelajaran dengan cara guru mengajak siswa dalam pembelajaran diluar kelas. Manfaat menanamkan karakter sosial kepada siswa di SMPN Satu Atap Sidoarjo yaitu membiasakan siswa agar berperilaku baik daripada sebelumnya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

