Strategi Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa Di SMPN Satu Atap Sidoarjo

  • Ardina Lestari Putri Universitas negeri surabaya
Keywords: strategi guru, membentuk, karakter sosial

Abstract

Dalam era sekarang ini membentuk karakter sosial merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap guru disekolah salah satunya guru IPS di SMPN Satu Atap Sidoarjo. Peran guru IPS disekolah SMPN Satu Atap merupakan hal yang utama dalam membentuk karakter sosial siswa disekolah SMPN Satu Atap Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di sekolah pinggiran di SMPN Satu Atap Sidoarjo yang berlokasi didaerah sawohan. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Thomas Lickona tentang pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru IPS dalam membentuk karakter sosial di SMPN Satu Atap Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah wawacara,dokumentasi serta observasi. Dalam metode wawancara ini melakukan pertanyaan terbuka kepada guru ips di sekolah SMPN Satu Atap Sidoarjo yang bernama Bapak Sukri S.Pd. Hasil penelitian ini antara lain melalui (1) guru  melakukan teguran terhadap siswa untuk membentuk karakter jujur serta kedisiplinan yang terdapat dalam RPP guru bagian kegiatan pendahuluan guru orientasi (2) guru melakukan kegiatan rutin untuk membentuk karakter tanggung jawab yang terdapat pada RPP guru kegiatan pendahuluan apersepsi yaitu guru mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan literasi. (3) guru melakukan pengondisian lingkungan agar membentuk karakter semangat belajar yang terdapat dalam RPP guru pertemuan ke dua bagian kegiatan inti pembelajaran dengan cara guru mengajak siswa dalam pembelajaran diluar kelas. Manfaat menanamkan karakter sosial kepada siswa di SMPN Satu Atap Sidoarjo yaitu membiasakan siswa agar berperilaku baik daripada sebelumnya. 

References

Apnita , Heni (2020) Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Sosial Di MI AZIZAN
Palembang. Diploma thesis UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN FATAH PALEMBANG. http://repository.radenfatah.ac.id/6661/
Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa smp. Basastra, 4(1), 34-49.
Faricha Ichda (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL
EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK TK MEKAR JAYA LAMONGAN. http://etheses.uin-malang.ac.id/25256/1/16160017.pdf
Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryanto, 2012. Pengertian pendidikan menurut para akhli . http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29
Khurin’In Ratnasari (2020) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DALAM BERMASYARAKAT. Falasifa studi keislaman , Vol. 11 Nomor 2 September 2020 . http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/422/321
Kholifah, S. N. (2017). Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa berbasis kurikulum 2013 di SDN Sidomulyo 01 Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Muhamad Aqros Syaiful Ridho (2016) PERAN NILAI BUDAYA SUNDA DALAM POLA
ASUH ORANG TUABAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK. Vol 1, No 1 (2016) https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/4956/3482
Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &Gabungan (Cet. I; Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2014), h. 391.
Mujtahid, 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010), hal. 22.
Nurzakiyah, N. (2017). Strategi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 3 Mapilli Kec. Mpilli Kab. Polewali Mandar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Cet. 19; Bandung: Alfabeta, 2014), h. 194.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/METODE Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal: 244
Thomas Lickona, Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012),h. 5.
Thomas Lickona, 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility.New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Uhar Suharsaputra (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan
(Bandung: PT Refika Aditama), hal. 208-209.
Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261-280.
Zahrul Wardati (2019) peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby
Homeschooling Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 2, 261-280, 2019 https://core.ac.uk/download/pdf/228453313.pdf
Zubaidi (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam
Lembaga Pendidikan) cetakan 3.Jakarta :Kenc
Published
2023-05-31
How to Cite
Putri, A. (2023). Strategi Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa Di SMPN Satu Atap Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 65-75. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52347
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 190