Pengaruh Film “Sang Kiai” Sebagai Media Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Nasionalisme dan Patriotisme (Studi Kasus Siswa Kelas 8 Mts Darul Ulum Waru)

  • Sasti Ranggasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Hasil Bejalar, Metode pembelajaran IPS, Nasionalisme dan Patriotisme.

Abstract

Media pembelajaran menggunakan penayangan film Sang Kiai menjadi metode yang efektif bagi hasil belajar siswa tentang nasionalisme dan patriotisme. Sejalan dengan perkembangan media yang cukup pesat sekarang ini, metode pembelajaran ikut andil dalam bernovasi sebagai peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan hasil Uji-t pada pengelolaan data. Media pembelajaran penayangan film memberikan efek yang berbeda dari pada pembelajaran dengan metode ceramah, dan media penayangan film juga meningkatkan potensi belajar siswa dalam memahami nasionalisme dan patriotisme pada mata pelajaran IPS.

 

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Edy Surahman, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1) 1-13.
Jamalia. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2) 100-105.
Malinda, Y. (2017). Pengaruh Aktivitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar. Lampung: Lampung:FKIP Universitas .
Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan Landasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Rukminingsih, D. G. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Setiawan, D. M. (2019). Evektifitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan , 6(2), 148-158.
Sisda Ferlianti, M. S. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Metode Blended Learning ’S Station Rotation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 266-272.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 30-31.
Sukaryanto. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas II SDN 116/X Lambur II. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 253-261.
Sukmara, A. E. (2022). Penerapan Model Blended Learning Tipe Station Rotation dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa Jepang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Semester 4 FKIP UHAMKA. Silampari Bisa: Jurnal Peneliian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 106-126.
Wasitohadi, V. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 6(2), 50-56.
Widiara, K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital . Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.
Published
2023-08-31
How to Cite
Ranggasari, S. (2023). Pengaruh Film “Sang Kiai” Sebagai Media Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Nasionalisme dan Patriotisme (Studi Kasus Siswa Kelas 8 Mts Darul Ulum Waru). DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 53-64. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52959
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 29