Potensi Bentang Alam Karst di Pesisir Utara Gresik sebagai Sumber Pembelajaran IPS SMP

  • Maulana Rizky Fitri Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: Kawasan Karst, Sumber Pembelajaran IPS

Abstract

Kawasan karst merupakan wilayah yang terdiri dari batuan kapur dengan struktur geologi yang khas dan menyimpan beragam potensi yang dapat dikembangkan. Kawasan karst di Indonesia cukup mudah dijumpai karena persebarannya mencakup hampir 20% dari total wilayah Indonesia. Batu gamping memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia khususnya di bidang industri konstruksi dan pertanian. Maka tidak heran penambangan kawasan ini mulai tidak terkontrol, baik penambangan skala besar maupun penambangan artisanal. Ancaman kerusakan alam akibat penambangan artisanal yang tidak memiliki izin resmi akan berdampak besar terhadap rusaknya ekosistem karst. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu potensi kawasan karst yang ada di pesisir utara Gresik dari perspektif bidang keilmuan IPS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian yakni kawasan karst pesisir utara Gresik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yang memiliki tiga komponen utama dalam menentukan isi simpulan, yakni: (1) reduksi data; (2) sajian data; (3) verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, kawasan karst di pesisir utara Gresik yang berlokasi di dua tempat yakni wisata Setigi di Desa Sekapuk dan wisata Bukit Surowiti di Desa Surowiti memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber pembelajaran IPS. Didapati hasil penelitian pada kawasan karst relevan dengan bidang keilmuan IPS yakni tentang pengelolaan potensi keruangan pada KD 3.1 kelas VII dengan penekanan pada konsep ruang yang meliputi: (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, dan flora fauna) serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia pada bidang sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Agustin, D. N., & Brata, N. T. (2019). Aktivitas Ilegal Pertambangan Batu Kapur dan Dampak Ekologi di Kabupaten Blora. Jurnal Solidarity, Vol 8(No. 2), 654-667.
Angelia, T., & Santoso, E. I. (2019). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Religi Bukit Surowiti di Kecamatan Panceng Gresik. Jurnal Planoearth, Vol 4(No. 2), 102-110.
Indrayani, A., & Setyaningsih, W. (2017). Mengungkap Potensi Kabupaten Rembang Sebagai Geowisata dan Laboratorium Lapangan Geografi. Jurnal Geografi, Vol 14(No. 1), 1-17.
Irawan, J. F. (2020). Potensi Bahan Galian C Kabupaten Gresik Berdasarkan Kajian Geologi. Jurnal Teknologi Sumberdaya Mineral, Vol 1(No. 1), 11-17.
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 3(No 1), 121-133.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Jurnal Satya Widya, Volume 33(Nomor 1), 29-36.
Widyaningsih, G. A. (2017). Permasalahan Hukum dalam Perlindungan Ekosistem Karst di Indonesia. Jurnal Hukum Lingkungan, Vol 3(No 2), 73-95.
Published
2023-08-31
How to Cite
Fitri, M. (2023). Potensi Bentang Alam Karst di Pesisir Utara Gresik sebagai Sumber Pembelajaran IPS SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 140-146. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55072
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 70