Studi Deskriptif Internalisasi Nilai Kreativitas Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan

  • Herliana Vita Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Projek penguatan profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan, Nilai Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan untuk internalisasi nilai kreativitas siswa kelas VII di SMP Semen Gresik.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Semen Gresik. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan. Sampel yang diambil untuk diteliti adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dapat menemukan proses internalisasi nilai kreativitas yang terjadi selama pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dapat menginternalisasi nilai kreativitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis nilai kreativitas siswa melalui kegiatan-kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dalam total perolehan skor tiap indikatornya adalah terdapat 25% dari total keseluruhan 24 siswa di kelas VII A memiliki nilai kreativitas tergolong sangat tinggi dan 15 siswa sisanya atau 62,5% memiliki nilai kreativitas tergolong tinggi dan 3 siswa atau 12,5% nilai kreativitasnya sedang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dapat menginternalisasi nilai kreativitas.

Kata Kunci: Projek penguatan profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan, Nilai Kreativitas

References

Ayu Putri. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15.
Deswika, E., & Risyak, B. (2016). Penggunaan Metode Proyek Terhadap Sikap Kooperatif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(6).
Fajar Rahayuningsih. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan KI Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(Desember).
Hardiansyah, M. A., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852.
Hartoyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menumbuh Kembangkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2022, 1–14.
Husna, D. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 1–10.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.
Kahfi, A., & Binamadani, S. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258.
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi , 9(3), 2022–2687.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Murtadlo, M. , & B. H. H. (2019). Indeks Karakter Siswa: Jenjang Pendidikan Menengah 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xze67
Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 60.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning Outcomes, Creative Thinking Skills, and Learning Motivation of Preservice Teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(Desember).
Shalahudin Ismail, Suhana Suhana, & Qiqi Yuliati Zakiah. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Soraya, S. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic, 1(1), 74–78.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.
Sunarti, W., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2).
Susanti Sufyadi, Pia Adiprima, & Tracey Yani Harjatanaya. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Itje Chodidjah, Sofie Dewayani, & Stien Johanna Matakupan, Eds.).
Torrance, E. P. (1972). Predictive Validity of the Torrance Tests of Creative Thinking. The Journal of Creative Behavior, 6(4), 236–262.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2).
Published
2023-08-31
How to Cite
Rahmawati, H. (2023). Studi Deskriptif Internalisasi Nilai Kreativitas Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 157-169. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55132
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 101