Studi Deskriptif Internalisasi Nilai Kreativitas Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55132Keywords:
Projek penguatan profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan, Nilai KreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan untuk internalisasi nilai kreativitas siswa kelas VII di SMP Semen Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Semen Gresik. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan. Sampel yang diambil untuk diteliti adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dapat menemukan proses internalisasi nilai kreativitas yang terjadi selama pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dapat menginternalisasi nilai kreativitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis nilai kreativitas siswa melalui kegiatan-kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dalam total perolehan skor tiap indikatornya adalah terdapat 25% dari total keseluruhan 24 siswa di kelas VII A memiliki nilai kreativitas tergolong sangat tinggi dan 15 siswa sisanya atau 62,5% memiliki nilai kreativitas tergolong tinggi dan 3 siswa atau 12,5% nilai kreativitasnya sedang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan dapat menginternalisasi nilai kreativitas.
Kata Kunci: Projek penguatan profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan, Nilai Kreativitas
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

