Analisi Potensi Wisata Kayangan Api Bojonegoro Sebagai Sumber Belajar IPS

Authors

  • Iqlima Nurjannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55133

Keywords:

potensi wisata, sumber belajar, Kayangan Api

Abstract

Abstrak

Wisata Kayangan Api merupakan wisata yang memiliki banyak nilai-nilai dan objek yang beragam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis potensi yang ada di wisata Kayangan Api berdasarkan aspek-aspek kajian IPS yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis potensi wisata Kayangan Api Bojonegoro sebagai sumber belajar IPS berupa tiga aspek geografi yaitu lokasi Kayangan Api, hutan jati, dan fenomena Kayangan Api, aspek sejarah wisata Kayangan Api berupa legenda Kayangan Api, aspek sosiologi wisata Kayangan Api berupa interaksi di wisata Kayangan Api, serta aspek ekonomi wisata Kayangan Api berupa kegiatan ekonomi di wisata Kayangan Api. Potensi wisata Kayangan Api berdasarkan aspek kajian IPS memiliki kesesuaian dengan materi, tujuan pembelajaran, dan capaian pembelajaran IPS kelas VII dan VIII kurikulum merdeka. Potensi wisata Kayangan Api Bojonegoro berpotensi sebagai sumber belajar IPS kurikulum merdeka.

Kata kunci: potensi wisata, sumber belajar, Kayangan Api

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Nurjannah, I. (2023). Analisi Potensi Wisata Kayangan Api Bojonegoro Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 170–178. https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55133

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 144