Analisi Potensi Wisata Kayangan Api Bojonegoro Sebagai Sumber Belajar IPS

  • Iqlima Nurjannah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: potensi wisata, sumber belajar, Kayangan Api

Abstract

Abstrak

Wisata Kayangan Api merupakan wisata yang memiliki banyak nilai-nilai dan objek yang beragam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis potensi yang ada di wisata Kayangan Api berdasarkan aspek-aspek kajian IPS yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis potensi wisata Kayangan Api Bojonegoro sebagai sumber belajar IPS berupa tiga aspek geografi yaitu lokasi Kayangan Api, hutan jati, dan fenomena Kayangan Api, aspek sejarah wisata Kayangan Api berupa legenda Kayangan Api, aspek sosiologi wisata Kayangan Api berupa interaksi di wisata Kayangan Api, serta aspek ekonomi wisata Kayangan Api berupa kegiatan ekonomi di wisata Kayangan Api. Potensi wisata Kayangan Api berdasarkan aspek kajian IPS memiliki kesesuaian dengan materi, tujuan pembelajaran, dan capaian pembelajaran IPS kelas VII dan VIII kurikulum merdeka. Potensi wisata Kayangan Api Bojonegoro berpotensi sebagai sumber belajar IPS kurikulum merdeka.

Kata kunci: potensi wisata, sumber belajar, Kayangan Api

 

References

Agus, K., & Listiatie, B. U. (2014). Pengaruh Dosis Kompos Berbahan Dasar Campuran Feses dan Cangkang Telur Ayam Terhadap PertumbuhanTanaman Bayam Cabut (Amaranthus tricolor L.) SebagaiSumber Belajar Biologi SMA Kelas XII. Jupemasi-PBIO, 1(1), 66–75. http://jupemasipbio.uad.ac.id/wp-content/uploads/2014/11/14.-NP_10008127_AGUS-KURNIAWAN.pdf
Angestyaningrum, E. (2018). Analisis Potensi Lokal Tumbuhan Di Taman Digulis Kota Pontianak Sebagai Sumber Belajar Biologi [Universitas Muhammadiyah Pontianak]. https://repository.unmuhpnk.ac.id/749
Asriandy, I. (2016). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun. Bissappu Di Kabupaten Bantaeng. Universitas Hasanuddin.
Dewi, V. M. (2018). Upacara Adat Wisuda Waranggono di Kayangan Api Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro (Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(2), 113. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3464
Farida, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.
Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 286–293. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2661032
Krissanta, K. V., Purnawati, D. M. O., & Arta, K. S. (2015). Monumen Belanda di Desa Temukus, Banjar, Buleleng, Bali dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar IPS. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(No. 1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/635
Lase, N. K., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 99–107. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i2.4305
Lestari, S. A., Admoko, S., & Suprapto, N. (2022). Identifikasi Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Kayangan Api di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 103–113. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/4707
Lilawati, J. (2017). Analisi Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran.
Muhammad. (2018). Sumber Belajar. Sanabil.
Nafisah, N. D. S. (2018). Pemanfaatan Objek Wisata Gunung Padang Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus: Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cianjur) [UIN Jakarta]. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46302
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudera Biru.
Nursa’ban, M., Supardi, Satria, M. R., & Oktafiana, S. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII. Pusat kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Putri, H., & Putra, P. (2019). Jurnal Primearly - 192. Jurnal Primearly, II(2), 192–199.
Setiwan, D. (2013). Reorientasi Tujuan Utama Pendidikan IPS Dalam Perspektif Global. Jupiis, 5(2), 60. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/1115/888
Sitanggang, N. D. H., & Yulistiana, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 156–167. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.335
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/199
Published
2023-08-31
How to Cite
Nurjannah, I. (2023). Analisi Potensi Wisata Kayangan Api Bojonegoro Sebagai Sumber Belajar IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 170-178. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55133
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 36