Penerapan Model Pembelajaran Ex-Situ (Studi Kasus) Pemanfaatan Gunung Penanggungan Siswa di SMPN 2 Trawas

  • Mary Andani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran ex-situ, studi kasus, Gunung Penanggungan

Abstract

Model pembelajaran ex-Situ merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan menghadirkan objek atau situs Gunung Penanggungan ke dalam kelas melalui strategi atau pendekatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran ex-situ (studi kasus) pemanfaatan Gunung Penanggungan siswa di SMPN 2 Trawas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian atau informan yang diambil adalah siswa kelas VII A di SMPN 2 Trawas dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi keterampilan proses belajar. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ex-situ (studi kasus) pemanfaatan Gunung Penanggungan siswa di SMPN 2 Trawas memberikan hasil yang baik karena tingkat ketercapaian siswa berada pada kategori sedang dan tinggi, tidak ada siswa yang berada pada kategori rendah. Penggunaan studi kasus sangat cocok digunakan dalam model pembelajaran ex-situ karena proses pembelajaran dapat dilakukan secara mendalam, rinci dan mendetail tentang fenomena atau kasus potensi sumber daya alam Gunung Penanggungan.

References

Aminah, S. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Mortivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Undergraduate Thesis Universitas Islam Negeri Maulana Mailik Ibrahim.
Baniarti, I., & Hermanto, F. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Kemusu Boyolali. Jurnal Pembelajaran IPS, 4 (2), 90-101.
Fitria, A. N., Purnomo, A., & Ginanjar, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VII SMP Negeri 2 Ambarawa. Sosiolium.
Immaniar, B. D., Sumarmi, & Astina, K. (2019). Pembelajaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Experiential Learning. urnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(5), 648-653.
Kolb, D. (2014). Experiential Learning. New Jersey: Person Education.
Kusani, O. N., Tukidi, & Nisa, A. N. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS oleh Guru-Guru SMP Negeri Kecamatan Sragen. Sosiolium, 1 (2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Malawi, I., & Kandarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Grafika.
Nachrawe, M. (2017). Sumber Belajar Lingkungan Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Socius: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 6 (2).
Nachrawie, M. (2017). Sumber belajar lingkungan dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kusan hulu Kabupaten Tanah bumbu. Jurnal Socius, 6(02).
Nopitasari, A. (2012). Pengaruh Metode Student Created Case Studies disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 MOjolaban Sukojarjo. Pendidikan Biologi, 4 (3), 100-110.
Nugraha, I. K. (2022). Lingkungan sebagai Media Pembelajaran IPS SMP Negeri 9 Denpasar Bali. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran.
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1 (1).
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu, (4), 861-870.
Segara, N. B. (2022). Potensi Geohistoris Gunung Penanggungan Sebagai Wahana Education For Sustainable Development. Klaten: Lakeisha.
Published
2023-08-31
How to Cite
Andani, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Ex-Situ (Studi Kasus) Pemanfaatan Gunung Penanggungan Siswa di SMPN 2 Trawas. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 252-259. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55194
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 24