Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS

  • Theresya - Wulandari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, berpikir kritis, hasil belajar.

Abstract

Abstrak
Kemampuan komunikasi interpersonal serta kemampuan berpikiran kritis yaitu kemampuan yang wajib dikembangkan pada pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bermaksud guna melihat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar, guna melihat pengaruh kemampuan berpikiran kritis terhadap hasil belajar, serta guna melihat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal serta kemampuan berpikiran kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Semua siswa-siswi SMP Negeri 45 Surabaya menjadi populasinya, sementara kelas VII B, VIII A, dan IX F yang dipilih memanfaatkan random sampling menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data memanfaatkan tes serta dokumentasi. Perolehan penelitian menampilkan adanya pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap perolehan belajar IPS dengan skor signifikansi 0,000 α (0,05) dan t hitung>t tabel yakni 4,347>1,98729. Didapati pengaruh kemampuan berpikiran kritis terhadap perolehan belajar IPS dengan skor signifikansi 0,000 α (0,05) dan t hitung>t tabel yakni 5,898>1,98729. Didapati pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan berpikiran kritis terhadap perolehan belajar IPS SMP Negeri 45 Surabaya dengan skor signifikansi 0,000 α (0,05) dan F hitung>F tabel yakni 19,283>3,10. Berbasis hasil penelitian, bisa diperoleh simpulan didapati pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya, didapati pengaruh kemampuan berpikiran kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya, serta didapati pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan berpikiran kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya.

References

Astuti, D. T., Zulfan, & Haikal, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Papan Buletin Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 229-240.
Badawi, M. A., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University. Jurnal Communicology, 123-137.
Jasumayanti, E., Marli, S., & Ngatiyo. (2018). Korelasi Diantara Pendekatan Konstruktivisme Dengan Perolehan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 50-62.
Komariyah, S., & Laili, A. F. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikiran Kritis Terhadap Perolehan Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 53-58.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN : Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora, dan Kebudayaan , 28-43.
Mevlevi, M. T., Nurani, S. S., & Arifin, M. H. (2022). Metode Pembelajaran yang Disarankan Guna SD Dalam Menerapkan Pembelajaran Abad 21 Pada Muatan IPS. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3-7.
Muttaqien, A. R., Suprijono, A., Purnomo, N. H., & A.P, D. B. (2019). The Influence of Cooperative Learning Model Types of Teams Games Tournaments on Students Critical Thinking Ability. International Journal for Educational dan Vocational Studies, 432-437.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Perolehan Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 265-276.
Pangestu, P. S., Edwita, & Bachtiar, I. G. (2019). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kemampuan Berpikiran Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 381-387.
Saputra, A. I., & Haq, M. S. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Diantara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 213-221.
Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikiran Kritis Siswa dengan Memanfaatkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 10 Pematangsiantar T.A 2022/2023 . Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan , 188-195.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta.
Syaparuddin, Meldianus, & Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Menaikkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahapendidik: Jurnal Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, 30-41.
Ulfa, T., & Munastiwi, E. (2021). Keterampilan Berpikiran Kritis dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora, and Social Sciences (JEHSS), 50-54.
Utami, F. W., Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Setyawan, K. G. (2022). Pengaruh Penerapan Isu-Isu Global dalam Pembelajaran IPS Berbasis Masalah guna Menaikkan Kemampuan Berpikiran Kritis. Dialektika Pendidikan IPS, 217-228.
Windiyani, T., & Lestari, Y. T. (2018). Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Pendidik Sekolah Dasar, 26-30.
Published
2023-08-31
How to Cite
Wulandari, T. (2023). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 217-225. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55245
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 55