Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Pada Pembelajaran IPS di UPT SMPN 09 Gresik

  • Farida Afia Rahma Universitas Negeri Surabaya
Keywords: STAD berbasis literasi, kemampuan literasi membaca dan numerasi

Abstract

Riset ini dilandaskan pada pembelajaran abad 21 yang mencakup pembelajaran literasi dan numerasi untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi dinamika kehidupan abad 21. Tujuan riset ini untu menjelaskan peningkatan kemampuan literasi membaca dan numerasi melalui penerapan pembelajaran STAD berbasis literasi pada pembelajaran IPS. Desain yang digunakan pada riset ini adalah quasi experimental yang berupa Nonequivalent Control Group Design serta teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling. Data kemampuan literasi membaca dan numerasi diperoleh menggunakan tes yang dilakukan sebelum dan sesudah diterapkan perlakuan. Instrumen tes dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, daya sukar, dan daya pembeda, kemudian dilanjutkan dengan analisis statisktik deskriptif untuk mengetahui perolehan rata-rata kemampuan literasi membaca dan numerasi. Riset ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran STAD berbasis literasi memiliki dampak positif pada kemampuan peserta didik. Rata-rata kemampuan literasi membaca dan numerasi meningkat setelah diberikannya penerapan pembelajaran STAD berbasis literasi. 

 

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 15-23.
Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Universitas Indraprasta PGRI, 6(1),41-55.
Harisaputri, V. P. (2022). Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Membentuk Karakter Siswa SMPN 1 Ngunut. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1724-1728.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment) : Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, (4) 1, 30-41.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Salama, Riyanda, & Adi. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan , 4(2), 3011-2024.
Islami, O. R. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Social Studies, 3(2),450-468.
Kemendikbud. (2019). Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca di Kelas Awal. Risalah Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, S. B. (2017). Pengaruh Aktivitas Matematika Siswa terhadap Kemampuan Literasi Matematika dalam Pembelajaran Model STAD Berbantuan Kartu Literasi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 88-94.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126.
Payong, M. R. (2020). Zona Perkembangan Proksimal dan Pendidikan Berbasis Kontruktivisme Sosial Menurut Lev Semyonovich Vygotsky. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, (12)2, 164-178.
Pryanti, W., & Harun Nasrudin. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA (Journal of Sciene Education), 6(2), 508-515.
Putu, S. I. (2020). Sociocultural Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Widya Kumara : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2),48-58.
Slavin, R. E. (1983). When Does Cooperative Learning Increase Student Achievement? Psychological Bulletin, 94 (3),429-445.
Suryanti, R., & Megawati, P. (2022). Systematic Litearture Review Terhadap Rendahnya Minat Baca di Indonesia. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan , 4(1), 33-51.
Wijaya, E. Y., Sudjimat , D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosding Seminar Nasional Matematika , 263-278.
Published
2023-10-31
How to Cite
Rahma, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Pada Pembelajaran IPS di UPT SMPN 09 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 60-68. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55766
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 127