Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Pembelajaran Game TEBAK AKU Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 30 Surabaya

  • irma 'atul nuvianti .
Keywords: Media game TEBAK AKU, Minat belajar, Hasil belajar, TGT

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Surabaya. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik disana. Dari permasalahan tersebut, peneliti membantu memberikan penerapan model pembelajaran yang dirasa sesuai dengan karakteristik peserta didik disana yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media game TEBAK AKU. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran game ” TEBAK AKU” dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama proses kegiatan pembelajaran. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran game ” TEBAK AKU” dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Nonequivallent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelasm VII. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian adalah angket dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data angket yang digunakan yaitu T-test dan menghitung rata-rata menggunakan excel. Sedangkan uji yang digunakan untuk hasil belajar yaitu uji T-test dan N-gain score.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran game TEBAK AKU dalam meningkatkan minat belajar yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti probabilitasnya di bawah 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, dibantu dengan hasil perhitungan rata-rata dari data angket minat belajar kelas eksperimen rata-rata hasil perhitungan menunjukkan nilai sebesar 87,30263 dengan kriteria pengaruh yang Sangat Tinggi. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran game TEBAK AKU juga meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti probabilitasnya di bawah 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil output N-gain tes hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan bahwa 0,5774  yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh dari penelitian ini  menurut kriteria N-gain score adalah memiliki efek sedang dan mendapatkan nilai kategori tafsiran sebesar 57,7377 yang dianggap cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Puspita Wardani, O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula PRESS.
Alodia, Iona. (2021). Tujuan Mata Pelajaran IPS Di SMP Dan Mts. In Ilmu Pengetahuan Sosial(Pp. 2–2). Https://Doi.Org/10.13140/RG.2.2.17515.05921
Anna. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Dengan Media Games Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sdn 142 Tamboke Kec. Sukamaju Kab. Luwu Utara. Skripsi, 21–41. Https://Fdokumen.Com/Document/Penerapan-Model-Kooperatif-Tipe-Tgt-Team-Games-.Html?Page=3
Arba Nurul Ummah, A. (2021). Alnalisis Minat Pelajar Terhadap Aplikasi-Aplikasi Penunjang Sistem Pembelajaran Online. 3.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Www.Diktis.Kemenag.Go.Id
Dakhi Sukses, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, Vol.8 No.2, 468. Https://Www.Kompasiana.Com/Rangga93/55292bc6f
Dwi Muliani, R., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 134–134. Https://Doi.Org/10.22373/Jrpm.V2i2.1684
Fadlina, F., Artika*, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 101. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591
Hanafi, H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Kisi-Kisi Soal. https://www.scribd.com/document/402105794/kisi-kisi-instrumen-rtf
Halyalti, S. (2017). Belaljalr & Pembelaljalraln Berbalsis Cooperaltive Lealrning.
Herdalyalti, H., & Syalhriall, S. (2019). Desalin Penelitialn daln Teknik Pengumpulaln Data dallalm Penelitialn. 3.
Heru Muslim, Al. (2020). Peneralpaln Model Cooperaltive Tipe TGT Berbalsis “Altong” (
Wiwit Kurnialwaln, Ed.).
Hudalyal, Al. (2018). Pengalruh Galdget Terhaldalp Sikalp Disiplin daln Minalt Belaljalr
Pesertal Didik. Resealrch Alnd Development Journall Of Educaltion, 4(2), 93–93.
Maliti, M., Ruhmalyalnti, H., & Algustinal, H. (2021). Metal-Alnallisis: Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Tealms Galmes Tournalment Dallalm Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Siswal. 4(1), 8–11. Https://Doi.Org/10.31764
Malkbul, M. (2021). Metode Pengumpulaln Daltal Daln Instrumen Penelitialn. 18–19. Melindal, V. Al., Nyomaln, I., Degeng, S., & Kuswalndi, D. (2017).
Pengembalngaln Medial Video Pembelaljalraln IPS Berbalsis Virtuall Field Trip (VFT) Paldal Kelals V SDNU Kralton-Kencong.
Mufidalh, Z., & Baldrus, M. (2022). Pengalruh Permalinaln Tebalk Galmbalr Untuk Meningkaltkaln Pemalhalmaln Kosal Kaltal Balhalsal Alralb DI Suralbalyal. Mumtalzal :
Journall Of Alralbic Tealching, Linguistic Alnd Literalture, 1(1), 46–46.
Mujialnto, H. (2019). Pemalnfalaltaln YOUTUBE Sebalgali Medial Aljalr Dallalm
Meningkaltkaln Minalt Daln Motivalsi Belaljalr. Jurnall Komunikalsi Halsil Pemikiran dan Penelitialn, 5(1), 140–140. Www.Journall.Unigal.Alc.Id135
Musrifah, M., Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S. N. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.
Nur Hamidah, S., & Bektiarso, S. (2022). Penerapan Model PBL Berbantu Media Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Wujud Benda (Vol. 6, Issue 1).
Nur’aeni, L., Nur, T., & Herdiana, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Proses Belajar Siswa Kelas VII Mts Alfathimiyah Karawang. As-Sabiqun, 4(3), 594. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V4i3.1939
Oktaviani, N. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI KOMPARATIF PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALOPO).
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistryan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Priatna, Tedi. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan (Nurhamzah Nurhamzah, Ed.).
Prihatmojo, A., & Rohmani, R. (2020). BUKU Ajar Pengembangan Model Pembelajaran “Who Am I” (P. Bayu Nugroho, Ed.).
Putu Arya, G. (2021). Media Dan Mutimedia Pembelajaran. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Mfjzealalalqbalj&Printsec=Frontcover&Hl=Id#V=O Nepalge&Q&F=Fallse
Rahmi. (2022). Pengaruh Penerapan MODEL Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas TINGGI SD Negeri 233 USSU Kabupaten Luwu Timur. In Global Science Education Journal (Vol. 4).
Rayyan, A., & Paryanti, A. B. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan TOKO BUKU Gramedia Matraman Jakarta. In Jimen Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 1).
Rizki, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa.
Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah, Vol. 12 No. 02, 194.
Rokhmatun Nur’azyzah, D. (2021). Pengaruh Media Game Edukasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran FIQH di MTSN 4 Blitar. 75– 116.
Sahlah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Games Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Pelajaran IPS dI SMP Negeri 66 Jakarta. 39–74.
Santi, L. M. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Menengah Pertama (KAJIAN META ANALISIS). 25.
Sojo, S. (2022). Model Pembelaljalraln Kooperaltif (Aldriyalnto. Aldrialnto, Ed.).
Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Wo2vealalalqbalj&Oi=Fnd&Pg=PT6&Dq=Buku+Model+Pembelaljalraln+Kooperaltif+&Ots=Dsj4altdoze&Sig=Kobcnuojwsubhssu5bj3
Syarifuddin, S., & Saudi, I. Al. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Menggunakan SPSS
Tuti Fasikhah, I., Crusma Fradani, A., & Stevani, F. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TGT dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar.
Zaenul Fitri, A., & Haryanti, N. (2020, July). Metodologi Penelitian Pendidikan. 117.
Published
2023-10-31
How to Cite
nuvianti, irma. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Pembelajaran Game TEBAK AKU Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 30 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 228-239. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56103
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 28