Peran Guru IPS Dan Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP

The Role of Social Studies Teachers and the Family Environment in Improving Social Studies Learning Motivation for Grade VIII Middle School Students

  • Herma Citra Wahyuningsih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Guru, Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak

Pendidikan yakni sebuah tindakan yang digunakan sebagai acuan bagi peningkatan kemampuan sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran atau pembelajaran, selain kompetensi guru terdapat komponen lain yang juga ikut berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan, kompenen yang dimaksudkan ini ialah lingkungan keluarga. Pada kegiatan belajar tentunya peserta didik kerap kali mengalami kendala salah satunya ialah motivasi belajar yang menurun, sinergi antara peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru dan peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar IPS kelas VIII SMPN 31 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan di dalam keluarga serta lingkungan pergaulan dari peserta didik ini mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya peran guru dan peran orang tua yang diberikan secara maksimal kepada peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik yang menurun.

References

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Astuti, W. W., Sukardi, F. S. F., & Partono, P. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Badruttamam, C. A., Hidayati, Z., & Efendi, N. W. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. CENDEKIA, 10(02), 123-132.
Bintari, U. R. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMPN 1 Balaraja (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Mimbar Ilmu, 26(2), 302-308.
Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.
Iksan, R. N. (2020). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Edutama.
Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2017). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar ips melalui motivasi belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 955-962.
Kayatun, S. (2015). Pengaruh Jaringan Sosial Siswa, Lingkungan Sosial Siswa, dan Peran Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Madiun (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Khasanah, U. (2018). Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII unggulan di MTs Roudlotun Nasyi’in Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Lestari, P., & Pratiwi, P. H. (2018). Perubahan dalam Struktur Keluarga. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(1).
Meyanti, I. G. A. S., Atmadja, N. B., & Pageh, I. M. (2021). Kontribusi Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107-116. ar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54-59.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-
Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1).
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
Priani, D. H. S., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379-390.
Priasmoro, D. P., Widjajanto, E., & Supriati, L. (2016). Analisis Faktor-Faktor Keluarga yang Berhubungan dengan Perilaku Agresif pada Remaja di Kota Malang (dengan Pendekatan Teori Struktural Fungsional Keluarga). Journal of Nursing Science Update (JNSU), 4(2), 114-126.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.
Rivai, M. I., & Suud, F. M. Peran Lingkungan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD di Banjarnegara.
Saleh, A. A. M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTS Negeri Kota Kupang. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1), 1-12.
Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262.
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Sholekhah, I. M. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2).
Simanullang, H., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2017, June). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor.
Sulistiana, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di Kelas IPS SMA Al-Chasanah Jakarta Barat.
Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198.
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1607-1611.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555.
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26-32.
Published
2023-10-31
How to Cite
Wahyuningsih, H. (2023). Peran Guru IPS Dan Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 268-276. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56356
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 14