PENGEMBANGAN VIDEO BERSERIES COLONIALISM HERITAGE OF NGANJUK UNTUK PELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Siska Dwi Purwanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: video berseries,colonialism heritage of nganjuk,pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video berseries yang mengangkat tema Colonialism Heritage of Nganjuk dalam konteks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan saintifik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media dengan menilai kevalidan,kepraktisan serta keefektifan media dengan memberikan materi pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mendalam mengenai warisan kolonial di Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah video berseries Colonialism Heritage of Nganjuk yang terdiri dari beberapa series yang membahas aspek-aspek warisan kolonial di Nganjuk berupa peninggalan pabrik gula, stasiun kereta api dan kantor pos. Penelitian ini juga dilengkapi dengan instrumen validasi dan evaluasi yang mencakup post tes serta angket respon peserta didik terhadap video berseries. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video berseries Colonialism Heritage of Nganjuk dengan pendekatan saintifik sangat valid,praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pemahaman warisan kolonial di Nganjuk.

References

Amrizal, U. R. (2017). Pemetaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach Di SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Pelita Pendidikan, 6.(1), 028-035.
Apandi. (2022). Guru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam PembelajaranGuru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Retrieved from www.Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5bca01f6677ffb1af9055c47/penguatan-kemampuan-guru-dalam-implementasi-pendekatan-saintifik-dalam-pembelajaran
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Erikson. (1963). Childhood and Society. New York: Norton.
Huda, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbantu Multimedia Berbasis Heritage Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik SMP Negeri Kota Madiun. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran.
Khoiru, S. A. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kritsupath Sarnok, P. W. (2019 ). Digital Learning Ecosystem by Using Digital Storytelling for Teacher Profession Students. IJIET .
Melinda, V. A. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. INOTEP, Volume 3, p. Nomor 2 Hal 159.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruz Media.
Smaldino. (2008). Instructional Technology and M edia for Learning. New Jersey, USA: Merill Prentice Hall.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sudarwan. (2013). Pendekatan-Pendekatan Ilmiah Pada Pembelajaran. Pusbangprodik.
Vici Triadmanora, W. B. (2020). Pemahaman Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sejarahdi SMA Negeri 1 Padang. Kronologi, Vol. 2 N0 4.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungansebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, Vol. 33, No. 1. Juni 2017: 29-36.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang.
Zainuddin. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Anjir Pasar Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Socius, Volume 4, p. 1.
Published
2023-12-26
How to Cite
Purwanti, S. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO BERSERIES COLONIALISM HERITAGE OF NGANJUK UNTUK PELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 84 - 94. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56560
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 4