Pengaruh Metode Pembelajaran Partisipatif Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Surabaya

  • linda sevtyana mahasiswa
Keywords: Metode Pembelajaran Partisipatif, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pemilihan metode pengajaran yang tepati dengani karakteristiki dani kebutuhani siswai dilakukan dengan tujuan meningkatkan minati dani hasili belajari padai matai pelajarani IPSi di sekolah. Dengan cara yang melibatkan siswai dalami prosesi belajari, seorangi gurui dapati membuat rencana pelajaran yang cocok dengan sifat dan kebutuhan siswa. Pembuatan program dilakukan dari mulai merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Arah alur keinginan pembelajaran siswa bisa sesuai dan terlaksana dengan sempurna. Tujuani darii penelitiani inii yaitui (1) untuki mengetahuii pengaruhi metode pembelajaran partisipatif terhadapi minati belajari IPSi siswa kelasi VIIIi SMPi 45 Negeri Surabaya; (2) untuk mengetahui pengaruhi metodei pembelajarani partisipatif terhadapi hasili belajari IPS siswai kelasi VIIIi SMPi 45 Negerii Surabaya

       Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan angka dan data untuk meneliti dengan menggunakan metode pengujian yang hampir seperti eksperimen yang tidak menggunakan kelompok kontrol sebelum dan sesudah tes. Populasi penelitiani inii adalahi para murid kelasi VIIIi dii SMPi Negerii 45 Surabayai. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan memilih secara sengaja kelasi VIIIi D sebagaii kelasi eksperimeni dani kelasi VIIIi H sebagaii kelasi kontroli. Karakteristik dari pemilihan sampel yaitu mempunyai kesamaan komposisi kelasnya, minat dan hasil belajarnya sama-sama kurang dan kelasnya berada pada klaster kelas bawah.  Instrumen penelitin yangi digunakani yaitu lembari soali tesi dan lembar angketi. Penelitiani ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi sebagai pengambilan data pada saat penelitian dilaksanakan. Pengujian hipotesis menggunakan tekniki analisisi datai yaitui uji independen sample ti testi.

       Hasili penelitiani menunjukani bahwai terdapati pengaruhi metode pembelajarani partisipatif terhadapi minat dan hasili belajari IPS siswai Kelas VIII SMP Negeri 45 Surabaya. Minat belajar siswa meningkat dimana dapat dilihat dari partisipasi siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, menganggap penting kegiatan pembelajaran dan mempunyai motivasi untuk terus belajar. Hasil belajar siswa juga meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siswa yang mayoritas ada di bawah KKM sekarang berada di atas KKM.

References

Alisalman, M. (2022). Pembelajaran Partisipatif Sebagai Metode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1).
Anifah, N. (2014). Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (stad) dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran ips kelas viii mts negeri di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).
Murjainah, M., Arifati, M., & Houtaman, H. (2020).Pengaruh Penerapan Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di SMA Negeri 1 Muaradua Oku Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurna Swaenabhumi:Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 5(2), 1-10.
Nurhadi. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitivistik. Program Magister Pasca Sarjana (Pps) Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
Nurhayati, E. (2018). Psikologi pendidikan inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.
Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291.
Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262.
Sulfemi, W. B. (2019). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor.
Warsita, B. (2018). Teori belajar robert m. Gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar. Jurnal teknodik, 12(1).
Published
2023-12-26
How to Cite
sevtyana, linda. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Partisipatif Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 73 - 83. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56934
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 8