Pengembangan LKPD untuk Outdoor Learning di Museum Trinil Ngawi Jawa Timur pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 2 Kedunggalar)

  • Rahmat Purnomo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: LKPD, Outdoor Learning, Museum, Zaman Prasejarah, Respon Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran outdoor learning merupakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Kegiatan pembelajaran secara outdoor learning dalam penelitian ini memanfaatkan Museum Trinil sebagai lokasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD IPS untuk pembelajaran secara outdoor learning di Museum Trinil; (2) menganalisis kelayakan LKPD outdoor learning; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD untuk outdoor learning. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) model 4D oleh (Thiagarajan 1974). Pengambilan data dilakukan di Museum Trinil Ngawi dan peserta didik kelas VII SMPN 2 Kedunggalar. Tahap awal penelitian yaitu define yaitu mendefinisikan penelitian dengan mengambil data di lokasi penelitian. Tahap design merupakan perancangan perangkat untuk pembelajaran berupa modul ajar dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi perangkat dan lembar respon peserta didik. Tahap development merupakan validasi awal perangkat pembelajaran oleh validator. Setelah divalidasi kemudian diujicobakan kepada peserta didik di museum. Hasil dari uji coba berupa skor yang didapat setelah mengerjakan LKPD. Hasil penelitian ini ialah telah dihasilkannya LKPD untuk pembelajaran secara  outdoor learning di Museum Trinil yang telah layak digunakan ditinjau melalui penilaian kelayakan oleh validator perangkat dan diujicobakan terhadap peserta didik langsung di museum sebagai aktivitas pembelajaran outdoor learning.

References

Apriyanto, C., & dkk. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 38-42.
Dermawati, N., & dkk. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 74-78.
Fajri, I., & Asnil. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Kreatif dan Produktif di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 144-150.
Farida, S. D. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Museum Wasaka Sebagai Sumber Belajar Ips Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Siswa. 1-12.
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 281-291.
Hidayati , A., & dkk. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Praktikum Model Problem Based Pada Pembelajaran IPS. The Indonesian Journal of Social Studies, Volume 2 (1) (2019), 51-58.
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK dan Pendidikan, 65-77.
Mahbub, A. (2021). Pemanfaatan Museum Bank Indonesia Sebagai Media dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Mursi, A. D., & dkk. (2019). Pemanfaatan Museum Adityawarman sebagai Salah Satu Sumber Pembelajaran Sejarah Bagi Siswa SMA Don Bosco Padang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 46-53.
Pristiwanti, D., & dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: StaiaPress.
Putra, N. (2019). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 440-448.
Septina, N., & dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 160-171.
Sugito, & dkk. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 1-6.
Suhawarti, S. I., & Rahman, A. M. (2018). Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Melalui Outdoor Study. 253-260.
Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana.
Published
2023-12-26
How to Cite
Purnomo, R. (2023). Pengembangan LKPD untuk Outdoor Learning di Museum Trinil Ngawi Jawa Timur pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 2 Kedunggalar). DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 41 - 50. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/57515
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 16