Hubungan Pola Asuh Keluarga Industri dan Budaya Disiplin Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Kedisiplinan Siswa UPT SMP Negeri 33 Gresik

Authors

  • Laila Devi Yunita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58568

Keywords:

Pola Asuh, Keluarga Industri, Budaya Disiplin, Kedisiplinan Siswa, Kuantitatif-Korelasional

Abstract

Kabupaten Gresik menjadi salah satu pusat kawasan industrialisasi, salah satunya Kecamatan Driyorejo. Dimana semakin tingginya tuntutan ekonomi dan kesetaraan gender menjadikan banyak perempuan bekerja. Tak jarang perempuan yang bekerja diharuskan untuk bisa mengerjakan pekerjaan rumah dalam kesibukannya. Padahal ada seorang ayah yang juga bertanggug jawab dalam pengasuhan anaknya, namun karena alasan lelah bekerja mereka lebih banyak takk acuh akan anaknya dan beranggapan bahwa tugasnya hanya mencari nafkah. Sehingga kelalalaian pengasuhan ini menjadikan anak berperilaku buruk. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) hubungan pola asuh keluarga industri dengan kedisiplinan siswa 2) hubungan budaya disiplin dalam pembelajaran IPS dengan kedisiplinan siswa, 3) hubungan pola asuh keluarga industri dengan budaya disiplin dalam pembelajaran IPS dan 4) hubungan pola asuh keluarga industri dan budaya disiplin dalam pembelajaran IPS terhadap kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif-korelasional, yaitu mencari ada tidaknya hubungan antar variabel dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pemberian angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa UPT SMP Negeri 33 Gresik yang kedua orang tuanya bekerja di pabrik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) ada hubungan positif antara pola asuh keluarga industri dengan kedisiplinan siswa, 2) ada hubungan positif antara budaya disiplin dalam pembelajaran IPS dengan kedisiplinan siswa, 3) ada hubungan positif antara pola asuh keluarga industri dengan budaya disiplin dalam pembelajaran IPS dan 4) ada hubungan positif antara pola asuh keluarga industri dan budaya disiplin dalam pembelajaran IPS secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa. Kedua variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 27,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan: Teori dan Praktik dalam

Pendidikan. Medan:Widya Puspita. Diakses pada http://repository.uinsu.ac.id/3586/.

Bariyah, S. K. (2021). Hubungan Pembiasaan Budaya Islami dan Kedisiplinan

Beribadah dengan Kepribadian Siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas. (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).

Dewi, P. F., Setiawan, D., & Fardani, M. A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karakter

Disiplin Anak di Lingkungan Keluarga Buruh Konveksi di Desa Guwosobokerto. Jurnal Inovasi Penelitian, (2)4, 1187-1194.

Dian, R. (2023, Mei 04). Indonesia Peringkat 3 Fatherless Country di Dunia,

Mempertanyakan Keberadaan 'Ayah' Dalam Kehidupan Anak. [Halaman Web]. Diakses dari https://narasi.tv/read/narasi-daily/indonesia-peringkat-3-fatherless-country-di-dunia-mempertanyakan-keberadaan-ayah-dalam-kehidupan-anak.

Fadli, R. (2020, Oktober 12). Benarkah Kurang Perhatian Bisa Memicu Kenakalan

Remaja? [Halaman Web]. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-kurang-peratian-bisa-memicu-kenakalan-remaja.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. Diakses pada 29 Mei 2023

https://www.researchgate.net/profile/Hardani-Msi/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/links/5e72e011299bf1571848ba20/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif-Kuantitatif.pdf.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. Diakses pada 17 Juli 2023: https://kbbi.web.id.

Khalsa, S. N. S. (2008). Pengajaran Disiplin Dan Harga Diri: Strategi, Anekdot, Dan

Pelajaran Efektif Untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta:Indeks.

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta:Rineka Cipta.

Listari, M., Tabroni, I., & Nurjanah, E. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam

Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPT SDN 1 Campaksari. El-Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, (4)2, 200-212.

Maimun. (2017). Psikologi Pengasuhan: Mengasuh Tumbuh Kembang Anak dengan

Ilmu. Mataram:Sanabil. Diakses pada 12 Juli 2023 http://repository.uinmataram.ac.id/527/4/Psikologi%20Pengasuhan%20%281%29_Compressed.pdf.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al-Ulya: Jurnal

Pendidikan Islam, (4)1, 16-28.

Mundir. (2012). Statistik Pendidikan: Pengantar Analisis Data untuk Penulisan Skripsi

dan Tesis. Jember:STAIN Jember Press. Diakses pada 14 Juli 2023 http://digilib.uinkhas.ac.id/1414/1/BUKU%20STATISTIK%20PENDIDIKAN.pdf.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor-Faktor Pembentuk Karakter

Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Perkasa

Paedagogia, (3)1, 105-117.

Novianti, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Karakter Disiplin Siswa

Kelas V di SDN 143 Pekanbaru. (Doctoral Dissertation,Universitas Islam Riau).

Nurbaiti. (2020). Disiplin Pendidikan dalam Perspektif Islam. Tangerang:Qalbun Salim.

Diakses pada 08 Juni 2023

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50909/1/Disiplin%20Pendidikan%20Dalam%20Perspektif%20Islam.pdf.

Pebriyani, N. (2023). IDENTIFIKASI PENYEBAB SISWA TIDAK DISIPLIN DALAM

MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI (Doctoral Dissertation), Uiversitas Jambi.

Purwanto, M. Y. (2023, Juni 01). Remaja Dominasi Pelanggaran Lalin. [Halaman Web].

Diakses dari https://radarbojonegoro.jawapos.com/lamongan/711326400/remaja-dominasi-pelanggaran-lalin.

Rohmanurmeta, F.M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Madiun:UNIPMA Press. Diakses pada 08 Juni 2023 http://eprint.unipma.ac.id/94/1/33.%20BUKU%20PENGEMBANGAN%20IPS.pdf.

Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor dan Implikasi Terhadap

Perkembangan Anak. Badung:Nilacakra. Online. Dikses pada 17 Juli 2023 http://sim.ihdn.ac.id/app-assets/repo/repo-dosen-272109095505-87.pdf.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suhendar, D. (2023, Maret 30). Maret 2023, Jumlah Pelanggaran Naik Signifikan,

Dominan Remaja dan Anak di Bawah Umur. [Halaman Web]. Diakses dari https://belitung.tribunnews.com/2023/03/30/maret-2023-jumlah-pelanggaran-naik-signifikan-dominan-remaja-dan-anak-di-bawah-umur.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS

Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-74.

Suprijono, A. (2020). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim CNN. (2021, April 01). Fatherless, Ketika Ayah 'Tak Hadir' di Kehidupan Anak.

[Halaman Web]. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210331171003-277-624531/fatherless-ketika-ayah-tak-hadir-di-kehidupan-anak.

Wikipedia, (2023). Industri. Online. Diakses pada 17 Juli 2023.

https://id.wikipedia.org/wiki/Industri.

Wikipedia. (2023). Kabupaten Gresik. Online. Diakses pada 05 Januari 2024.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gresik.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Yunita, L. D. (2024). Hubungan Pola Asuh Keluarga Industri dan Budaya Disiplin Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Kedisiplinan Siswa UPT SMP Negeri 33 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58568

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 37