Penguatan Karakter Toleransi (Studi Implementasi Budaya Tadarus Al-Qur’an di UPT SMP Negeri 2 Gresik)

  • Nadia Husna Azzahra Mahasiswa
Keywords: Budaya Tadarus Al-Qur’an, Karakter Toleransi, Toleransi Berbahasa

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi budaya sekolah Tadarus Al-Qur’an di UPT SMP Negeri 2 Gresik dan solusi untuk penguatan karakter toleransi pada peserta didik di UPT SMP Negeri 2 Gresik melalui budaya sekolah Tadarus Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Data yang diambil menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dari studi literatur. Pihak yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya kepala sekolah UPT SMP Negeri 2 Gresik, Wakil Kepala Sekolah bidang kemahasiswaan dan Hubungan Masyarakat sekaligus guru IPS, Guru agama selaku penanggung jawab program, dan beberapa siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif oleh Milles Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya tadarus Al-Qur’an dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk memperkuat karakter toleransi, salah satunya dalam hal berbahasa dan di dampingi dengan pembiasaan pembiasaan baik lainnya. Budaya ini tak hanya membentuk karakter toleransi, namun juga sikap disiplin. Pelaksanaan budaya tadarus sebaggai salah satu untuk memperkuat karakter toleransi, dapat dikatakan berhasil karena terlihat dari perilaku siswa setelah dilaksanakan budaya tadarus Al-Qur’an, beberapa siswa yang terbiasa suka berkata kotor dan kasar mengganti kata kata tersebut menjadi kata baik. Meskipun belum menghilangkan secara keseluruhan, namun sudah berkurang banyak.

 

Kata Kunci: Budaya Tadarus Al-Qur’an, Karakter Toleransi, Toleransi Berbahasa

References

Afifullah Nizary, M., & Hamami, T. (2020). Budaya Sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630
Agus Salim Syukran, A. S. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21
Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar).
Angelia, T., & Santoso, E. I. (2019). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Religi Bukit Surowiti di Kecamatan Panceng, Gresik. Jurnal Planoearth, 4(2), 102. https://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.1118
Astriya, B. R. I. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter (Character Education) Melalui Konsep Teori Thomas Lickona Di Paud Sekarwangi Wanasaba. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 227. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7634
Azizah, A. N., & Bowo Santoso, J. T. (2021). Pengaruh Kualitas Lingkungan Keluarga, Association of Peers Group, Hidden Curriculum, dan Internet Social Media Exposure Terhadap Karakter Siswa (Studi pada SMK Negeri 2 Temanggung). Business and Accounting Education Journal, 2(1), 51–67. https://doi.org/10.15294/baej.v2i1.49039
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Tadarus Al Qur’an di Masyarakat. 421, 1–7.
Damariswara, R., Wiguna, F. A., Hunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona di SDN Gayam 3. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 33–39. https://doi.org/https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi
Fatimah, S. (2019). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 53 MAKASSAR. Universitas Alauddin Makassar, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Fitriani, D., Suyati, T., & Setiawan, A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Berbicara Kasar Pada Anak Di Dusun Jatimontong Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung. 05 No.2, 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/gw.v5i2.952
Furqon, F., & Nurdyansyah, N. (2020). Principal’s Strategy in Forming Students’ Religious Character (Case Study at SD Muhammadiyah 1 Sedati, Sidoarjo). Proceedings of The ICECRS, 5, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020403
Irmawati, S. (2021). Penerapan Budaya Islami di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 281 dan 287. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/62
Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1), 52. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2630
Jumroatun, L., Burhanuddin, B., & Sobri, A. Y. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Islami Dalam Rangka Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 206–212. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p206
MAKHROMI. (2017). PENDIDIK YANG BERJIWA MENDIDIK: Upaya Mewujudkan Pendidikan Humanis Perspektif Tradidi Pendidikan Islam. 28(1), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i1.473
Mohammad Anang Syahroni. (2019). Pengaruh Program Pembiasaan Tadarus Al- Qur ’ an Terhadap Kecerdasan Emosional siswa di smp kemala bhayangkari 1 surabaya. Journal of Education Technology, 1–113.
Nugraha, S. M. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPS MELALUI PEMBELAJARAN PPKn SECARA DARING DI SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 523–539. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p523-539
Pradana, Y. (2016). PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1330
Putra, Saryadi, A. (2019). Alquran Hadits Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Mertoyudan.
Simatupang, N., & Abduh, R. (2020). Pendidikan Anti Kekerasan Bagi Masyarakat Guna Pencegahan Perilaku Kekerasan Terhadap Anak. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.30596/dll.v5i1.3290
Subawa, P., & Mahartini, K. T. (2020). KONSENTRIS PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER THOMAS LICKONA PADA SEKOLAH. Corporate Governance (Bingley), 1(2), 149–160.
Utami, R. I. P., Muslim, F. L., & Supriratna, E. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di Kampung Cihanjawar Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1 no.6(November), 879–888. https://doi.org/http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1011073&val=15323&title=MENEMUKAN%20PEMEROLEHAN%20BAHASA%20KASAR%20PADA%20ANAK%20USIA%204%20TAHUN%20DI%20KAMPUNG%20CIHANJAWAR%20PURWAKARTA
Yanuardianto, E. (2019). KONSEPSI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PERSPEKTIF THOMAS LICKONA (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral Di Indonesia). Jurnal Neliti, 12(4), 1–23.
Yanzi, H., Adha, M. M., Hidayat, O. T., & Putri, D. S. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Pengembangan IPTEK Untuk Merespon Revolusi Industri 4.0. LPPM UNILA-Institutional Repository, 216–224.
Published
2024-02-28
How to Cite
Azzahra, N. (2024). Penguatan Karakter Toleransi (Studi Implementasi Budaya Tadarus Al-Qur’an di UPT SMP Negeri 2 Gresik). DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 4(1), 32 - 43. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/58594
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0