Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Bab Manusia Tempat dan Lingkungan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

  • Khoirotul Lailiyah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan Modul Pembelajaran IPS, Pembelajaran Luar Kelas, Kelayakan Modul, Efektivitas Modul

Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPS harus menyenangkan, bermakna dan tentunya kontekstual dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS luar kelas yang layak sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara efektif. Penelitian dan pengembangan RnD dijalankan dengan model ADDIE dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Proses penelitian melibatkan subjek dan responden penelitian siswa dan guru IPS kelas VII MTs Darul Hikmah Prasung, kelayakan modul divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen S1 Pendidikan IPS Unesa. Penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Materi Manusia Tempat dan Lingkungan untuk Kelas VII di MTs Darul Hikmah Prasung, menghasilkan menghasilkan modul pembelajaran IPS luar kelas yang disusun berdasarkan langkah-langkah pengembangan ADDIE dengan hasil validasi dari dua orang validator ahli dalam bidang materi dan media berupa kevalidan denga skor sama yaitu 4,3 dengan kategori sangat layak untuk diaplikasikan kepada pembelajaran IPS. Hasil pengolahan data dengan penghitungan hasil selisih rata-rata skor pre-test dan  post- tes, penghitungan hasil ketuntasan pembelajaran, penghitungan hasil rata-rata N-gain, hasil uji normalitas dan dilanjutkna dengan hasil uji T berpasangan menunjukkan efetivitas penggunaan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Materi Manusia Tempat dan Lingkungan untuk Kelas VII. Siswa yang terdampak modul memiliki pengalaman yang unik dari pembelajaran yang biasa mereka lakukan saat hanya di dalam kelas, hal ini terlihat dalam hasil angket respon siswa yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 4,3, presentase 86% dengan kategori siswa sangat setuju pada 10 pernyataan positif terkait penggunaan modul.

References

Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, & I Made Gunamantha. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240
Eko Valentino, D. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik, 6(2), 152–173. https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.254
Faridatunnadiroh, I. (2021). Pengembangan Modul Ips Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, Dan Lingkungan Di Mts Al-Kholily Ma’Unah Sari. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Latip, A. (2016). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajran Mata Pelajaran IPS di SMP. Pendidkan Profesional, 5(2), 19–27.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
Mutiani, & Syaharuddin. (2020). Srategi Pembelajran IPS : Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. Abbas (eds.); 1st ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness Of Outdoor Learning Optimization Program In Learning Social Studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.19160
Purnama, S. (2010). Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 113–129.
Rahdiyanta, D. (n.d.). Teknik Penyusunan Modul Related papers langkah langkah pembuat an modul Harpaariht a Tarigan.
Ratnawati, E. (2013). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2(1), 274–282.
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Ruslan, & Santoso. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano, 4(2), 138–150.
Santoso, A. B., Alimah, S., & Utami, N. R. (2017). Biological Science Curriculum Study 5e Instructional Model dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemampuan Literasi Sains. Journal of Biology Education, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i2.19320
Slamet, S., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda Dengan Reward Dan Punishment Score Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sma. Infinity Journal, 3(1), 59. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.39
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230
Syaifulloh, S. H., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2016). Pemanfaatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran ips (studi kasus: sekolah alam bintaro).
Wibowo, Y. (n.d.). Bentuk-Bentuk Pembelajaran Outdoor (pp. 1–21).
Winarni, M., Anjaria, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi belajar ditinjau dari dukungan sosial orangtua pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(9), 1689–1699.
Published
2024-02-28
How to Cite
Lailiyah, K. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Bab Manusia Tempat dan Lingkungan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 4(1), 13 - 31. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/58844
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0