Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Bab Manusia Tempat dan Lingkungan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Khoirotul Lailiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58844

Keywords:

Pengembangan Modul Pembelajaran IPS, Pembelajaran Luar Kelas, Kelayakan Modul, Efektivitas Modul

Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPS harus menyenangkan, bermakna dan tentunya kontekstual dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS luar kelas yang layak sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara efektif. Penelitian dan pengembangan RnD dijalankan dengan model ADDIE dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Proses penelitian melibatkan subjek dan responden penelitian siswa dan guru IPS kelas VII MTs Darul Hikmah Prasung, kelayakan modul divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen S1 Pendidikan IPS Unesa. Penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Materi Manusia Tempat dan Lingkungan untuk Kelas VII di MTs Darul Hikmah Prasung, menghasilkan menghasilkan modul pembelajaran IPS luar kelas yang disusun berdasarkan langkah-langkah pengembangan ADDIE dengan hasil validasi dari dua orang validator ahli dalam bidang materi dan media berupa kevalidan denga skor sama yaitu 4,3 dengan kategori sangat layak untuk diaplikasikan kepada pembelajaran IPS. Hasil pengolahan data dengan penghitungan hasil selisih rata-rata skor pre-test dan  post- tes, penghitungan hasil ketuntasan pembelajaran, penghitungan hasil rata-rata N-gain, hasil uji normalitas dan dilanjutkna dengan hasil uji T berpasangan menunjukkan efetivitas penggunaan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Materi Manusia Tempat dan Lingkungan untuk Kelas VII. Siswa yang terdampak modul memiliki pengalaman yang unik dari pembelajaran yang biasa mereka lakukan saat hanya di dalam kelas, hal ini terlihat dalam hasil angket respon siswa yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 4,3, presentase 86% dengan kategori siswa sangat setuju pada 10 pernyataan positif terkait penggunaan modul.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Lailiyah, K. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Luar Kelas Bab Manusia Tempat dan Lingkungan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(1), 13–31. https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58844

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 10