Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pelajaran IPS Masa Transisi Covid-19 Di SMP Muhammadiyah 13 Kalen

Authors

  • Syeftiana Eka Fajriyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas di masa transisi pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada pelajaran IPS selama era transisi pandemi serta kendala-kendala yang dihadapi oleh peserta didik dan guru selama pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas di masa transisi pandemi efektif dengan beberapa kekurangan. Peserta didik perlu mengerjakan latihan soal tiap materi, mencatat materi yang disampaikan oleh guru, dan berkomunikasi aktif dengan guru dan orang tua. Kesimpulannya, pembelajaran tatap muka terbatas pada pelajaran IPS selama era transisi pandemi dapat memberikan hasil yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep, R. H., & Asep, P. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring(Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurna Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6, 1-9.

Al-Tabany. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA.

Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bilfaiq, & Yusuf. (2015). Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Vol. 1). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Creswell, J. W. (2014). Research Dessign : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Danim, S. (2013). Peneliyian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Deassy, M. A., & Endang , S. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1, 1-7.

Dr. Wahidmurni, M.Pd. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 . Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28-37.

Firdaus, A. M. (2016). Efektifitas pembelajran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. BETA: Jurnal Tadris Matematika, 9(1).

G P A Akhmad, & M P Dr Masriyah. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activities(MEAS) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan LInear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematikaa, 2(3), 97-102.

Hanum, F., & Yanuarita, H. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(4), 408-473.

Hasanah, R., Khaulah, S., & Husnidar. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA ANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SAMALANGA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 82-86.

Isman, M. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.

Muhammad Mastur,M.A. (2020). Upaya Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 2(3), 72-81.

Mustakim. (2020, Mei). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1-11.

Novia Nur, Maria, & suhanadji. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal , 12(1), 38-44.

Pangondian, & Roman , A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 57.

Pohan, & Albert, E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring berbasis Pendekatan Ilmiah.

Prawiradilaga. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, 1-16.

Prof. Dr. Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.

Putra, & Made. (2020). Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning. 3.

Rita , A., & Margiati. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1-12.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06(02), 214-224.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Subiyakto, B., & Akmal, H. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 1(17), 137-166.

Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.

Syarif, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syarifudin, & Albitar , S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-33.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Fajriyah, S. E. (2024). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pelajaran IPS Masa Transisi Covid-19 Di SMP Muhammadiyah 13 Kalen. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 96–104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/61106

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 37