Pengaruh Media Poster Digital Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 09 Gresik
Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Kreativitas SiswaAbstract
Perkembangan zaman pada abad ke-21 membawa banyak tantangan bagi guru dan siswa di bidang pendidikan. Penelitian ini mengkaji pentingnya inovasi pembelajaran dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Canva, untuk meningkatkan kreativitas siswa. Latar belakang penelitian meliputi terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran IPS di sekolah tersebut dan rendahnya pengetahuan IPTEK guru dan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster digital berbasis Canva terhadap kreativitas siswa di SMPN 09 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain one shot case study, di mana satu kelompok diberi perlakuan dan hasilnya diobservasi. Data dikumpulkan melalui validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respons siswa, dan penilaian unjuk kerja siswa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,159 menunjukkan bahwa media poster digital berbasis Canva memiliki pengaruh sebesar 15,9% terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS, sementara 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster digital berbasis Canva mendapat respon positif dari siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa menerima dengan baik inovasi media pembelajaran berbasis IT. Selain itu, hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media poster digital berbasis Canva memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa, sehingga media pembelajaran ini efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

