Pengaruh Pembelajaran Transformatif Berbasis Kognitif Rasional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep-Konsep Dasar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP Labschool UNESA 3
Keywords:
pembelajaran transformatif, pemahaman konsep, IPSAbstract
Permasalahan yang melatar-belakangi penelitian adalah keberlangsungan pembelajaran pada mata pelajaran IPS yang masih menggunakan metode ceramah. Hal ini berdampak pada kurangnya keterlibatan peserta didik selama pembelajaran yang menyebabkan peserta didik tidak mampu merefleksi pengetahuan yang dimilikinya. Pembelajaran IPS di SMP Labschool UNESA 3 tidak memperhatikan mengenai pentingnya peserta didik untuk menguasai kemampuan pemahaman konsep-konsep dasar IPS, sehingga peserta didik kurang optimal dalam menguasai
kemampuan tersebut. Pembelajaran transformatif berbasis kognitif rasional dirancang untuk membantu peserta
didik serta memfasilitasi agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep-konsep dasar IPS dengan mengelola berbagai informasi yang diperoleh dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran transformatif berbasis kognitif rasional dalam pembelajaran IPS terhadap kemampuan pemahaman konsep-konsep dasar IPS pada siswa kelas VIII SMP Labschool UNESA 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen desain non-equivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data primer yakni tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan penerapan Pembelajaran Transformatif Berbasis Kognitif Rasional berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep-konsep dasar IPS dengan adanya perubahan asumsi dasar, perubahan perspektif, serta perubahan perilaku yang dialami oleh peserta didik setelah memperoleh perlakuan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving yang diturunkan dari Pembelajaran Transformatif Berbasis Kognitif Rasional.
Downloads
References
Arafah, A. A., Sukriadi., Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada
pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358-366.
Basyir, M. S., Dinana, A., Devi, A. D. (2022). Kontribusi teori belajar kognitivisme David P.
Ausubel dan Robert M. Gagne dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1),
89-100.
Batulieu., Prastya, M. Y. (2023). Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS)
dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Inovasi Pendidikan,
1(2), 213-222.
Falaq, Y., Putri, N. A., Sholeh, M., Utomo, C. B. (2022). Teori Pembelajaran Transformatif Pada
Pendidikan IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 90-97.
Hardika., Aisyah, E. N., Raharjo, K. M., Aptiningsih, D. (2020). Pembelajaran transformatif: Model
pembelajaran yang memberdayakan. Malang: UM Penerbit & Percetakan.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., dkk. (2022). Penggunaan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar
Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.
Idawati., Fatimatuzzahra. (2023). Tingkat Pencapaian Konsep Merencanakan Pembelajaran
Menurut Bruner Dan David Ausubel. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(1), 8-
16.
Mahmud, S., Aningsih. (2020). Peningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Pedagogik:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 51-57.
Masgumelar, N. K., Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam
pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Mulia, S., Murni, S. (2022). Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam
Kemajuan Kognitif Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 1-11.
Mulyana, E. (2014). Model Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep IPS Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 26-33.
Nerita, S., Ananda, A., Mukhaiyar. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam
Pembelajaran. Jurnal Education and development, 11(2), 292-297.
Permata, S. A. I., Sunarno, W., Harlita, H. (2021). Studi Literatur Double Loop Problem Solving
(Dlps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP. Inkuiri: Jurnal
Pendidikan Ipa, 10(2), 108-116.
Rosardi, R. G., Zuchdi, D. (2014). Keefektifan Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan
Masalah untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian dan Kepedulian Siswa. Harmoni Sosial:
Jurnal Pendidikan IPS, 1(2).
Rosmilawati, I. (2017). Konsep Pengalaman Belajar Dalam Perspektif Transformatif: Antara
Mezirow dan Freire. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Safitri, J. A., Zen, D., Nazip, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem
Solving (DLPS) Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik pada Materi
Keanekaragaman Hayati. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 41-47.
Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, S., & Sidik, R. S. R. 2022. Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau
Dari Kecerdasan Matematis Logis. Numeracy, 9(2), 78-92.
Suryani, E., Purwanti, K. Y. (2018). Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa
Sekolah Dasar. In Seminar Nasional & Workshop Hardiknas FKIP UKSW.
Zibrullah, M., Jayanti., Firdaus, M. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPS
Materi Keragaman Suku Bangsa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 9(1), 153-
161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Niswatul Musthofiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

