Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dimoderasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Memahami Konsep-Konsep Dasar IPS Kelas VIII Di SMP Labschool UNESA 3

Authors

  • Nadia Yuni Arridha Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pemahaman konsep, konsep dasar IPS, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dimoderasi gaya belajar terhadap kemampuan peserta didik memahami konsep-konsep dasar IPS kelas VIII di SMP Labschool UNESA 3. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Labschool UNESA 3 dengan pengambilan sampel peserta didik kelas VIII-A sebagi kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon peserta didik dan hasil test peserta didik. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil indeks N-Gain, uji-t, serta regresi linier sederhana. Hasl uji hopotesis menggunakan regresi linier sederhana mendapatkan kesimpulan bahwa pemahaman konsep dasar IPS peserta didik di kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran berdiferensiasi dimoderasi gaya belajar lebih baik dibandingkan pemahaman konsep dasar IPS pada peserta didik di kelas eksperimen. Selain itu, pembelajaran berdiferensiasi dimoderasi gaya belajar secara signifikan berpengaruh terhadap pemahaman konsep dasar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Arridha, N. Y. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dimoderasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Memahami Konsep-Konsep Dasar IPS Kelas VIII Di SMP Labschool UNESA 3. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 137–150. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/62806

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 82 , PDF Downloads: 74