Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Penguatan Keterampilan Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sidoarjo

Authors

  • Durrotul Annisa Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kata Kunci: Media Permainan Ular Tangga, Keterampilan Sosial, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh media permainan ular tangga terhadap penguatan keterampilan sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Sidoarjo dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif  Pre-Eksperimental Design dengan desain One-Case Shot Study. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket/kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-J dengan jumlah 32 peserta didik sebagai kelas yang diberikan perlakuan. Teknik analisis statistik terdiri dari uji normalitas, reliabilitas, linieritas dan uji hipotesisnya menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana nilai thitung > t tabel (4,848 > 1,697) dengan nilai Sig. < dari 0,05 (0,00 < 0,05). Kemudian, pengaruh variabel X dan Y bersifat positif yang artinya searah atau berarti sama-sama naik dengan besaran pengaruh sebesar 43,9%. Menurut pengujian. H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara media permainan ular tangga terhadap penguatan keterampilan sosial peserta didik di kelas IX-J SMP Negeri 1 Sidoarjo dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan keterampilan sosial peserta didik

Kata Kunci: Media Permainan Ular Tangga, Keterampilan Sosial, Mata Pelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Annisa, D. (2024). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Penguatan Keterampilan Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 187–197. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/62865

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 105 , PDF Downloads: 60