Pengaruh Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IX SMP Labschool Unesa 1

Authors

  • Muhammad’ Alim Maulana Azhari Pendidikan IPS, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Multiliterasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Bagi siswa kelas IX SMP Labschool Unesa 1, penggunaan pembelajaran multiliterasi secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Labschool Unesa 1 kelas IX. Dalam penelitian ini digunakan metode sampel non-acak yang disebut dengan purposive sampling. Kelas kontrol dan kelas eksperimen menjadi sampel penelitian. Tes hasil belajar dan jawaban angket digunakan sebagai strategi pengumpulan data dalam penelitian ini. Pengujian validitas dan reliabilitas soal tes hasil belajar dan instrumen angket jawaban merupakan langkah awal dalam proses analisis data. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dan uji hipotesis. Hipotesis alternatif (Ha) diterima karena analisis Paired Sample T Test terhadap data pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Terlihat bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Labschool Unesa 1 dipengaruhi oleh pembelajaran multiliterasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Azhari, M. A. M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IX SMP Labschool Unesa 1. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 114–136. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/63004

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 63