Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk, Motivasi Belajar dan Kemampuan KerjasamaAbstract
Pemilihan role model pembelajaran kooperatif gallery walk digunakan dalam memberikan materi serta menyampaikan informasi secara luas. Tujuan dari penelitihan ini agar dapat menemukan adanya peningkatan peserta didik dari segi motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam bekerja sama pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif gallery walk. Penelitihan ini menggunakan metode penelitihan kuantitatif desain kuasi eksperimen. Penelitihan ini memiliki dua kelompok atau kelas eksperimen dan kelompok atau kelas kontrol. Terdapat peningkatan terhadap motivasi belajar peserta didik dari hasil uji hipotesis dengan Nilai Sig.(2 tailed)sebesar 0,000. Terdapat peningkatkan terhadap kemampuan Kerjasama peserta didik dari hasil uji hipotesis dengan Nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Selain itu dapat dilihat berdasarkan selisih nilai rata-rata motivasi belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki peningkatan lebih tinggi terhadap motivasi belajar dan kelas kontrol memiliki peningkatan lebih rendah terhadap motivasi belajar. Sedangkan untuk kemampuan kerjasama di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup tinggi dengan melihat selisih nilai rata-rata dan kelas kontrol mengalami peningkatan yang cukup rendah terhadap kemampuan kerjasama berdasarkan selisih nilai rata-rata. Berdasarkan hasil data yang digunakan dapat disimpulkan jika terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif gallery walk dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk, Motivasi Belajar dan Kemampuan Kerjasama
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Indah Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

