Integrasi Sosial Pasca Perubahan Homogenitas Masyarakat Kampung Kristen Sebagai Sumber Belajar IPS

Authors

  • Dwi Ernawati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Integrasi Sosial, Bongsorejo, Sumber Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terbentuknya integrasi sosial setelah terjadi perubahan homogenitas pada masyarakat di Dusun Bongsorejo yang semula seluruh penduduknya beragama Kristen berubah menjadi Islam dan Kristen setelah penduduk Islam bermukim di Dusun Bongsorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya integrasi sosial di Dusun Bongsorejo setelah terjadi perubahan homogenitas masyarakat di Dusun Kristen Bongsorejo dan bertujuan untuk menganalisis relevansi temuan lapangan sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jika proses terjadinya integrasi sosial antara warga muslim dan Nasrani di Dusun Bongsorejo didorong adanya nilai kasih dan nilai toleransi sebagai konsensus sehingga membentuk kesadaran kolektif yang tercermin dalam berbagai bentuk adaptasi dan kegiatan multikultural. Masyarakat Bongsorejo termasuk dalam masyarakat paguyuban dengan solidaritas yang terbentuk di Dusun Bongsorejo tergolong solidaritas mekanik yang mendorong tingginya tingkat integrasi sosial. Relevansi terjadinya proses integrasi sosial di Dusun Kristen Bongsorejo memiliki relevansi sebagai sumber belajar IPS terkait materi nilai dan norma kelas VII, materi integrasi sosial dan mobilitas penduduk kelas VIII, materi perubahan sosial kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifa, I. D., & Sari, M. M. (2019). Proses Integrasi Sosial Masyarakat Multietnik di Desa Sumbertanggul Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Kewarganegaraan, 1346-1360.

Afryanti, F., Patampang, S. S., & Jennah, M. A. (2021). Lingkungan Sosial sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS di MTSN 2 Tolitoli. Jurnal Katalogis, 9(2), 121-129.

Aminah, S. (2023). Interaksi Sosial antara Masyarakat Pendatang dengan Masyarakat Lokal (Studi Kasus pad Masyarakat Keluarahan Alam Jaya Jatiuwung Tangerang). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 17-22.

Anjani, S. Y., & Maimunah, B. (2022). Perubahan Sosial Serta Upaya Menjaga Kesinambungan Masyarakat. Jurnal Pendidikan IPS, 49-56.

Arga, H. S., Rahayu, G. D., Altaftazani, D. H., & Pratama, D. F. (2019). Sumber Belajar IPS berbasis Lingkungan. Sumedang Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Arif, A. M. (2020). Prespektif Teori Sosial Emile Durkheim dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1-14.

Engkizar, Kaputra, S., Mutathahirin, Syafril, S., Arifin, Z., & kamaluddin, M. (2022). Model Pencegahan Konflik Antar Umat Beragama Berbasis Kegiatan Masyarakat. Jurnal Harmoni, 110-129.

Hanifah, U. (2019). Transformasi Sosial Masyarakat Samin di Bojonegoro (Analisis Perubahan Sosial dalam Pembagian Kerja dan Solidaritas Sosial Emile Durkheim). Jurnal Sosiologi Agama, 41-74.

Liata, N., & Fazal, K. (2021). Multikultural dalam Perspektif Sosiologis. Jurnal Studi Agama-Agama, 188-201.

Mashuri, S. (2020). Integrasi Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Pasca Konflik (Studi Multisitus di SMKN 1 dan SMAN 3 Poso Sulawesi Tengah). Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 2430264.

Maulidia, H. (2019). Relasi Agama dan Masyarakat dalam Prespektif Emile Durkheim dan Karl Marx. Jurnal Sosiologi USK, 183-200.

Murdiana, E., Sudiono, T., & Putri, D. E. (2021). Kesadaran Hukum Masyarakat Baduy Banten Pada Pikukuh Adat, Dan Moderasi Hukum. Jurnal Hukum, 1-18.

Nawing, K., Alanur, S. N., Jennah, M. A., Kulyawan, R., & Umiyati, T. (2023). Penguatan Integrasi Sosial Berbasis Kearifan Lokal Lintas Budaya pada Masyarakat Multikultur di Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 7-16.

Nawing, K., Jennah, M. A., & Kulyawan, R. (2022). Transformasi Sosial Nilai-Nilai Multikulturalisme Masyarakat Majemuk Wilayah pedesaan di Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial humaniora, 45-54.

Nofrianti, Y., Syamsir, Amanda, N., Salsabila, T., Alghiffari, H., Yudanur, R. M., & Syahputra, M. A. (2024). Konflik dan Integrasi Sosial dalam Masyarakat Multikultural di Indonesia: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 161-171.

Pangkey, M. P. (2020). Kerukunan Umat Beragama di Desa Mopuya: Kajian Teologi Kerukunan Islam, Kristen, dan Hindu. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 151-163.

Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 810-815.

Putra, A., Darmawan, A. S., Putri, V. A., Prastiyo, E. B., & Husni, A. (2024). Solidaritas Sosial Antar Pedagang Kaki Lima di Taman Batu 10 Kota Tanjungpinang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 138-148.

Putra, M. A., Handy, M. R., Subiyakto, B., Rusmaniah, & Norhayati. (2022). Identifikasi Nilai Budaya Masyarakat Sungai Jelai Basirih Selatan sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 31-41.

Ramadani, R., Putri, D. A., Harnum, S. S., & Siregar, R. W. (2024). Pemahaman terhadap Diskriminasi Agama dan Sosial di Indonesia. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1), 465-477.

Rofiq, N., Rafiq, A., & Wardani, M. A. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Jurnal Dirasah, 98-105.

Romadhon, D. N. (2019). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama sebagai Eksistensi Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Istoria, 3(2), 94-99.

Saleh, A. (2021). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Pedesaan Pasca Revolusi Hijau. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 793.

Sigit, K. A., & Hasani, I. (2020). Intoleransi Semasa Pandemi Kondisi Kebebasan Beragama/Keyakinan di Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Sitohang, H. (2024). Dana Desa dan Perubahan Sosial di Desa (Studi Kasus Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan). Berajah JournalJurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 711-717.

Tanjung, Y., Nasution, M. I., Lubis, H. S., Hasadungan, A. N., & Nababan, S. A. (2022). Integrasi Isu-Isu Sosial Kekinian dalam Pembelajaran IPS: Sebuah Analisis Relevansi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(2), 145-154.

Taufik, A. (2019). Agama dalam Kehidupan Individu. Jurnal Edification, 1(1), 57-67.

Tular, N. I., & Manik, J. S. (2022). Pendidikan Perdamaian bagi Remaja: Upaya Pencegahan Terjadinya Konflik antar Umat Beragama. Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika,

Turaya, & Idhar. (2023). Peran Lembaga Keagamaan dalam Sosialisasikan Dampak Pernikahan Anak di Bawah Umur di Bima. Jemari : Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri Bima, 20-36.

Umikalsum, A., & Fauzan. (2019). Integrasi Sosial Dalam Membangun Keharmonisan Masyarakat. Jurnal Jawi, 2(1), 65-86.

Wahyuni, A., Hadi, N., & Perguna, L. A. (2023). Segitiga Konflik Kelompok Desa Migran Produktif (Desmigratif) di Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 33-50.

Yoedtadi, M. G., & Salman, D. (2023). Habitus Jurnalisme Keberagaman dan Kearifan Lokal Masyarakat Kupang. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 117-126.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Ernawati, D. (2024). Integrasi Sosial Pasca Perubahan Homogenitas Masyarakat Kampung Kristen Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 198–210. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/63672

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 107 , PDF Downloads: 117