Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Aplikasi Mabar IPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII

Authors

  • Tarisa Nurafida Sari Universitas negeri Surabaya

Keywords:

motivasi belajar, media belajar digital, aplikasi Mabar IPS.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Labschool Unesa 1, yang mengakibatkan hasil belajar belum memenuhi standar minimal. Tantangan guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik di era digital menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh aplikasi pembelajaran digital Mabar IPS terhadap motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen pretest-posttest kelompok tunggal, penelitian ini mengukur motivasi siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, di mana rata-rata motivasi siswa naik dari 67,2 menjadi 90,7. Temuan ini membuktikan bahwa aplikasi Mabar IPS efektif meningkatkan keterlibatan dan semangat siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa di tingkat SMP, menjadikan Aplikasi Mabar IPS sebagai solusi inovatif untuk pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan perkembangan era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Ainu Syafira. 2023. "Pengaruh Penggunaan Peta Digital ArcGIS Sebagai Media Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik." Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 3 (1): 91-100.

Asnawati Yuyun. 2023. "Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." JIE: Journal of Islamic Education, 9 (1): 64-72.

Bella Lutfi. 2020. "Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Gerak Dasar Shooting Bola Basket." Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1), 72-82.

Dian Andesta Bujuri, M. S. 2023. "Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media TikTok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: 112-127.

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Kemp, J. E., dan Dayton, D. K. 1998. Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Mahwar Alfan Nisa, R. S. 2022. "Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar." JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia): 140-147.

Muhammad Irfan, S. N. 2019. "Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar." Jurnal Publikasi Pendidikan: 262-272.

Nurdin, Syafruddin, dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Pane, A., dan Dasopang, M. D. 2017. "Belajar dan Pembelajaran." Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sari, T. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Aplikasi Mabar IPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(4), 78–90. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/64699

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 224 , PDF Downloads: 121