Pengaruh Assessment as Learning Berbasis Project untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Presentasi Pada Pembelajaran IPS
Keywords:
Assessment as Learning, Project, dan Komunikasi PresentasiAbstract
Pembelajaran IPS menggunakan metode penilaian Assessment as Learning (AaL) berbasis project dalam meningkatkan keterampilan komunikasi presentasi di SMP Wijaya Putra Surabaya memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Assessment as Learning berbasis project setelah diterapkan didalam kelas pada pembelajaran IPS dan mengetahui pengaruh terhadap Assessment as Learning berbasis project untuk meningkatkan keterampilan komunikasi presentasi. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan jenis kuantitatif yang diukur melalui penilaian akhir siswa pada saat presentasi berlangsung. populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Wijaya Putra Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas VIIB dan VIIC objeknya dengan jumlah sampel 61 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memanfaatkan tes presentasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket respon, nilai keterampilan produk siswa dan nilai keterampilan komunikasi presentasi siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas (Kolmogorov-smirnov), uji homogenitas (levene t-test) dan uji beda Independent sample t-test. Proses pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan Assessment as Learning berbasis project keterampilan siswa dalam aspek presentasi komunikasinya menjadi meningkat karena siswa diberikan dorongan tentang pentingnya memahami beberapa indikator apa saja yang seharuhnya dimiliki pada saat melangsungkan presentasi berdasarkan indikator-indikator capaian yang tersedia pada rubrik penilaian presentasi komunikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada metode penilaian Assessment as Learning berbasis project untuk meningkatkan keterampilan komunikasi presentasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Wijaya Putra Surabaya.
Downloads
References
Adinda, A. H. Et Al., 2021. Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report of Biological Education, 2(1), Pp. 1-10.
Agustina, R., Rustini, T. & Wahyuningsih, Y., 2022. Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Muatan Pembelajaran IPS Di Kelas 5: Ditinjau Dari Kompetensi Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IX(2), Pp. 1-14.
Alfian, F. & Sari, W. P., 2022. Pola Komunikasi Kelompok Virtual dalam Game PUBG Mobile (Studi Kasus Tim Redlineze E-Sport). Koneksi, 6(1), Pp. 29-35.
Alfi, C. & Wibangga, D. S., 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Malang. JP : Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 7(4), Pp. 768-776.
Almaghfiroh, E., Nasution, N., Marzuqi, M. I. & Prasetya, S. P., 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2).
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B. & Ruqoyyah, S., 2020. Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid 19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2), Pp. 185-191.
Amanda, N. G., Biru, L. T. & Suryani, D. I., 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learningterhadap Keterampilan Proses Sains. Pendipa : Journal Of Science Education, Pp. 168-177.
Anisah, G., 2021. Kerangka Konsep Assessment of Learning, Assessment for Learning, dan Assessment as Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 3(2), Pp. 65-76.
Arafah, A. A., Sukriadi & Samsuddin, A. F., 2023. Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), Pp. 358-366.
Ardelia , N. & Juanengsih, N., 2021. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri Kota Tangerang Selatan. JIPB : Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), Pp. 1-11.
Arsitha, D. R., Setyawan, K. G., Larasati, D. A. & Prastiyono, H., 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2).
Astri, E. K., Siburian, J. & Hariyadi, B., 2022. Pengaruh Model Project Based Learningterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berkomunikasi Peserta Didik. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), Pp. 51-59.
Avianty, D. & Tobing, S. M., 2022. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan “4C” Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi Dan Sosial Budaya, Pp. 78-84.
Ayuningsih, F. Et Al., 2022. Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PJBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), Pp. 8157-8187.
Azzahra, G. F., Asbari, M. & Ariani, A. S., 2023. Pendidikan Multikultural: Menuju Kesatuan Melalui Keanekaragaman. JISMA : Journal of Information System and Management, 2(6), Pp. 1-7.
Azzahra, U., Arsih, F. & Alberida, H., 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Basedlearning (Pjbl) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi:Literature Review. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 3(1), Pp. 49-60.
Budiono, A. N. & Hatip, M., 2023. Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma, 8(1).
Diani, A. A. & S., 2022. Peran Guru Dalam Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Pp. 4351-4359.
Edison, E., Kurniawan, U. T. & T, R., 2023. Tingkat Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), Pp. 1101-1109.
Efriyana, T. & Marpaung, M. P., 2023. Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi, Kreativitas Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDST. PRS Jakarta Utara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), Pp. 8968-8981.
Elisa, C. E., 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Pada Materi Pemisahan Campuran Di Smp. JPPK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), Pp. 1-9.
Faslia, Aswat, H. & Aminu, N., 2023. Pelibatan Model Projek Based Learning Pada Pembelajaran Ilmupengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), Pp. 3895-3904.
Febriani, M., 2021. Ips dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), Pp. 61-66.
Firdayani, C. U., Sunaryo, H. & Rosalia, L. A., 2023. Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan Media Aplikasi Comica Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Pp. 2141-2153.
Fitriah, P. I., Yulianto, B. & Asmarani, R., 2020. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research , 4(4), Pp. 546-555.
Fitriyah, A. & Ramadani, S. D., 2021. Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. JIP : Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), Pp. 209-226.
Fitriyah, A. & Ramadani, S. D., 2021. Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. JIP : Jurnal Inspiratif Pendidikan, X(1), Pp. 209-226.
Hanifah, F., P. & Zulfikar, M. F., 2024. Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa Sma. JURNAL PENEROKA : Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4 (1), Pp. 18-30.
Hasanudin, C. Et Al., 2022. Pendampingan Siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro Dalam Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Project-Based Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), Pp. 133-139.
Hayati, R. & H., 2022. Studi Kepustakaan: Keterkaitan Kemampuan Komunikasi Matematis Model Problem Based Learning dan Teori Konstruktivisme. Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14(3), Pp. 179-185.
Hayati, S., Wardhani, D. & Sugiharjo, J., 2017. Pembekalan “Kompetensi Komunikasi: Knowledge, Motivation, And Skills” dalam Berkomunikasi Bagi Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah Pada Sma Di Jakarta Barat. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 3(1), Pp. 1-8.
Hidayat, S. & Puspitasari, D. R., 2022. Penerapan Model Pembelajran Project Based Learning(Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Innovation In Primary Education, 1(2), Pp. 181-188.
H., U. & Raihan, S., 2020. Pendekatan Heutagogi Dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), Pp. 152-159.
Ilham, M. F., Arbaiyah & Tiodora, L., 2023. Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Multilingual : Journal Of Universal Studies, 3(3), Pp. 380-391.
Jauhar, S., Sudirman, S. & Nur, N., 2022. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 1(3), Pp. 371-378.
Jaya, S., 2021. Strategi Membangun Komunikasi Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pionir : Jurnal Pendidikan, 10(2), Pp. 20-36.
Khoiri, N. & Putri, I. T. M., 2020. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Pati. JP2F : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Pp. 173-178.
Krishnan, P., 2019. A Review Of The Non-Equivalent Control Group Post-Test-Only Design. National Library Of Medicine, 26(2), Pp. 37-40.
Libyanita, E. S. & Fadil, C., 2023. Implementasi Pembelajaran Literasi Finansial Dalam Muatan Ekonomi Padamata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasarnegeri Wonocolo 1 Taman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), Pp. 270-280.
Lubis, M. J. K., Pangaribuan, F. & Tambunan, H., 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa. Journal On Education, 6(2).
Lubis, M. J. K., Pangaribuan, F. & Tambunan, H., 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Project Basedlearningterhadapkemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal On Education, 6(2), Pp. 14842-14850.
Lucas, G., 2005. Instructional Module Project Based Learning. Edutopia.
Mahadi, U., 2021. Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS : Journal Of Public Policy And Administration Silampri, 2(2), Pp. 80-90.
Masni, E. D., Ralmugiz, U. & Rukman, N. K., 2020. Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistik Mahasiswa Melalui Pembelajaan Statistik Inferensial Berbasis Proyek Dengan Meninjau Gaya Kognitif Mahasiswa. PEDAGOGY : Jurnal Pendidikan Matematika, Pp. 12-26.
Maulida, U., 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. TARBAWI : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), Pp. 130-138.
Melinda, V. & Zainil, M., 2020. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), Pp. 1526-1539.
Melindayani, S., 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Telkom Makassar. JH : Jurnal Handayani, Pp. 1-13.
Minalisa, M., F. & R., 2019. The Development Of Performance Assessment Of Inquiry-Based Learning (IBL) To Improve Student’s Science Process Skill Of Class XI Senior High School 1 Bayang. Journal Of Physics: Conference, Pp. 1-10.
Mulyasa,M.Pd., P. D. E., 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Cetakan Pertama Ed. Jakarta Timur: Sinar Grafika Offset.
Nahlati, N., Widodo, S. A. & I., 2023. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacypada Model Pembelajaran SQ4R Dengan Project Assessment. JIPM: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(2), Pp. 134-144.
N. D. O. E., 2009. Project Based Learning: Inspiring Middle School Student To Engage In Deep And Active Learning. New York : Division Of Teaching And Learning Office.
Novitasary, R. R., 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), Pp. 100-113.
Novitasary, R. R., 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. JIPB : Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), Pp. 100-113.
Nurhaifa, I., Hamdu, G. & Suryana, Y., 2020. Rubrik Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Stem Berbasis Keterampilan 4c. IJPE : Indonesian Journal Of Primary Education, 4(1).
Nurhayati, S. & Rochimiyati, S., 2023. Meningkatkan Kreativitas Menulis Paragraf Deskriptif Menggunakan Pjbl Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdn Cangkringan 1. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Pp. 4930-4939.
Nurkamto, J. & Sarosa, T., 2020. Assesment For Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah. TEKNODIKA, 18(1), Pp. 63-70.
Parapat, N. H., 2020. Simbol Komunikasi Dan Emosi. INSANI, 7(1), Pp. 9-17.
Pellegrino, J. L. Et Al., 2020. 2020 American Heart Association And American Red Cross Focused Update For First Aid. Researchgate, Pp. 1-17.
Permendikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Standar Penilaian Pendidikan, 6 Juni.
Pohan, D. D. & Fitria, U. S., 2021. Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 2(3), Pp. 29-37.
Prasetyaningrum, G., Nurmayanti, F. & Azahra, F., 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etika Sistem Informasi: Moral, Isu Sosial Dan Etika Masyarakat (Literature Review Sim). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), Pp. 520-529.
Prasetyo, A., Hazmin, G., Muchran, M. & Nugroho, G. S., 2023. Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Di Depan Umum. Internasional Journal Of Community Service Learning, 7(2), Pp. 193-198.
Prawisanthi, N. W. T. A., Dewi, N. L. P. E. S., Paramartha, A. A. G. & Wahyuni, L. G. E., 2021. The Implementation Of English Teachers’ Authentic Assessment In Junior High Schools. International Journal Of Language And Literature, 5(4), Pp. 212-226.
Prihantoro, A., 2021. Tiga Paradigma Evaluasi Pendidikan: Sebuah Peta Perkembangan. AOEJ: Academy Of Education Journal, 12(1), Pp. 22-38.
Purnamasari, A. & Afriansyah, E. A., 2021. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Topik Penyajian Data Di Pondok Pesantren. PLUSMINUS : Junal Pendidikan Matematika, Pp. 207-222.
Purwadi, I. M. A., 2020. Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dari Teman Sejawat Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), Pp. 63-72.
Putri, A. J., A. & Kurniawan, A. R., 2020. Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. JRPD : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), Pp. 154-161.
Ramadhina, K., Hidayat, O. S. & Soleh, D. A., 2024. Pengaruh Model Flipped Classroomtipe Peer Instructionterhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 8(1), Pp. 778-788.
Renggana, N. P. & Samsudin, A., 2023. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(1), Pp. 72-79.
Retnowati, E., Nugraheni, N. & Azizah, L. N., 2023. Penerapan Model PJBL Berbantuan Lapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Bendan Ngisor. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), Pp. 613-619.
Riyantie, M. & Romli, R., 2021. Pengalaman Komunikasi Penyintas Covid-19 Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Penyintas Covid-19. Komunikata 57 : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(1), Pp. 18-23.
Rosnaeni, 2021. Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), Pp. 4334-4339.
Ruddin, R. H., 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 7 Makassar. Jurnal Media TIK, 7(3), Pp. 41-47.
Ruqoyyah, S., Arga, H. S. P., Kelana, J. B. & Altaftazani, D. H., 2020. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Barang Bekas Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), Pp. 126-133.
Sapriya, 2009. Pendidikan IPS : Konsep Dan Pembelajaran / Sapriya ; Editor, Daris Effendi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saputra, G. M. R. S. & Widiana, I. W., 2021. Penilaian Portofolio Pembelajaran IPS Berwawasan Kebangsaan Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Patriotisme. Indonesian Journal Of Instruction, 2(1), Pp. 11-21.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U. & Handoko, S., 2019. Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JP2EA : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), Pp. 119-131.
Schildkamp, K. Et Al., 2020. Formative Assessment: A Systematic Review Of Critical Teacher Prerequisites For Classroom Practice. International Journal of Educational Research, Pp. 1-16.
Segara, N. B. & Hermansyah, 2019. Online Peer Assessment Untuk Mengembangkan Keterampilan Presentasi Oral Diskusi Kelompok Kecil Pada Pembelajaran IPS. JPIS : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), Pp. 139-151.
Segara, N. B., Utami, W. S. & Marzuqi, M. I., 2022. Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran IPS. S.L.:Penerbit Lakeisha.
Segara, N. B., Yana, E. & Febianti, Y. N., 2018. Developing an Oral Presentation Assessment for The Teacher Education Student Programs. International Educational Research, 1(1), Pp. 43-50.
Shute, V. J. & Beckers, B. J., 2010. Innovative Assessment For The 21st Century. S.L.:S.N.
Sihombing, J. T., Ratmaningsih, N. & Supriadi, A., 2024. Project Based Learning Berorientasi Education For Sustainable Development: Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(4), Pp. 4893-4902.
Sriyanto, B., 2021. Meningkatkan Keterampilan 4c Dengan Literasi Digital Di Smp Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), Pp. 125-142.
Stefani, P. & Setyaningrum, V., 2024. Pengaruh Penerapan Model Challenge Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Bunyi Dan Sifatnya Kelas V Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), Pp. 604-615.
Suardipa, P., 2020. Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), Pp. 88-100.
Subehi, R. & Sriyanto, S., 2021. Implementasi Assessment of, for, dan as Learning Dalam Pembelajaran Daring Pai Di Smpn 8 Purwokerto. Alhamra : Jurnal Studi Islam, 2(2).
Suci, D. W. & T., 2020. Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah Di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 4(2), Pp. 505-512.
Sumardeni, N. N. W., Astawa, I. B. M. & Maryati, T., 2023. Pengaruh Task-Based Learning Model Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(1), Pp. 80-92.
Sun, H., Burton, H. V. & Huang, H., 2021. Machine Learning Applications For Building Structural Design And Performance Assessment: State-Of-The-Art Review. Journal Of Building Engineering, Volume 33.
Suprijono, A., 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U. & Saputra, A. I., 2022. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Kubu Raya. JAPENDI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), Pp. 376-387.
Suwandayani, B. I., Kuncahyono & Anggraini, A. E., 2021. Pola Implementasi Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia, 5(2), Pp. 608-618.
Tamama, I. H., Larasati, D. A., Marzuqi, M. I. & Segara, N. B., 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS Sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 31 Gresik. Dialektika Pendidikan IPS, 3(4), Pp. 51-62.
Thomas, J. W., 2000. A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation, Pp. 1-48.
Tinenti, Y. R., 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. ISBN: 978-602-475-612-3 Ed. S.L.:Deepublish (CV Budi Utama).
Towaf, S. M., 2014. Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Triansyah, F. A. & Muhammad, I., 2023. Tinjauan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), Pp. 34-46.
Utami, N. B., Kristin, F. & Anugeraheni, I., 2019. Application of Problem Based Learning Learning Models to Improve Mathematical Learning Results And Critical Students. Jurnal UIN Ar-Raniry, Pp. 1-12.
Whisnubrata, A. A. A. A., Dimara, J., Nabila, A. R. & Saboan, S., 2024. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Antonius Nabire. Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(2), Pp. 206-216.
Widodo, A. Et Al., 2020. Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), Pp. 186-198.
Yamasari, Y., 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979(1).
Yangsoon, K., 2021. The Problem/Project-Based Learning (PBL/Pjbl) At Online Classes. International Journal Of Advanced Culture Technology, 9(1), Pp. 162-167.
Yanto, D. T. P. Et Al., 2022. Electric Drive Training Kit Sebagai Produk Inovasi Media Pembelajaran Praktikum Mahasiswa Pendidikan Vokasi: Analisis Uji Praktikalitas. JINOP : Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1).
Yan, Z. & Boud, D., 2021. Conceptualising Assessment-as-Learning. Researchgate, Pp. 9-24.
Z. & Sahana, W., 2021. Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 2(1), Pp. 25-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rachelia Putri Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 Abstract views: 236
                                                        ,
  Abstract views: 236
                                                        , PDF Downloads: 120
 PDF Downloads: 120
                                
 
						
