Makna Perilaku Sosial Pengguna Instagram Story Mahasiswa FISIPOL UNESA: Fenomenologi dengan Konteks Self-Disclosure
Keywords:
Instagram story, Self-Disclosure, MahasiswaAbstract
Penggunaan Media Sosial Instagram dalam fiture Instagram story saat ini tidak jauh dengan namanya self-disclosure. Pengungkapan diri (self-discolosure) seringkali membuat pencitraan diri yang menunjukan sisi positif dari pengguna akun instagram tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna Instagram Story mahasiswa FISIPOL UNESA sebagai pengguna instagram dan bagaimana mahasiswa berperilaku di Instagram Story bedasarkan makna yang dipahaminya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengamatan akun instagram milik mahasiswa FISIPOL UNESA ditemukan bahwa platform ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka. Instagram Story tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, membangun identitas digital, dan berinteraksi secara sosial. Fleksibilitas fitur-fitur yang ditawarkan memungkinkan mahasiswa untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari berbagi pengalaman pribadi hingga mengikuti tren yang sedang populer. Penelitian ini menyoroti betapa kompleks dan multifasetnya penggunaan Instagram Story oleh mahasiswa. Platform ini tidak hanya mencerminkan perkembangan teknologi, tetapi juga mencerminkan perubahan sosial dan budaya yang terjadi di kalangan generasi muda. Sebagai rekomendasi, penelitian ini menyarankan agar mahasiswa lebih bijak dalam menggunakan fitur Instagram Story dengan mempertimbangkan dampak terhadap citra diri dan interaksi sosial mereka. Selain itu, pengembangan literasi digital di kalangan mahasiswa perlu ditingkatkan untuk mendorong penggunaan media sosial yang lebih positif dan bertanggung jawab.
Downloads
References
A., H., Ashari, S. A., Bau, R. T., & Suhada, S. (2023). Eksplorasi Intensitas Penggunaan Sosial Media (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Teknik Informatika UNG). INVERTED: Journal of Information Technology Education, 3(2), 168-175.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, o., & Merliyana, J. S. (2022). Metode Penetilian Kualitatif Studi Pustaka. Vol. 6 – No. 1.
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume : Instrumen Pengumpulan Data.
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fiture Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran keda Di Kota Palu. Jurnal Kinestik, 9(2), 176-182.
Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044-3052.
Astini, N. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Ayub, M., Nuryana, E., & Herdi, H. (2022). Peran Konselor Profesional Dalam MemanfaatkanTeknologi Informasi Dan Komunikasi Abad 21. JPDK : JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 4(2), 53-62.
Azis, M. R. (2021). Fenomena Self-Disclosure Dalam Penggunaan Instagram. Vol. 3 No.1 31Januari 2021.
Dalimunte, H. A., & Sihombing, D. M. (2020). Hubungan Penerimaan Diri dengan Kecenderungan Narsistik pada Mahasiswa Pengguna Instagram di Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(3), 697-703.
Febrianthi, A. N., & Supriyadi. (2020). Apakah Perbandiangan Sosial dalam Menggunakan Instagram.
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) sebagai Media Penyajian Kreasi Seni dalam Pembelajaran. JPKS : Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 6(1), 32-44.
Habil, M., Budiman, D. A., & Makhrian, A. (2023). Instagram Stories sebagai media pengungkapan diri mahasiswa ilmu komunikasi UNIB (Kajian pengguna Instagram Stories pada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu). Jurnal Kaganga, 7(1), 69-82.
Haimbash, N., Rifanyanti, R., & Putri, E. T. (2021). Kebahagiaan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap. Jurnal Imiah Psikologi, 384.
Hakim, R. M., & Fatoni, A. (2020). PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INTERAKSI ANTARSOSIAL TERHADAP PERILAKU IMITASI REMAJA PUTRI (Studi Kasus Video Clip Blackpink-Ddu Du Ddu Du). Jurnal SCRIPTURA, 15-23.
Hanindharputri, M. A., & Putra, I. A. (2022). Perancangan Stiker Animasi GIF pada Instagram Story Berbasis Teknik Frame by Frame. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 8(1), 163-169.
Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa. EDUCATIVO : JURNAL PENDIDIKAN, 271-277.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 21-46.
Holroyd, C. (2022). Technological innovation and building a ‘super smart’ society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 15(1), 18-31.
Jacqueline, G. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui. Jurnal studi komunikasi, 272 - 286.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi COVID-19. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), 24(2), 187-200.
Johana, K., Lestari, F. D., & Fauziah, D. N. (2020). Penggunaan fitur Instagram Story sebagai media self-disclosure. JIMT, 280-289.
Kadiasti, R., & Mukaromah. (2022). Pendekatan AISAS dalam Post Instagram Carousel sebagai Strategi Promosi pada Museum Ranggawarsita. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 79-89.
Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram@greenarationidsebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Journal Riset Public Relations, 1(2), 120-129.
Khairuni, N. (2016). Dampak Posistif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendididkan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, 105.
Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z . Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi, 9(2), 323-336.
Kreling, R., Meirer, A., & Reinecke, L. (2022). Feeling Authentic on Social Media: Subjective Authenticity Across Instagram Stories and Posts. Sage Journals, 8(1).
Kristanti, S. A., & Eva, N. (2022). Self-esteemdan Self-disclosureGenerasi Z Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 10-20.
Kristanti, S. A., & Eva, N. (2022). Self-esteemdan Self-disclosureGenerasi Z Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 10-20.
Lestari, S. N., Furau`ki, N. A., Darmawan, F., & Nurrahmawati. (2021). Perilaku Self-Disclosure Mahasiswa Kota Bandung Melalui Instagram. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 66-77.
Luo, M., & Hancock, J. T. (2020). Self-disclosure and social media: motivations, mechanisms and psychological well-being. Current Opinion in Psychology, 31, 110-115.
Mahardika, R. D., & Farida. (2019). Pengungkapan Diri pada Instastory.
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Makalah.
Martha, Z. (2021). Penggunaan Fitur Media Sosial Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara.
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 160-175.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. JESYA : Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(2), 506-519.
Nindito, S. (2005). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang konstruksi makna dan realitas dalam ilmu sosial. Jurnal ilmu komunikasi 2.1.
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Unimed Medan, 1-11.
Putri, R. A., Lukmantoro, T., & Hasfi, N. (2022). Pengelolaan Manajemen Privasi Dalam Penggunaan Akun Finsta (Fake Instagram). Interaksi Online, 10(3), 1-13.
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. (Materi Kuliah Metodologi Penelitian PPs. UIN Maliki Malang).
Rahayu, D. I., Ardhiansyah, A., Al-Hafizh, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 6(3), 289-299.
Ranubaya, F. A., & Endi, Y. (2023). Analisis Privasi Dan Publikasi Postingan Media Sosial Di Kalangan Orang Muda Menurut Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer. Jurnal Ilmu Multidisiplin, Volume 3Nomor 2(2023).
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 1-6.
Rosemary, R., Susilawati, N., & Hanifah, A. (2022). Pengungkapan Diri Selebgram Aceh Melalui Instagram Story. Jurnal Komunikasi Global, 11(1), 88-111.
Rusandi, & rusli, m. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.
Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 4(1), 48-57.
Salsabila, S., Syamsir, D., Putri, A. N., S, F. S., & Rahmayanti, A. (2022). Analisis Dampak Perkuliahan Daring (Online) pada Saat Pandemi Terhadap Hubungan Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 204-216.
Saputra, R. D., Asbari, M., & Purba, N. P. (2023). Media Sosial:Ketika Maya Lebih Indah dari Nyata. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan.
Sarmini, Putri, A., Maria, C., Syahrias, L., & Mustika, I. (2023). Penyuluhan Mental Health Upaya Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, No. 1.
Satata, D. B., & Shusantie, M. A. (2021). Analisis Hubungan Interpersonal dalam Film Tilik pada Perspektif Psikologi. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 108-114.
Setyoningrum, S. (2021). Online Learning from Home with Cisco Webex. AKSIS : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. XXI h.204). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta:.
Tambunan, M. S., & Simbolon, H. (2024). Pengaruh Self Image Terhadap Self Disclosure pada Pengguna Instagram. Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024 Page 2189-2202.
Tanika, D. L., & Muhibbin, A. (2023). InstagramStorydan Membangun Citra Diri: Studipada Remaja di Desa Karangduren. KOMUNITI : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 15(2), 222-241.
Towner, E., Grint, J., Levy, T., Blakemore, S. J., & Tomova, L. (2022). Revealing the self in a digital world: A systematic review of adolescent online and offline self-disclosure. Current Opinion in Psychology, 45.
Vidianti, Y. R., Halizah, N., Naibaho, A. V., Adibah, I. F., & Pratama, A. (2023). ETIKA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL: MEMAHAMI PERILAKU OVERSHARING PADA APLIKASI INSTAGRAM SOCIAL MEDIA USE ETHICS: UNDERSTANDING OVERSHARING BEHAVIOR ON THE INSTAGRAM APP. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), 535-541.
Wainira, M. A., Liliweri, Y. K., & Mandaru, S. S. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image: Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun @kopipapaganteng. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 140-150.
Widjanarko, W., Hadita, H., Saputra, F., & Cahyanto, Y. D. (2023). Determinasi Kemudahan Akses Informasi Bagi Keputusan Investasi Gen Z . Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(4), 248-264.
Wiyono, T., & Muhid, A. (2020). Self-disclosuremelaluimediainstagram:Dakwah bi al-nafsimelalui keterbukaan diri remaja. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(2), 141-154.
Ye, S., Ho, K. K., & Zerbe, A. (2021). The effects of social media usage on loneliness and well-being: analysing friendship connections of Facebook, Twitter and Instagram. Information Discovery and Delivery, 49(2), 136-150.
Ying, X., Komolsevin, R., & Kesaprakorn, P. (2022). Reflection of Motivations via TikTok (Douyin) and Instagram Story: A Content Analysis and Comparative Study of Chinese and Thai Gen Z Users. National and International Conference, 15(1), 245-250.
Yurindah, Narti, S., & Indra. (2019). Motif Penggunaan Media Sosial Dalam Mengunggah Instagram. Jurnal Professional.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Edukasi: Studi Kasus Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-8.
Zeva, S., Rizqiana, I., Novitasari, D., & Radita, F. R. (2023). Moralitas Generasi Z diMedia Sosial: Sebuah Esai. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Krisna Zeyvanya Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 397
,
PDF Downloads: 251
