Strategi Pembelajaran Guru IPS Nonlinier Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di SMP Swasta Surabaya

Authors

  • Indy Enno Yuniar Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Guru IPS, Latar Belakang Pendidikan Nonlinier, Kualitas Pembelajaran, SMP Swasta Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru IPS yang memiliki latar belakang pendidikan nonlinier dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP Swasta Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan beberapa guru IPS yang memiliki latar belakang pendidikan nonlinier, seperti Pendidikan Akuntansi, Geografi, Ekonomi, dan Pendidikan Dunia Usaha. Penelitian ini juga mengobservasi proses pembelajaran di kelas serta menganalisis dokumen pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS dengan latar belakang pendidikan nonlinier mengadopsi berbagai strategi pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis konteks, penelitian, simulasi, dan field trip. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperdalam pemahaman materi. Selain itu, mereka juga mengadaptasi pengalaman dari latar belakang pendidikan mereka untuk menyusun modul ajar yang relevan dengan konteks kehidupan nyata siswa. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan pengetahuan dan sumber daya, hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan kualitas pemahaman siswa terhadap materi IPS. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan IPS di sekolah menengah pertama. Penelitian ini memberikan saran bagi cabang dinas agar cabang dinas mendukung penerapan strategi pembelajaran yang berbasis pada pengalaman siswa, dengan cara memberikan fleksibilitas dalam kurikulum yang memungkinkan guru untuk mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa seta pada penyediaan dana untuk kegiatan pemebelajaran di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 150.

Maharani, S., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Edukasi Nonformal, 116.

Wanimbo, M., Tasik, F. C., & Lasut, J. J. (2022). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Bagi Masyarakat Di Desa Nanim Kecamatan Ayumnati Kabupaten Lannyjaya. Jurnal Ilmiah Society, 3-4.

Lamatenggo, N. (2020). Strategi Pembelajaran. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (p. 24). Gorontalo: Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Sholeh, B. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Pada Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Critical Pedagogy. PEKOBIS : Jurnal Pendidikan,Ekonomi dan Bisnis, 2.

Amalia, N., & Rokhimawan, M. A. (2022). Dampak latar belakang pendidikan dan pengalaman guru terhadap mutu mengajar guru di Sekolah Dasar. Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 268.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio, 927-930.

Fahruddin, Z. (2022). Dampak Guru Berlatarbelakang Pendidikan Berbeda Dalam Keberhasilan. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah , 17.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Indy Enno Yuniar. (2025). Strategi Pembelajaran Guru IPS Nonlinier Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di SMP Swasta Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(4), 14–26. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66464

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 30