Peranan Program Kampus Mengajar Ke-7 Sebagai Katalisator Pada Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Calon Guru IPS

Authors

  • Ananda Nurlaila Istiqomah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Katalisator, Kampus Mengajar, Keterampilan Kolaborasi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan program Kampus Mengajar sebagai katalisator bagi mahasiswa pada keterampilan kolaborasi, serta bagaimana program mengimplementasikan dan memberikan dampak terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru IPS UPI setelah mengikuti program tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan IPS UPI 2021 dan PIC Kampus Mengajar UPI dengan purposive sampling.  Analisis data penelitian menggunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program Kampus Mengajar ke-7 berperan sebagai katalisator sangat memberikan dukungan yang besar pada keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru IPS. 2) Program Kampus Mengajar ke-7 berhasil mengimplementasikan keterampilan bertanggung jawab, bekerja dalam tim yang beragam, dan saling menghargai untuk mengelola konflik dan menemukan solusi bersama, yang penting dalam berkolaborasi 3) Program Kampus Mengajar ke-7 memberikan dampak terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru IPS. Mahasiswa menunjukkan peningkatan kesadaran tanggung jawab dalam bekerja sama, kemampuan untuk bekerja dan fleksibel dalam tim yang beragam, menghargai pendapat berbeda, dan berkompromi untuk mencapai tujuan bersama. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari pengalaman, memperkuat keterampilan kolaborasi mereka. Dengan demikian program ini dapat mempercepat dan mendukung mahasiswa calon guru IPS untuk mampu berkolaborasi dalam kelompok.

Kata Kunci: Katalisator, Kampus Mengajar, Keterampilan Kolaborasi

Abstract

This study aims to describe the role of the Teaching Campus program as a catalyst for students in collaboration skills, as well as how the program implements and impacts the collaboration skills of prospective UPI social studies teachers after participating in the program. The approach used in this research is qualitative with case study method. Data collection techniques were obtained using interviews and documentation. The subjects of this research are UPI 2021 social studies education students and UPI Teaching Campus PIC with purposive sampling.  Research data analysis using data presentation, data reduction and conclusion drawing. The results showed that 1) The 7th Teaching Campus program acts as a catalyst, providing great support for the collaboration skills of prospective social studies teacher students. 2) The 7th Teaching Campus Program successfully implements the skills of responsibility, working in diverse teams, and mutual respect to manage conflict and find joint solutions, which are important in collaboration 3) The 7th Teaching Campus Program has an impact on the collaboration skills of prospective social studies teachers. Students showed increased awareness of responsibility in working together, the ability to work and be flexible in diverse teams, respect different opinions, and compromise to achieve common goals. The program provides opportunities for students to learn directly from experience, strengthening their collaboration skills. Thus this program can accelerate and support prospective social studies teachers to be able to collaborate in groups.

Keywords: Catalyst, Teaching Campus, Collaboration Skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andanawarih, M., Diana, S., & Amprasto, A. (2019). The implementation of authentic assessment through project-based learning to improve student’s problem solving ability and concept mastery of environmental pollution topic. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022116

Dinarti, S., & Qomariyah, O. N. (2019). Kemampuan generalisasi pola siswa berdasarkan taksonomi marzano. Senatik, 177–197.

Hasanah, S. (2024). Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah.

Irma Nur Faizah , Acep Supriadi, dan D. S. L. (2024). Keterampilan Sosial Mahasiswa Pendidikan IPS UPI Pasca mengikuti program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat). 8(1).

Kivunja, C. (2014). Innovative Pedagogies in Higher Education to Become Effective Teachers of 21st Century Skills: Unpacking the Learning and Innovations Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 3(4), 37–48. https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n4p37

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2006). The New taxonomy of Educational Objectives 2. Jim -Zam Studio. Retrieved from https://www.academia.edu/download/64590916/The New Taksonomi of Educational Objectives.pdf

Muhammad Hilmi, Fadila Nurul Mustaqimah, & M Nurul Ikhsan Saleh. (2022). Tantangan Dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(2), 1156–1180. https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss2.art10

National Education Association. (2018). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educators Guide to the “Four Cs.” National Education Association.

Putri, Z. (2021). Konsep Kampus Merdeka Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education And Development.

Sundawa, D., & Dahliyana, A. (2022). Strengthening civic education through project citizen as an incubator for democracy education. Kasetsart J

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Tamama, I. H., Larasati, D. A., Marzuqi, M. I., & Segara, N. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 31 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(4), 51–61. https://doi.org/10.26740/penips.v3i4.57150

Vahed, A., Ross, A., Francis, S., Millar, B., Mtapuri, O., & Searle, R. (2018). Research as transformation and transformation as research. Spaces, Journeys and Horizons for Postgraduate Supervision, Stellenbosch: African Sun Media, 346.

Zainal, Z. (2021). Konsep Kampus Merdeka Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Downloads

Published

2025-10-16

How to Cite

Istiqomah, A. N. (2025). Peranan Program Kampus Mengajar Ke-7 Sebagai Katalisator Pada Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Calon Guru IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(3), 125–143. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66636

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 7