Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPS Terhadap Kinerja Guru IPS Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri
Keywords:
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi Pedagogik, Inovasi PendidikanAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru IPS terhadap kinerja mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Papar, Kabupaten Kediri. Kompetensi pedagogik mencakup pemahaman mendalam terhadap materi pelajaran, perencanaan dan implementasi strategi pembelajaran yang efektif, serta evaluasi dan pemberian umpan balik kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama dalam peningkatan kompetensi guru adalah pelatihan relevan dan kebijakan sekolah yang mendukung. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, seperti akses teknologi dan tantangan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Guru mengatasi hambatan ini melalui strategi inovatif, seperti pembelajaran berbasis konteks, pemanfaatan teknologi secara kreatif, serta refleksi harian. Assessment formatif dan reflektif juga berkontribusi pada pembelajaran yang lebih personal dan adaptif. Kesimpulannya, kompetensi pedagogik guru memiliki peran signifikan dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, serta menekankan pentingnya dukungan institusional dan pendekatan inovatif dalam meningkatkan kualitas pengajaran.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi Pedagogik, Inovasi Pendidikan
Downloads
References
Aulia Akbar. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. (hal. 27-28).
Desimone, L. M. (2009). "Improving Impact Studies of Teachers’ Professional Development: Toward Better Conceptualizations and Measures.” Educational Researcher, 38(3), 181-199.
Dewi Puspariani, Ni Kadek, Drs I Ketut Dunia, dan Dra. Lulup Endah Tripalupi. Pengaruh Kompetensi Emosional dan Pengendalian Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan PD BPR Bank Buleleng 45 Singaraja. 2014, hal. 4.
Indonesia, U. U. (2020). EVALUASI PROFESIONALISME GURU TEACHER ’ S PROFESSIONALISM EVALUATION. 6(April).
Jurnal Pengembangan Pariwisata, 834.
Joen, Siemze, Purnamawati, and Amiruddin, (2022) Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. 12.
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45-51.
Lindawati, Sri, & Hendri, Muhammad. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara.
Muhammad Zoher Hilmi. (2017). Implementasi Pendidikan IPS dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172.
Pendidikan, D. (n.d.). Strategis (renstra). 0354.
Pendidikan, J., & Widya, T. (2022). No Title. 1(4), 318–339.
Pendidikan, P. T., & Setyaningsih, N. (2015). Evaluasi kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di sd negeri kejambon 2 kota tegal skripsi.
Pujiarti, E., Purba, F. D., Ahmadi, K. D., & Mulya, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar. 4(1), 11–18
Rafi, I., & Sabrina, N. (2018). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika, 50.
Rahayasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. 137.
Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43-55.
Raudlatul Jannah. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Halaman 52.
Rohman, H., Menengah, S., Yayasan, A., Madya, K., & Barat, S. J. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. 1(2), 92–102.
Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Jurnal Telogi, 6(1), 56.
Sumendap, j., Mandey, J., & Mambo, R. (2015). Pentingnya Kompetensi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Biro Umum dan Keuangan Universitas Sam Ratulangi Manado. 2.
Surianti. (2021). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan Pegawai terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bantaeng. Hal. 76.
Syarat, D. S., Sarjana, G., Studi, P., Pendidikan, M., Fakultas, I., & Keguruan, I. (2013). Evaluasi kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum 2013 di smp negeri 5 batipuh skripsi.
Tajudin, & Supriadi, T. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Suara Bersama, Jakarta (hlm. 30)
Widarsih, R., Faraz, N. J., Negeri, S. M. K., Kebumen, A., Yogyakarta, U. N., Penelitian, A., Smp, I. P. S., Kebumen, K., Smp, I. P. S., Smp, I. P. S., Kebumen, K., Smp, I. P. S., Kebumen, K., Smp, I. P. S., Kebumen, K., Smp, I. P. S., Kebumen, K., Kunci, K., Widarsih, R., … Yogyakarta, U. N. (2016). Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 2 , September 2016 ( 177-187 ) Online : http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi EVALUASI KINERJA GURU IPS SMP BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI HIGH SCHOOLS BASED ON TEACHER ’ S STANDARD COMPETENCE Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. 3(2)..
Zein, M. (2016) “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN”, Inspiratif Pendidikan, 5(2), pp. 274-285. doi: 10.24252/ip.v5i2.3480
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akbar Yahya Subrata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 12
,
PDF Downloads: 4
