Pengaruh Model Pembelajaran Semua Dapat Menjadi Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 61 Surabaya
Keywords:
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan IPS, : Model Pembelajaran kooperatif NHT, Media Gambar, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran semua dapat menjadi guru terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 61 Surabaya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya minat dan keaktifan peserta didik dalam Pembelajaran IPS, yang sebagian besar masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru. Model ini merupakan sebuah model pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi teman sebayanya. Penelitian ini menggunakan model eskperimen denagn desain one group pretest – posttest. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIH yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan adanya kurang peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran ini, dengan nilai rata rata yang rendah pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Uji Hipotesis menggunakan wilcoxon.
Downloads
References
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
PURWANINGSIH, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427. https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929
Saleh, S. (2020). Pengertian Pendekatan Pembelajaran Fungsi Pendekatan Pembelajaran Jenis-Jenis Pendekatan Pembelajaran. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/709050/mod_resource/content/1/PERTEMUAN 6 PENDEKATAN PEMBELAJARAN.pdf#PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Sudjana. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.
Sudrajat, A. (2004). Jurgen+Habermas_Jurnas. Habermas Ihat Hatiha, 1–7.
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103.
Suprijono:2010. (2020). MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA. 26–32.
Suprijono, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Menggunakan Garismatika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7913–7922. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3661
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maurelia Aidha Sabrina Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 16
