Pengaruh Model Research Based Learning Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Informasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 13 Surabaya
Keywords:
Research-Based Learning Terbimbing, literasi informasi digital, pembelajaran IPSAbstract
Model pembelajaran Research Based Learning (RBL) Terbimbing direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran abad ke-21 karena mampu meningkatkan literasi informasi digital peserta didik, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 13 Surabaya. Literasi ini penting di era digital karena melatih kemampuan mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara bijak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Non-equivalent Control Group Design, membandingkan kelompok eksperimen yang menggunakan RBL Terbimbing dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik dengan model RBL Terbimbing mengalami peningkatan signifikan dalam literasi informasi digital. Model ini efektif mendorong keterampilan berpikir kritis dan analitis serta pemanfaatan sumber informasi digital yang valid. Oleh karena itu, RBL Terbimbing direkomendasikan sebagai model pembelajaran inovatif dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.
Downloads
References
Abidin, S., Muliyadi, I., Umar, T., & T, A. (2022). Sosialisasi Pentingnya Literasi Informasi di Madrasah Aliyah Mursyidut Thullab Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 187. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1002
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Arif, K., Yanto, F., & Enjoni, E. (2021). Learning Physics Using Research-Based Models With Scientific Approaches To Improve Study Problem Solving Skill. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(2), 181. https://doi.org/10.24036/apb.v6i2.11371
Arsyadi, E., & Prasetyawan, Y. (2017). Studi Komparatif Kemampuan Literasi Informasi Siswa IPA Dan IPS Di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 151–160. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23035
Aziz, R. A. (2017). Rahman Abdul Aziz, 2017 Mengembangkan Keterampilan Literasi Informasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Chamdani, M., Suryandari, K. C., & Suyanto, I. (2019). … Model Research Based Learning dengan Pendekatan Scientific melalui Lesson Study dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Tahun 2015. Seminar Nasional Pendidikan 2015, November, 673–682.
Estiningsih, M. (2023). Indonesia Cakap Digital Melalui Kegiatan Literasi Digital Bagi Seluruh Aparatur Sipil Negara (Asn). JMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat EISSN, 1(5), 695–704. http://melatijournal.com/index.php/JMAS
Fahrozi, F., Rahmah, A. H., & Anbiya, B. F. (2024). Mengintegrasikan Teori Pembelajaran Konstruktivis melalui Teknologi Digital Dalam Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 82–89. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2813
Firmadani, F. (2017). Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Inovasi Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 4(14), 262–268. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/874
Haryati, S., & Firmadani, F. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset ( PBR ) Dalam Mata Kuliah Pendahuluan Latar Belakang Masalah KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan , mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan ker. 1(2), 70–82. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.628
Hasan, M. (2022). Pembelajaran Berbasis Riset: Dasar Teori, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.
Saragih, L., Tanjung, D., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1250
Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77.
Winoto, Y., Aufa, N., & Anwar, R. K. (2020). Model Literasi Informasi Pengajar Dalam Mengembangkan Model Kecerdasan Ruang Visual (Spatial Intelligence): Studi pada para peserta bimbingan belajar Villa Merah Bandung. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 4(1), 59–78. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i1.59-78
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niken Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 18
,
PDF Downloads: 5
