Pengaruh Media Ludo Edukatif terhadap Group Decision Making Skills Siswa pada Materi Perubahan Sosial di SMP Negeri 5 Sidoarjo
Keywords:
Media Ludo Edukatif, Group Decision Making Skills, Team Games TournamentAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya group decision making skills siswa yang disebabkan oleh penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Ludo Edukatif terhadap group decision making skills siswa pada materi perubahan sosial di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain pre-experimental design jenis one shot case study. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dan berdasarkan hasil undian terpilih kelas IX-4 yang berjumlah 33 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai R Square sebesar 0.497, yang mengindikasikan bahwa media Ludo Edukatif berpengaruh sebesar 49.7% terhadap group decision making skills, sedangkan 50.3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji signifikansi regresi menunjukkan nilai p = 0.000 (p < 0.05) yang menandakan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara penggunaan media Ludo Edukatif terhadap group decision making skills dengan nilai koefisien korelasi r = 0.705 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang membuktikan bahwa media Ludo Edukatif terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan group decision making skills siswa pada materi perubahan sosial di SMP Negeri 5 Sidoarjo.
Downloads
References
Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.
Andriani, P., Aulia, L., & Damayanti, E. (2024). Penerapan Analisis Hipotsis Untuk Mengetahui Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial. Jurnal Bakti Sosial, 3(1), 12–21.
Andriansyah, D. (2024). Pembelajaran Kontruktikvis Pada Pembelajaran Fiqih Di Smp Ubq Nurul Islam Mojokerto Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Nuris Journal Of Education And Islamic Studies, 4(2), 89–98.
Azhari, D. W., Asbari, M., & Santoso, G. (2022). Sikap Individualisme Dalam Konteks Pendidikan Karakter: Perspektif Obed Kresna Widyapratistha. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 7–12.
Ernanda, K., Hartanto, S., & Gusmania, Y. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kolese Tiara Bangsa Batam. Phythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 113–121.
Firdaus, A., Sugilar, H., & Aditya, A. H. Z. (2023). Teori Konstruktivisme Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis. Gunung Djati Conference Series, 28, 30–38.
Firmansyah, M. I., Tantowi, Y. A., & Fawziah, G. R. (2019). Model Teams Games Tournament: Suatu Analisis Hasil Implementasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(2), 104–113.
Handayani, S. W. R. I., & Andromeda, N. (2017). Pengaruh Gaya Pengambilan Keputusan Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Psikovidya, 50–65.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., & Khobir, A. (2024). Pemikiran Konstruktivisme Jean Piaget Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas Guru Di Abad 21 Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 5(3), 66–72.
Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2).
Khodizah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Fisika Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar. Uin Raden Intan Lampung.
Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi Dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 47–57.
Lubis, J., Nanda, F. A., Karo, R. K., Setiawan, B., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh Kerjasama Kelompok Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Seluruh Pegawai Di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Pematang Siantar. Seminar Nasional Bidang Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan Dan Kemasyarakatan (Sinas Tampan), 3(1), 361–376.
Mahadewi, A. A. I. F., & Suniasih, N. W. (2023). Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Berbantuan Permainan Edukatif Lempar Dadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 1–11.
Maria, S., Saputri, D. F., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik Di Kelas Viii Smp Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 4(1), 30–35.
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27–38.
Monica, W. A., & Qurrotaini, L. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Berupa Permainan Dona (Ludo Fauna) Pada Materi Daur Hidup Hewan. Semnasfip.
Naisau, P. B., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2021). Media Permainan Ludo Word Game Dalam Pembelajaran Kooperatif Stad Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 158–166.
Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Prastika, Y., Baidowi, B., Junaidi, J., & Sripatmi, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Menggunakan Media Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas Xi Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Di Smkn 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2286–2294.
Putri, Z. I., Hidayat, O. S., & Soleh, D. A. (2022). Pengembangan Media Permainan Luker Pada Muatan Pembelajaran Ppkn Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 196–209.
Rifqi, M. R. M. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1).
Rosidin, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Ludo Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Mts N 1 Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.
Sanjiwani, I. A. U. N., Yudiana, K., & Japa, I. G. N. (2022). Media Permainan Ludo Pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia. Indonesian Journal Of Instruction, 3(1), 15–24.
Septrisia, R., Monia, F. A., & Hanafi, I. (2020). Gaya Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah: Tinjauan Perbedaan Gender Dan Usia. Jurnal Public Administration, Business And Rural Develoment Planning, 2(1), 11–27.
Solori, A. A. R., & Hastuti, H. (2021). Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Secara Daring Di Mis Borong Kapala. Indonesian Language Education And Literature, 7(1), 58–70.
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model).
Ulfa, M., Tembang, Y., & Palittin, I. D. (2022). Layakkah Media Papan Ludo Digunakan Pada Muatan Ipa Untuk Siswa Sekolah Dasar? Mimbar Ilmu, 27(3), 383–390.
Umar, A. (2019). Analisis Kendala Kerja Sama Siswa Dalam Model Pembelajaran Jucama (Pengajuan Dan Pemecahan Masalah). Jurnal As-Salam, 3(3), 67–75.
Wondal, R., Samad, R., & Kore, D. (2020). Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 106–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zuhrotul Islami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 20
,
PDF Downloads: 8
