INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP SEPULUH NOPEMBER BUDURAN SIDOARJO
Keywords:
karakter disiplin, pembelajaran IPS, pendidikan karakter, profil pelajar pancasilaAbstract
Penguatan karakter disiplin dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu strategi penting dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penguatan karakter disiplin di SMP Sepuluh Nopember serta mengidentifikasi tantangan dan solusi yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter disiplin dilakukan melalui strategi pembiasaan, keteladanan, dan pemberian penghargaan. Pembiasaan dilakukan dengan menerapkan aturan waktu yang ketat, sedangkan keteladanan diberikan oleh guru yang selalu hadir tepat waktu dan mengikuti jadwal pembelajaran. Pemberian penghargaan, baik secara verbal maupun simbolis, digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menerapkan disiplin. Namun, tantangan masih ditemukan, seperti kurangnya motivasi dari beberapa siswa dan faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan mereka. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pendekatan personal seperti bimbingan individu serta keterlibatan orang tua menjadi solusi yang efektif. Penelitian ini juga menemukan bahwa strategi penguatan karakter disiplin di SMP Sepuluh Nopember sejalan dengan teori pendidikan karakter serta hasil penelitian nasional terkait. Dengan penerapan strategi yang tepat, pembelajaran IPS tidak hanya berfungsi sebagai media transfer pengetahuan tetapi juga menjadi sarana dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Downloads
References
Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Pada Pemebelajaran Ips Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 72–78. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762
Af’idah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 01(November), 1.
Augina, A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif.
Biesta, G. J. J. (2010). Why “What Works” Still Won’t Work: From Evidence-Based Education to Value-Based Education. Studies in Philosophy and Education, 29(5), 491–503. https://doi.org/10.1007/s11217-010-9191-x
Chamisijatin, L., Permana, F. H., Zaenab, S., Hidayat, S., & Aini, N. (2022). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penerapan Literasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Inovasi Pembelajaran dalam Merdeka Belajar pada Pandemi Covid-19. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 216–231.
Dewi, D. K. (2023). ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 01 SUMAMUKTI WAY KANAN.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022).
Hati, I. P. (2019). (2009). Pembelajaran IPS. Journal Information, 10(2), 1–16.
Ida lutfi ayuningtyas, & Pramono, D. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SMAN 11 Semarang. Journal of Education
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, S. 2020. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter.
JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. 021.
Mushfi, M. El, Iqbali, & Fadilah, N. (2019). PENDAHULUAN Viralnya tindak kekerasan serta merosotnya moral bangsa menimbulkan kerusuhan yang merupakan fenomena sosial . Fenomena sosial tersebut telah menjadi problematika yang lazim dan memerlukan atensi berbagai pihak terutama kalangan relevansi pend. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.
Nanang martono. (n.d.). METODE PENELITIAN KUANTITATIF Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. 1–213.
Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2023).
Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
Pudjiastuti, S. R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Paham Radikal. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 32–39.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Research, 4(3), 1299–1316. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.344
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 957.
Sugiyono. (n.d.). Metode_Penelitian_Pendidik.
Suhardi. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila. 1(1), 468–476.
Suma, K. (2022). Revitalisasi Penguatan Pendidikan Karakter. 5(2015), 1–11.
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28. Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam
Syaharuddin. (2015). Transformasi Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) di Kalimantan Selatan (Studi Etnopedagogi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPS). Disertasi Doktor Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak Diterbitkan.
tarisa, celin 2022. (2022). Peningkatan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kebijakan merdeka belajar dalam pembelajaran IPS Kelas 7.10 di SMPN 3 Tulungagung. 8.5.2017, 2003–2005.
Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Zuchri Abdussamad. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dery Hilmi Septyan Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 6
,
PDF Downloads: 0
