Pengembangan Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Perlawanan Nasionalis terhadap Kolonialisme di Indonesia

Authors

  • Neka Tankira Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Video Animasi, Perlawanan Diponegoro, Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, efektivitas, dan respon siswa terhadap penggunaan video animasi Perlawanan Diponegoro. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Wijaya Putra Surabaya, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan video animasi berjalan sesuai tahapan ADDIE dan menghasilkan produk media yang layak digunakan. Berdasarkan validasi oleh ahli media, ahli materi, dah ahli praktisi menunjukkan bahwa media video animasi ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor 88,79%. Dari hasil uji efektivitas menggunakan uji Paired Sample t-Test, diperoleh perbedaan skor yang signifikan antara pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi < 0,001. Selain itu, hasil analisis Normalized Gain (N-Gain) menunjukkan rata-rata skor sebesar 0,7717 yang termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Respon siswa terhadap penggunaan media video animasi juga sangat positif, ditandai dengan antusiasme yang meningkat dalam proses pembelajaran, selain itu pada angket respon peserta didik terhadap video animasi Perlawanan Diponegoro juga memperoleh skor rata-rata sebesar 90,03% yang artinya sangat baik. Dengan demikian, video animasi Perlawanan Diponegoro dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perjuangan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., Ayu Saputri, D., Hopipah, R., & Puspa Dewi, T. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657

Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679

Fitriani, N. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Kartun Biologi terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X IPA MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. 4(1), 16.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.

Muhammad Yaumi. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN, 274–282.

Nurul Amalia. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Asam Basa Di Man 2 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Ekonomi …, 1–23. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/1694%0Ahttp://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/download/1694/1461

Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Rachman, T. (2018). Pemahaman Anak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., hlm.2.

Siti Mahmudah. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Berbasis Scientific Tema Kayanya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Sd Negeri Mandirancan Skripsi. 9–37. https://repository.ump.ac.id/4396/1/SitiMahmudahCover.pdf

Stocks, N. (2016). Problematika Ilmu Pengetahuan. 17(1), 1–23.

Suparyanto dan Rosad. (2020a). metode penelitian menggunakan metode ADDIE pada aplikasi kuis intraktif. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Suparyanto dan Rosad. (2020b). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quiziz. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/download/22929/11907.

Yoon, C. (2014). Video Animasi 2D. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 15–54.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Tankira, N. (2025). Pengembangan Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Perlawanan Nasionalis terhadap Kolonialisme di Indonesia. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(2), 209–222. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/69436

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 2