PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI GEOGRAFI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA
Keywords:
Literasi Geografi, Augmented Reality, Assemblr EduAbstract
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan peran penting dalam mengembangkan pemahaman siswa mengenai berbagai aspek kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pemahaman geografi. Salah satu tantangan yang ditemui adalah rendahnya literasi geografi dikarenakan kurangnya pemanfaatan sumber belajar berbasis teknologi yang memadai. Solusi alternatif untuk meningkatkan literasi geografi, yaitu dengan melakukan pengembangan media pembelajaran AR (Augmented Reality) berbasis aplikasi Assemblr Edu. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan literasi geografi pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan di SMP Wijaya Putra Surabaya. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru IPS dan peserta didik SMP Wijaya Putra. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes objektif, dan angket respon. Hasil pengembangan media AR memperoleh hasil dengan kategori layak, sehingga media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Efektivitas penggunaan media AR dalam dalam pembelajaran IPS juga menunjukkan hasil yang cukup efektif diperoleh dari hasil perhitungan peningkatan literasi geografi peserta didik berdasarkan perbandingan hasil kemampuan awal dan kemampuan akhir literasi geografi yang menunjukkan adanya peningkatan cukup signifikan dan respon peserta didik yang menunjukkan hasil sangat baik. Penggunaan teknologi AR berbasis aplikasi Assemblr Edu terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi geografi. dan menjadi media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran IPS.
Downloads
References
Fuziah, K. I. (2021). Tantangan, Kesiapan dan Strategi Pembelajaran Guru Geografi Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan Sragen.
Hapsari, R., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 57–65
Hewi La, & Shaleh Muh. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). 04(1), 30–41.
Khotimah, S. K., Prasetyo, K., Prasetya, S. P., & Nasution, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 510. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.547
Mamzin, A. (2020). Literasi geografi aras rendah dalam kalangan mahasiswa geografi Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI). 8. https://doi.org/10.37134/geografi.vol8.1.4.2020
Markus, S. (2019). The Programme for International Student.
Prayoga, E. B., Kurnianto, F. A., Susiati, A., Astutik, S., & Mujib, M. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 262. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.46149
Prastowo, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Diva Press.
Rebecca, V., Malau, R., Farida Sinaga, R., Pangaribuan, L. R., Naibaho, T., & Matematika, P. (2024). The Influence Of Augmented Reality-Based Learning Media On Increasing Students’ Mathematical Literacy On Cubes And Beam Building Materials In Class VIII SMPN 19 Medan Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMPN 19 Medan. In JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 5). http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Radu, I. (2014). Augmented Reality in Education: A Meta-review and Cross-media Analysis. Personal and Ubiquitous Computing, 18(6), 1533–1543.[DOI: 10.1007/s00779-013-0747-y]
Sari, R. T. (2023). Paradigma Pendidikan Geografi Dan Tantangan Global Pada Masa Kini. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 148–152. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.115
Suroiya, M., & Perdana Prasetya, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Social Sciene Educational Research, 1(2), 93–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tyas Wulandari Saummita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 44
,
PDF Downloads: 26
