PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BRONDONG
Keywords:
Pembelajaran IPS, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar, Flipped Classroom.Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah menengah Pertama (SMP) memiliki peran penting dalam mengembangkan wawasan sosial siswa, termasuk kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Pembelajaran IPS tidak hanya berfokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis yang memungkinkan siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi secara logis. Selain itu, kemandirian belajar juga menjadi kompetensi penting yang harus dikuasai siswa agar mamou mengelola proses belajarnya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Brondong. Penelitian ini menggunakan metode quasi-exsperimental dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen diterapkan model Flipped Classroom, sedangkan kelompok control menerapkan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kuesioner kemandirian belajar untuk mengukur pengaruh model pembelajaran terhadap kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas control. Siswa di kelas VII-A yang diterapkan model Flipped Classroom menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritiis yang lebih baik melalui aktivitas diskusi dan analisis kasus dibandingkan siswa kelas VII-D yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, kemandirian belajar siswa di kelas eksperimen juga meningkat, terutama dalam aspek pengelolaan waktu dan evaluasi diri. Dengan demikian, model Flipped Classroom terbukti efektif dalam mendukung peningkatan kedua variabel tersebut pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Brondong.
Downloads
References
Apriska, E., & Sugiman. (2020). Flipped Classroom Research Trends in Mathemattics Learning in Indonesia.
Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, January 2013. https://doi.org/10.18260/1-2--22585
Hew, K. F., Bai, S., Dawson, P., & Lo, C. K. (2021). Meta-Analysis of Flipped Classroom Studies: What Are the Key Factors Affecting Learning Outcomes? Educational Research Review, 34(100402).
Howlett, C., Statham, P., Killick, M., & Carvalho, L. (Eds.). (2017). The Flipped Classroom: Practice And Practices In Higher Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8
Huda, S., Anggraini, L., Saputri, R., Syazali, M., Umam, R., Islam, U., & Radenintan, N. (2019). Learning Model To Improve the Ability To. Prisma, 8(2), 173–181.
Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-016-0044-2
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.
Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326
Mitsiou, D. (2019). The Flipped Classroom Learning Model As A Means For Acquiring The 21st Century Skills. Journal of Contemporary Education Theory & Research, 3(2), 16–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.3635032
Pardimin, Rochmiyati, S., Wijayanto, Z., & Supriadi, D. (2020). A needs analysis of flipped classroom-based Mathematics learning model. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(5), 69–93.
Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1–12.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 80. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.373
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Strayer, J. F. (2012). How Learning in an Inverted Classroom Influences Cooperation, Innovation and Task Orientation. Learning Environments Research, 15, 23.
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Yang, R. C. C., & Chen, Y. Y. (2020). Implementing The Flipped Classroom Approach In Primary English Classrooms In China. Education And Information Technologies, 25(2), 1217–1235. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10012-6
Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2019). Exploring students’ competence, autonomy and relatedness in the flipped classroom pedagogical model. Journal of Further and Higher Education, 43(1), 115–126. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1356916
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Devinta Salsa Apriliant Putri Nabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 50
,
PDF Downloads: 28
