Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Uno Stacko Terhadap Pencapaian Student Well-Being Pada Pembelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 5 Sidoarjo

Authors

  • Sayyidah Navis Sairah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Uno Stacko, Student Well-Being, Pembelajaran IPS

Abstract

Media pembelajaran sebagai sarana penyampaian informasi dalam pembelajaran perlu untuk diperhatikan pendidik agar dapat menciptakan student well-being dalam proses pembelajaran. Hal ini karena well-being merupakan suatu persoalan penting terkait dengan kondisi psikologis peserta didik. Peserta didik dengan well-being baik akan membawa pengaruh positif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis terkait penggunaan media pembelajaran “Uno Stacko” terhadap pencapaian student well-being pada pembelajaran IPS kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data ialah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa data yang terkumpul berdistribusi normal dan homogen. Hasil Uji Independent Sample T-Test menunjukkan perolehan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, interpretasi dari hasil tersebut yakni terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran “Uno Stacko” terhadap pencapaian student well-being pada pembelajaran IPS kelas IX. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan uji N-Gain Score yang diperoleh nilai mean sebesar 83,8 pada kelas eksperimen, dan nilai mean sebesar 34,3 pada kelas kontrol. Berdasarkan acuan tabel kriteria efektivitas N-Gain, media pembelajaran Uno Stacko “efektif” untuk digunakan dalam pencapaian student well-being. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan media inovatif dan interaktif seperti "Uno Stacko" dapat berfungsi sebagai strategi pedagogis yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis peserta didik, khususnya dalam konteks pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardania, N., Mafaza, F. M., Jannah, I. N., Putri, A. E., & Arochman, T. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Teori Vygotsky. 08(01), 77–85.

Ariski, D. (2018). Pengembangan Permainan Uno Stacko Geography (Usg) Sebagai Media Pembelajaran Geografi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas Xi Ips Sma Negeri 16 Surabaya. Swara Bhumi, 5(8), 2.

Aulia, F. (2019). Improving Student Well-being in School. 172–179.

Aziz, S. A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi untuk Student Well-Being pada Siswa Kelas XII MIA.1 MAN Bantaeng Sulsel. 2(1), 570–593.

Cahyono, M. Y. M., Chrisantiana, T. G., & Theresia, E. (2021). Peran Student Well-Being dan School Climate terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMP Yayasan “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 1–16.

De Fraine, B., Van Landeghem, G., Van Damme, J., & Onghena, P. (2005). An analysis of wellBeing in secondary school with multilevel growth curve models and multilevel multivariate models.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138.

Fadillah, A. P. N., & Harmanto, H. (2022). Upaya Guru PPKn dalam Menciptakan Student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3859–3878.

Faot, S. Y., Agama, I., & Kupang, K. N. (2023). Penggunaan Media Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Partisipasi Belajar Peserta Didik. Journal of Theology and Christian Education P, 3(2), 92–100.

Fraillon, J. (2004). Measuring Student Well-Being in the Context of Australian Schooling: Discussion Paper. The Australian Council for Educational Research, December, 1–54.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Luluanna, D., Noviana, E., & Antosa, Z. (2021). The Development of Uno Stacko Baca Learning Media for Social Studies in The Fourth Grade of Elementary School. Jurnal FKIP Univesitas Riau, 8, 1–11.

Novita Jumiarti, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Abad XXI pada Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Education Action Research, 7(2), 160–168. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.55428

Palupi, R. (2020). Pengaruh School Well-Being Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 4(1), 99–111.

Pant, D., & Rastogi, A. (2024). Development of wellbeing among school learners through positive pedagogy. International Journal of Wellbeing, 14(2), 1–27.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Implementasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121.

Sharma, K. (2016). Flourish: A Visionary New Understanding of Happiness and well-being by Martin E.P. Seligman - A Book Review. NHRD Network Journal, 9(4), 106–109.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).

Suhendra, S., Mahajani, T., Ganeswara, M. G., Suhardi, E., Rahmawati, N., & Kartika, W. (2023). Inovasi Pembelajaran: Peningkatan Student Well-Being Melalui Bahan Ajar Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1071–1078.

Suprijono, A., Sumarno, Alrianingrum, S., Mastuti, S., Liana, C., & Listyaputri, D. R. (2023). Explaining Teachers’ Resilience and Well-being. Technium Social Sciences Journal, 47, 379–397.

Suriyani, D. N. N. R. D., & Nurmayasari, E. (2022). STUDENT WELLBEING INDEX AND ITS INFLUENCING FACTORS. 16(2), 88–98.

Timur Saputri, O. V., Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Rachmayani, I. (2021). Pengembangan Permainan Uno Stacko Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 53–59.

Wati, K. D., & Leonardi, T. (2016). Perbedaan Student Well-Being Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Perilaku Internasional Guru. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 5(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Sayyidah Navis Sairah. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Uno Stacko Terhadap Pencapaian Student Well-Being Pada Pembelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(2), 302–315. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/70873

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 3