Studi Dinamika Lingkungan Sekolah sebagai Faktor Pendukung Kemandirian Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya

Authors

  • Aleyda Putri Sabina Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Dinamika Lingkungan, Kemandirian Belajar IPS, Inklusivitas Pendidikan

Abstract

Pendidikan memiliki peran strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat dan kemampuan menghadapi tantangan zaman. Salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah melalui penguatan kemandirian belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam konteks pendidikan inklusif, dinamika lingkungan sekolah baik dari sisi fisik, sosial, maupun akademik menjadi faktor penting yang turut membentuk kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana elemen-elemen lingkungan sekolah dapat menjadi faktor pendukung dalam membentuk kemandirian belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya, serta mengidentifikasi hambatan dan strategi yang digunakan dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan siswa kelas VIII, guru, serta pihak sekolah. Analisis data mengacu pada teori ekologi Bronfenbrenner yang menekankan pada interaksi antar sistem lingkungan dalam memengaruhi perkembangan individu. Penelitian ini mengkaji bagaimana elemen-elemen lingkungan sekolah saling berinteraksi dalam mendorong perilaku belajar mandiri siswa, khususnya dalam pembelajaran IPS yang berlangsung dalam suasana kelas inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik yang nyaman, interaksi sosial yang harmonis, dan pendekatan akademik yang fleksibel memberikan kontribusi besar dalam mendorong kemandirian belajar siswa. Hambatan yang muncul antara lain kurangnya adaptasi antar siswa, keterbatasan media pembelajaran interaktif, serta belum optimalnya metode pembelajaran aktif oleh guru. Strategi yang efektif meliputi penggunaan pembelajaran berbasis proyek, penerapan sistem moving class, pemanfaatan media digital interaktif, serta pelaksanaan pembelajaran luar kelas. Keseluruhan dinamika ini membuktikan bahwa lingkungan sekolah yang adaptif dan inklusif berperan penting dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa secara berkelanjutan khususnya dalam pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2022) ‘Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(6), pp. 140–145. Available at: https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i6.655.

Bakhrudin All Habsy et al. (2024) ‘Profesi Guru’, Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(4), pp. 184–195. Available at: https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2731.

Hakim, A.R. (2023) ‘Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia’, Journal on Education, 6(1), pp. 2361–2373. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258.

Kusman, M. (2019) ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas’, AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 29(1), p. 96. Available at: https://doi.org/10.24235/ath.v29i1.5170.

Lorenza, M., Setyawan, D. and Miftahussa’adiah (2023) ‘Impelementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK’, Paedagoria: Jurna; Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), pp. 352–355.

luthfi syifa fauziah, fifi nur linda febriyanti (2025) ‘Analisis Fenomena Bullying Di Dunia Pendidikan Perspektif Teori Ekologi Bronfenbrenner’, Jurnal Managemen Pendidikan Islam, 4(2), pp. 224–241.

Munawwaroh, L. (2019) ‘Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Yang Ramah Anak’, Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), pp. 173–186. Available at: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.167.

Nilifda, H., Nadjmir, N. and Hardisman, H. (2016) ‘Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas’, Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), pp. 243–249. Available at: https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477.

Nurdin, N. (2024) ‘Pengaruh Model PjBL Berbasis Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bioteknologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Keas X SMAN 1 Pamboang’, (Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat: Panboang) [Preprint].

Pertiwi, R.I., Hamid, A. and Rusmansyah, R. (2025) ‘Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pengetahuan Pada Pembelajaran Kimia: Sebuah Kajian Pustaka’, JCAE (Journal of Chemistry And Education), 8(2), pp. 74–83. Available at: https://doi.org/10.20527/jcae.v8i2.3097.

Ramdani, C., Miftahudin, U. and Latif, A. (2023) ‘Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter’, Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), pp. 12–20. Available at: https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/download/103/82/261.

Sakdiah, H. and Syahrani (2022) ‘Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah’, Cross-border, 5(1), pp. 622–632.

Sari, A.K., Muhsin and Rozi, F. (2020) ‘Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar’, Economic Education Analysis Journal, 6(3), pp. 923–935. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Suratman, A., Afyaman, D. and Rakhmasari, R. (2019) ‘Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa’, Jurnal Analisa, 5(1), pp. 41–50. Available at: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828.

Tunnisa, K., Wulandari, N. and Nasution, A. (2025) ‘Pengaruh lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik siswa kelas Tinggi di MIS Al-islam K0ta Bengkulu’, JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), pp. 978–984. Available at: http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index.

Wahyudi, N. and Widodo, H. (2020) ‘Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Brain Based Learning di SMK Muhammadiyah 1 Temon’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), pp. 247–256. Available at: https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3639.

Wijaya, A.M., Arifin, I.F. and Badri, M. Il (2021) ‘Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah’, SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 2(2), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562.

Zulfriman, R., Kustanti, M. and Amelia, R. (2024) ‘Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Membentuk Lingkungan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan’, Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), pp. 70–76. Available at: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Aleyda Putri Sabina. (2025). Studi Dinamika Lingkungan Sekolah sebagai Faktor Pendukung Kemandirian Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(2), 16–26. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/71073

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 5